Beauty

10 Cara Pintar Belanja Produk Kosmetik

  by: Astriana Gemiati       24/8/2018
  • Beauty counters can be intimidating, right? Siapa yang tidak menyukai produk kosmetik? Semuanya terasa menyenangkan bagi kamu yang suka dunia per-makeup-an. Setuju tidak?

    Berawal dari penasaran, lalu mencoba, hingga akhirnya kamu harus berdalih mampir ke meja kasir. Hmm... trus bagaimana dong? 

    Jika kamu ingin mendapatkan produk dengan harga yang terjangkau, berkualitas tinggi, namun ingin juga hemat pengeluaran, Cosmo akan berikan tips dan sejumlah strategi jitu yang bisa kamu siapkan!




    #1. Read Reviews

    Kamu bisa memulainya dengan mencari ulasan dari para beauty blogger di YouTube chanel atau Instagram.  Atau bisa juga dari majalah lifestyle yang mengulas tentang produk-produk kecantikan terbaru. Hal ini, bisa membentuk opini apakah produk tersebut bagus atau tidak untuk dibeli.


    #2. Bring a Friend

    Jika kamu tipe boros, hindari sesegera mungkin hinggap ke beauty counter yang menyajikan banyak diskon atau dekor yang menarik untuk dikunjungi. Pastikan selalu membawa teman dengan opini yang jujur, karena belanja sendiri berarti kamu tidak akan tahu warna mana yang terlihat bagus di kulit kamu, atau jika barang itu terlalu mahal untuk anggaran kamu. 


    #3. Minta Sampel

    Beberapa beauty counters sudah menawarkan bentuk mini sampel untuk kamu coba sebelum membeli. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui dan mengambil keputusan dengan bijak apakah produk tersebut layak kamu beli atau tidak. Karena rata-rata produk sampel hanya bisa digunakan tiga sampai enam kali pemakaian.


    #4. Best Deals

    Manfaatkan penawaran ini! Kamu bisa mencari tahu melalui online atau mengecek ke beauty counters lainnya untuk memeriksa apakah produk tersebut memiliki jumlah selisih yang banyak. Dan pastikan melihat tanggal kadarluasa yang jaraknya tidak terlalu dekat dengan waktu kamu beli.


    #5. Pahami Isi Label

    Terutama untuk produk skin care, pastikan kamu mengetahui kandungan yang terdapat di produk tersebut. Misalnya, jika kamu memiliki jenis tipe kulit kering, kamu harus berlalih ke arah yang berlawanan dengan benzoyl peroxide, yang justru dapat menyebabkan kekeringan secara berlebihan.


    #6. Try Membership

    Dengan kamu bergabung menjadi anggota member, banyak fasilitas yang akan ditawarkan kepada kamu. Misalnya, pengumpulan poin yang nantinya bisa ditukar dengan nominal untuk pembelajaan produk tertentu. Atau mendapat akses merasakan produk pertama yang datang dengan harga khusus, dan lain sebagainya.




    #7. Go Without Wearing Makeup

    Kamu tidak perlu malu untuk mencoba semua produk yang ada di toko. Pada dasarnya, brand memang khusus menyiapkan para beauty adviser untuk memfasilitasi, melayani, dan memanjakan para customer untuk mencoba. Pengujian produk di toko akan membuat keputusan untuk membeli jauh lebih mudah. Tipsnya, pastikan kamu menggunakan aplikator terpisah untuk menghindari dari segala bakteri.


    #8. Kenali Tone Kulit Kamu

    Masalah yang banyak dialami wanita adalah selalu salah membeli warna yang tidak sesuai dengan jenis kulitnya. Disarankan jika membeli foundation atau lipstik pastikan kamu mencobanya terlebih dahulu, karena beda warna kulit, tentu beda juga hasilnya.


    #9. Know When to Splurge and When to Save

    Dilema membeli untuk mencoba produk terbaru atau bertahan dengan produk yang itu saja memang menjadi pilihan yang sulit. Kamu bisa mengawalinya dengan membuat daftar produk mana yang harus kamu pentingkan dan tidak. Serta beri jarak waktu setiap kamu akan membeli produk, ini akan efektif untuk menghemat pengeluaran.


    #10. Yuk, Kreatif!

    Akali semua produk kecantikan yang ada tanpa kamu harus membeli yang baru. Misalnya, kamu menginginkan lipstik matte seperti brand kenamaan yang baru saja meluncurkan produknya. Coba gunakan vaselline dan eyeshadow warna yang kamu inginkan. Kemudian masukan semuanya di dalam sendok teh lalu cairkan dengan lilin api. Setelah itu, aduk sampai merata, dan tuangkan ke dalam jar kecil khusus dan tunggu hingga mengering. Violaaa.. kamu sekarang resmi memiliki lipstik matte terbaru. Cari tahu juga tutorial lainnya di Youtube chanel ya.


    Good luck, girls!


    ( Image: outnow.ch )