Love & Sex

Trauma Menjalani Hubungan, Ini Cara Mengatasinya

  by: Redaksi       11/8/2018
  • Selama menjalani hubungan dengan beberapa pria, semua selalu berujung pahit – entah dengan berbagai alasan. Putus cinta adalah hal terburuk yang pernah kita alami, rasanya hati ini seperti tersayat oleh pisau jika mengenang si dia yang belum bisa kamu lupakan. Mencintai itu kadang menyakitkan dan hal ini membuat kamu merasa takut untuk memulai perasaan baru. Eits! Ini tandanya kamu sudah terkena gejala trauma dalam menjalin hubungan. Walaupun cinta itu menyakitkan, tetapi kamu tak bisa hidup tanpa pasangan. Sebelum trauma kamu semakin mendalam, Cosmo akan memberitahu kamu cara mengatasi jenis trauma yang satu ini!


    Melihat dari segi perspektif yang berbeda

    “Semua pria itu sama saja!” Memang kedengarannya selalu seperti itu, tetapi kamu harus melihat kalau di luar sana banyak sekali pasangan yang hidup damai dan selalu harmonis. Itu artinya, si Mr. Right masih ada untuk kamu – walaupun belum tahu di mana keberadaannya. Kalau kamu putus cinta karena si dia selingkuh, berarti ini adalah teguran untuk kamu untuk lebih peka dengan keadaan. Coba sekarang kamu mulai berpikir, kalau kamu selalu memberikan ‘cap’ bahwa semua pria itu sama saja dengan mantan kamu (dan mantan sahabat kamu), bagaimana bisa kamu berpikir secara meluas? Di dunia ini pria tak hanya ada 1 atau 2, walaupun di ruang lingkup sosial kamu mimim akan kehadiran pria, cobalah aktivitas baru. Bergabung dengan komunitas lari, hadir di reuni SMA /SMP/SD dan menghadiri acara pesta ulang tahun teman kamu kelihatannya cukup efektif. Ada banyak kesempatan untuk kamu coba. Dengan melihat keadaan di luar sana, kamu bisa membuka mata dan lebih optimis.




    Jauhi kesalahan yang sama

    Tunggu dulu, kalau kamu masih saja bertingkah ‘polos’ seperti dulu, bisa saja kamu mengulangi kesalahan yang sama. Memang sih banyak pria yang baik di luar sana, tetapi si player juga masih berkeliaran dan siap ‘memangsa’ kamu. Kalau masih belum bisa memahami tingkah laku pria, kamu bisa saja tertipu oleh pesona si player. Ingat! Kamu itu pernah disakiti, ada baiknya kamu melakukan observasi dulu sebelum berani menaruh perasaan untuk si dia.


    Tonton film romance-drama

    Ugh, so cheesy! Tetapi kamu butuh tontonan seperti ini untuk membangkitkan kembali perasaan cinta kamu. Film dengan romance-drama genre ini memberikan harapan kepada para penonton untuk bisa bertemu dengan pria idaman. Justu ini bagus lho untuk kamu. Karena sudah terlalu lama patah semangat dalam masalah cinta, kamu butuh penyemangat secara visual – dengan menonton film romance, tingkat sensitivitas kamu akan lebih bergejolak karena alur ceritanya. Menghabiskan waktu weekend untuk menonton serial TV atau film romance-drama, plus ditemani dengan secangkir kopi, purrfect!




    Lebih dekat dengan teman pria

    Yes, saatnya mencari refrensi, ladies. Kalau kamu dulunya tak terlalu dekat dengan teman pria, saatnya untuk mengenal berbagi jenis tipe pria. Dengan ini kamu jadi lebih tahu apa yang sebenarnya pria pikirkan terhadap wanita – at least kamu jadi tahu kalau ternyata teman pria kamu itu tak sama dengan sifat mantan kamu. It helps a lot, karena kamu bisa bertukar pikiran dengan mereka. Memiliki teman pria itu menyenangkan – less drama and always using their logic (beberapa dari mereka sih seperti itu). Kamu bisa menceritakan kisah masa lalu kamu dan pasti mereka akan memberikan respon yang positif. Intinya, jangan pernah membatasi pertemanan, kamu harus mengeksplorasi dan bertemu dengan berbagai jenis orang. Oh! Siapa tahu si Mr. Right adalah teman kamu sendiri? So let’s find out, tak ada salahnya untuk mencoba kan?


    via GIPHY


    So, selamat mencoba! masih ada harapan di luar sana. Go, fighting!


    (Nadhifa Arundati / Outnow.ch, GIPHY.com)