Career

7 Tips Menghemat Uang di Tanggal Tua

  by: Alexander Kusumapradja       13/8/2018
  • Memasuki tanggal belasan, mungkin banyak di antara Cosmo babes yang merasa jumlah uang di rekening telah menyusut secara signifikan dan mulai merasa ketar-ketir menunggu datangnya tanggal gajian. Padahal, masih banyak barang yang ingin kamu beli, undangan bersosialisasi yang terus datang, dan pengeluaran lain yang terkadang terjadi begitu saja tanpa kamu rencanakan. Well, mungkin ini saatnya me-review kembali pengeluaran pribadi yang kamu keluarkan setiap bulan dan melakukan beberapa hal agar tak hanya bisa survive menekan pengeluaran sampai gajian berikutnya, tapi juga masih bisa menabung. Caranya? Yuk kita lihat satu per satu:





    #1 Buat rencana finansial bulanan

    Punya target finansial yang jelas bisa menjadi patokan kamu dalam menyiapkan berapa besar bujet yang dikeluarkan untuk setiap bulan, minggu, dan hari. Pola pikir saat uang gajian masuk pun harus diubah. Kalau biasanya kamu cenderung menghabiskan gaji dulu baru sisanya ditabung, coba deh sekarang kamu dahulukan jumlah uang yang ingin ditabung, baru sisanya untuk kamu habiskan. Besaran angka yang akan ditabung dan dihabiskan harus termasuk ke dalam rencana finansial bulanan kamu. 


    #2 Rencanakan biaya makan setiap harinya

    Menyiapkan bujet makan per hari saja tidak cukup. Misal kamu sudah merencanakan akan menyiapkan 100 ribu Rupiah saja untuk makan satu hari, tapi kalau kamu tidak punya rencana yang jelas akan makan di mana atau makan apa, bisa jadi uang makan kamu akan melebihi bujet. Semakin detail akan semakin baik, coba rencanakan setiap hari kamu akan makan di mana dan berapa bujet maksimal yang akan kamu keluarkan. Kalau memungkinkan, membawa bekal ke kantor atau membawa air minum sendiri tiap bepergian juga bisa lebih menekan pengeluaran.



    #3 Bawa uang cash secukupnya

    Semakin banyak uang cash yang ada di dompet, rasanya makin “ringan” tangan kita untuk mengeluarkannya. Coba mulai bawa uang cash secukupnya saja untuk keperluan makan dan transportasi. Uang cash yang cuma sedikit akan berfungsi sebagai sugesti kalau kamu hanya punya uang sedikit dan akan berpikir dua kali sebelum mengeluarkannya untuk hal yang tidak perlu. 


    #4 Tinggalkan kartu debit/kredit di rumah

    Ini adalah lanjutan dari tip sebelumnya, karena percuma saja bawa uang cash sedikit kalau kita masih bisa menarik uang dari ATM. Kalau memang dirasa tidak ada keperluan mendesak, tinggalkan saja kartu kredit/debit di rumah. Tips tambahan adalah kalau pun ingin menarik uang dari ATM, tarik saja secukupnya. Biasanya alasan mager ke ATM justru bisa jadi cara untuk lebih hemat. 





    #5 Tentukan batas

    Jangan segan-segan menolak ajakan teman yang hobinya mengajak hang out di tempat fancy kalau kamu memang mau menghemat uang. Di tanggal-tanggal kritis sebelum gajian, daripada tergoda untuk mampir ke mall atau cafe, sebaiknya memang langsung pulang ke rumah setelah selesai kerja. Hitung-hitung kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk santai di rumah, kan?


    #6 Financial review

    Di akhir bulan atau saat menerima gaji baru (yaay!) coba buat financial review dari pengeluaran kamu selama sebulan. Simpan semua bon yang kamu dapat, termasuk untuk transportasi. Coba lihat apa saja expense yang sebetulnya bisa dikurangi (do you really need that ice coffee every 6 hours?) dan bisa dialihkan untuk keperluan yang lebih penting.  



    #7 Reward yourself

    Kalau sudah selesai review dan ternyata kamu bisa menghemat, sebagian sisa uang yang tidak terpakai boleh kamu pakai untuk memanjakan diri. Misal kamu bisa menghemat 500 ribu Rupiah, treat yourself a nice dessert or cute tops dan sisanya bisa ditabung.  


    (Image: outnow.ch)