Lifestyle

Ini 7 Cabang Olahraga Terunik di Asian Games 2018

  by: Kezia Calesta       14/8/2018
  • Are you excited for the Asian Games? Meskipun bukan seorang penggemar olahraga, kamu wajib tahu bahwa Asian Games adalah acara olahraga terbesar setelah Olimpiade! Edisi ke-18 yang digelar di kota Jakarta dan Palembang ini akan menghadirkan 40 cabang olahraga dengan lebih dari 460 event, lho. Selain cabang olahraga yang populer seperti sepak bola dan bulu tangkis, ada juga berbagai olahraga unik yang akan hadir tahun ini. Berikut adalah 7 cabang olahraga terunik yang bisa kamu saksikan di Asian Games 2018!


    1. Kurash

    bela diri kurash di asian games 2018

    Ready, set, wrestle! Seni bela diri kuno yang berasal dari Uzbekistan ini cukup unik, karena kurash memiliki teknik bela diri yang hampir sama dengan judo dan gulat. Bedanya, kurash hanya boleh mempraktikkan bantingan atas dengan tangan tanpa bantingan bawah ataupun penggunaan kaki. Olahraga ini pertama kalinya muncul secara internasional di Asian Indoor and Martial Arts Games pada tahun 2005 di Bangkok, Thailand, dan kurash akan hadir di Asian Games untuk pertama kalinya di Jakarta-Palembang 2018.




    2. Paragliding

    paragliding di asian games 2018

    Wah, kamu tidak boleh takut ketinggian jika ingin berpartisipasi dalam kompetisi ini. Para paragliders harus siap untuk terbang bebas dengan parasut dan menerjang angin di Gunung Mas, Puncak, Bogor dari ketinggian 1.250 meter! Kompetisi paragliding akan muncul di Asian Games untuk pertama kalinya di Jakarta-Palembang 2018, dengan 130 atlet dari 19 negara Asia yang bertanding untuk memenangkan 6 medali emas.


    3. Sepak Takraw

    sepak takraw di asian games 2018

    Apakah kamu familiar dengan sepak takraw? Jenis olahraga ini mencampurkan sepak bola dan bola voli dan dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, di mana para pemain tidak boleh menyentuh bola rotan dengan tangan. Wow! Permainan yang berasal dari zaman Kesultanan Melayu ini sudah ada di Asian Games sejak tahun 1990, lho. Thailand telah memenangkan penghargaan terbanyak dengan 22 medali emas, 5 perak dan 1 perunggu.


    4. Skateboarding

    skateboarding di asian games 2018

    This is so cool! Tanpa butuh penjelasan, kamu pasti tahu olahraga ini, kan? Setelah diumumkan pada bulan Agustus 2016 lalu bahwa skateboarding akan masuk ke program Olympic Games 2020 di Tokyo, olahraga ini pun akan dimunculkan untuk pertama kalinya di Asian Games Jakarta-Palembang 2018.




    5. Bridge

    bridge di asian games 2018

    Setelah catur, Xiangqi (Chinese chess), dan Go, permainan kartu bridge akan menjadi mind sport keempat untuk masuk ke kategori olahraga Asian Games. Bridge seringkali dibandingkan dengan catur dalam pengertian bahwa pemain memerlukan taktik dan strategi, namun permainan kartu ini juga mengandalkan kemampuan dan keberuntungan. Wah, menarik ya


    6. Jet Ski

    jetski di asian games 2018

    Jet ski is not just for fun! Sejak munculnya perlombaan jet ski di Asian Beach Games pada tahun 2008 di Bali, cabang olahraga ini akan hadir untuk pertama kalinya di Asian Games Jakarta-Palembang 2018.


    7. Modern Pentathlon

    modern pemtathlon di asian games 2018

    Nah, inilah salah satu olahraga yang paling menantang. Modern pentathlon telah hadir di Asian Games sejak 1994 dan menggabungkan lima perlombaan: olahraga anggar, renang gaya bebas (200 m), berkuda lompat rintangan (15 lompatan) dan olahraga gabungan berupa olahraga menembak dan cross country running sepanjang 3200 meter. OMG! Korea Selatan telah berhasil memenangkan penghargaan terbanyak dengan 7 medali emas, 6 perak dan 6 perunggu.


    (Image: doc. en.asiangames2018.id)