Career

Ini 5 Cara untuk Jatuh Cinta Lagi dengan Kerjaanmu

  by: Redaksi       20/8/2018
  • Jatuh cinta dengan kerjaan? Kenapa tidak. Itulah yang sebenarnya membuat kamu nyaman dan senang selama bekerja. Sayangnya menurut laporan dari Gallup, sebuah perusahaan research and strategic consulting asal Amerika, 21% milenial telah berganti pekerjaan selama setahun terakhir. Jumlah ini merupakan tiga kali lipatnya dari jumlah non milenial yang berganti pekerjaan dalam satu tahun terakhir. Sedangkan hanya 29% milenial yang masih bertahan dengan pekerjaannya. Data dari Gallup ini menunjukkan generasi milenial merupakan generasi yang paling sedikit bertahan dengan pekerjaan mereka.


    Melihat hal ini rasanya ada yang perlu diperbaiki dari makna di balik seseorang mengambil suatu pekerjaan, termasuk menemukan alasan yang membuat mereka bahagia dalam bekerja. Bertahan dengan satu pekerjaan di sebuah perusahaan kadang bisa menunjukkan tingkat loyalitas seseorang. Selain itu hal ini juga menunjukkan kalau kamu memang passionate dan serius menekuni bidang tersebut. Nah, berikut lima cara agar kamu jatuh cinta lagi dengan pekerjaan.


    1. Ketahuilah Alasan Kenapa Kamu Menginginkan Pekerjaan Itu




    Sekarang ini tidak cukup hanya dengan memiliki pekerjaan. Kamu harus tahu tujuan di balik memilih pekerjaan tersebut. Apakah pekerjaan yang kamu pilih itu dapat memenuhi target invidividu yang sudah kamu atur? Apa alasan kamu berada di sana? Apakah pekerjaan itu sesuai dengan tujuan besar di hidupmu? Ketika memilih pekerjaan, kamu harus ketahui bahwa itu dapat menjadi jalan menuju masa depan yang telah kamu mimpikan. Dengan begitu kamu akan setia menyusuri jalan tersebut hingga sampai pada titik awal impianmu.


    2. Jangan Biarkan Jabatan dan Gaji Menjadi Penghalang


    Mungkin untuk beberapa orang masih ada yang sering merasa minder saat tahu jabatan dan gaji mereka lebih rendah dibandingkan yang lainnya. Well ladies, tidak semua jabatan yang bagus dan gaji yang besar bisa membuat kamu senang dan nyaman dengan pekerjaan. Tantang diri sendiri untuk melakukan sesuatu sesuai minat dan passion tanpa melihat pendapat orang lain. Intinya, jika kamu sudah merasa tepat dan nyaman dengan pekerjaan saat ini terlepas dari kedua faktor tersebut, pertahankanlah, karena kamu sudah berada pada tempat yang benar.


    3. Invest in Your Skills


    Remember ladies, keahlian yang kamu punya adalah sesuatu yang membuat kamu akhirnya dipekerjakan di perusahaan tersebut sekarang. Keahlian apapun itu yang kamu punya, jika kamu terus mengasah dan memperdalam kemampuan tersebut maka keahlian tersebut akan menuai hasil yang tidak akan mengecewakan. Bahkan ini bisa membantu kamu untuk mendapat promosi!


    4. Tetaplah Fokus dan Jaga Kinerja




    Beberapa pekerjaan memang terkadang membosankan. Terlebih pekerjaan yang mengharuskan kamu datang dan pulang kantor sesuai dengan jam yang ditentukan, hingga yang seharian berada di kantor. Tentu saja ini cepat membuat kamu bosan dan bisa kehilangan fokus saat bekerja. Untuk mengatasi hal ini, saran Cosmo kamu bisa mengikuti kelas yoga, meditasi, atau latihan lain yang dapat meningkatkan fokus saat bekerja. Menurut penelitian dari Energy Project and Harvard Business Review, karyawan yang beristirahat setiap 90 menit memiliki 30% tingkat fokus lebih tinggi, dan karyawan yang mampu fokus pada satu pekerjaan 50% lebih terikat dengan pekerjaan tersebut.


    5. Jangan Menunggu untuk Mengetahui Maksud dari Pekerjaan Saat Ini


    Jika selama bekerja kamu menemukan suatu projek yang menarik, jangan menunggu untuk diminta bergabung ke dalam tim. Coba berinisiatif menawarkan diri masuk ke dalam tim untuk mengerjakan projek tersebut. Jika memang ada sesuatu yang menarik perhatian, coba untuk ikuti naluri tersebut. Bukan tidak mungkin projek tersebut adalah sesuatu yang membuat kamu nyaman. Kalau kamu hanya menunggu diberi tugas, hmmm, bisa-bisa kamu cuma menghabiskan waktu di media sosial sembari menunggu jam pulang kantor. Oh no!


    (Shintia Savitri / Image: Doc. dolgachovC123RF.com)