Lifestyle

Kebiasaan Unik Yang Hanya Dilakukan di Indonesia

  by: Redaksi       17/8/2018
  • Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang diwarisi oleh nenek moyang kita. Setiap budaya yang dipelajari tentu memiliki tata cara hidup yang berbeda, seperti upacara perayaan, makanan khas dan banyak hal lainnya yang tak bisa kamu temukan di negara lain. Salah satu contohnya adalah kebiasaan unik yang dilakukan oleh orang Indonesia – nyatanya, kebiasaan unik ini masih dilakukan sampai detik ini, lho! Well, jangan mengaku orang Indonesia jika kamu belum pernah melakukannya. Simak 7 kebiasaan unik yang dilakukan oleh penduduk Indonesia!

     

    1. Kerokan

    Sudah menjadi rahasia umum, kalau kerokan mampu menyembuhkan penyakit ‘masuk angin’ – entah mengapa, penyakit ini juga hanya terjadi di Indonesia, sounds weird. Kalau kamu belum tahu bagaimana cara melakukan kerokan, kamu cukup memiliki satu koin (500 atau 200 perak) dan balsem. Caranya: usapkan bagian belakang tubuh kamu dengan balsem, lalu kerok dengan koin. Kedengarannya menyakitkan, tetapi beberapa orang yang sering melakukan ritual ini justru menikmatinya. Hasilnya, badan kamu akan merah (seperti orang dicambuk) dan konon katanya, angin yang masuk ke dalam tubuh kamu akan hilang. Coba ladies, apakah kamu pernah menemukan ini di negara lain? Sepertinya tidak, orang asing bisa saja menganggap kerokan itu adalah salah satu bagian dari kekerasan.



     

    2. Tangan menjadi pengganti sendok dan garpu

    Katanya sih menyantap makananan dengan menggunakan tangan (dibanding dengan sendok dan garpu) rasanya jauh lebih nikmat, entah bagaimana caranya. Kebiasaan menggunakan tangan memang sudah diwariskan sejak dulu. Tetapi anehnya, cara ini masih terus dilakukan dan dipercaya akan menambah kenikmatan cita rasa makanan. This is pretty confusing, we know it.

     

    3. Mengonsumsi mie dengan nasi

    Carbs is everywhere! Memang makanan khas Indonesia selalu kaya akan karbohidrat dan kalori. Namun apa jadinya kalau nasi digabungkan dengan mie? Yup! Memang kedengarannya terlalu berlebihan, namun nyatanya mereka pernah (atau sering) mengonsumsi makanan seperti itu dengan embel-embel, “kalau nggak pakai nasi, nggak akan kenyang.” Berhubung nasi adalah makanan pokok di Indonesia, tak heran kalau makan mie saja sampai harus pakai nasi. Ladies, Cosmo sarankan kamu hindari kebiasaan makan seperti ini, karena mengonsumsi mie dan nasi tak memiliki asupan yang bergizi bagi tubuh kamu (malah akan membahayakan!).
     

    4. Toilet paper disajikan di meja makan

    Yikes! Pastinya orang asing akan mengerutkan dahi saat melihat toilet paper berada di atas meja makan. Kalau kamu mengunjungi restoran Indonesia atau kaki lima di pinggir jalan, terkadang mereka menyediakan toilet paper ketimbang normal tissue paper. Namun anehnya, orang Indonesia sudah menganggap hal ini wajar, gulungan toilet paper dianggap lebih mudah penggunaannya. Hmm... Dari namanya saja sudah ‘toilet’ paper, bagaimana bisa kita tetap menaruhnya di atas meja makan? Cosmo tak habis pikir (yet they still using it).

     



    5. Melahap cabai mentah

    Mengonsumsi gorengan rasanya kurang komplit tanpa cabai hijau mentah. Kamu pasti tak kaget dengan kebiasaan yang satu ini, orang Indonesia sering mengonsumsi makanan gorengan seperti tempe, tahu, bakwan dan cireng bersamaan dengan 1 atau 2 cabai mentah. Tanpa ada keraguan, cabai mentah dilahap dan digigit (rasanya sangat pedas!),  karena tanpa cabai mentah, mengonsumsi gorengan jadi kurang ‘greget’ di lidah.

     

    6. Menaiki kendaraan motor lebih dari dua orang

    Biasanya disebut dengan ‘cengtri’ alias menaiki kendaraan motor dengan jumlah 3 orang. Yang lebih mengherankan, satu keluarga yang biasanya berjumlah 4 orang, semuanya menaiki satu motor (big no!). Secara hukum, kebiasaan seperti ini tentu dilarang secara ketat. But they often against the law, mungkin kita perlu lebih tegas dalam menghadapi hal-hal seperti ini.

     

    7. Kebiasaan tidur yang aneh

    Ketiduran saat sedang berada di transportasi umum itu cukup memalukan – tidak untuk orang Indonesia! Sepertinya orang Indonesia selalu merasa kelelahan dan butuh di-charge energinya. Ketiduran di dalam bus, kereta api (bahkan saat menjadi penumpang di motor) adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Dengan berbagai alasan seperti: “Perjalanannya jauh, jadi lebih baik tidur,” memang masuk akal sih, namun kebiasaan ini bisa saja membahayakan kamu. Saat kamu ketiduran di tempat umum, ini akan menjadi peluang bagi para pencuri untuk merampas barang kamu. Kalau kantuk kamu menganggu perjalanan dan aktivitas kamu, sepertinya secangkir kopi menjadi pilihan yang efektif.

     

    Well, walaupun memiliki kebiasaan yang cukup aneh, itulah hal unik yang membuat negara Indonesia semakin dicintai (di sini, tempat kita bernafas dan berpijak!).

    (Nadhifa Arundati / Image: zefartC123RF.com)