Career

5 Cara Untuk Berhenti Membenci Pekerjaan Kamu

  by: Kezia Calesta       20/8/2018
  • Apakah pekerjaan kamu A) membosankan, B) tidak memiliki masa depan, C) dipenuhi oleh orang-orang mengesalkan, atau D) semua yang tertera di atas? Jika kamu belum bisa lepas dari pekerjaan yang dibenci, berikut adalah 5 cara dari Cosmo untuk membantu kamu menghadapinya. 


    1. Hindari trash-talk.

    Apakah kamu sering berkumpul dengan rekan-rekan kerja lainnya untuk bergosip atau mengeluh tentang atasan yang killer? Yeah, you need to stop that. Menurut Amy Cooper Hakim, PhD, penulis buku Working With Difficult People, sesi curhat yang negatif tersebut tidak profesional dan hanya akan membuat kamu semakin membenci sang bos. Jika kamu benar-benar ingin menumpahkan perasaanmu kepada seseorang, carilah seorang teman dekat yang tidak bekerja di tempat yang sama. “Saat kamu butuh curhat, carilah pasangan atau sahabat yang bisa mendengar dan memberikan dukungan tanpa membuat situasi semakin panas. Ditambah lagi, mereka bisa memberikan perspektif yang lebih objektif.” Pertimbangkan juga penggunaan timer selama 10 menit agar curhatan kamu tidak melebar kemana-mana dan menjadi terlalu panjang. Setelah 10 menit, bicarakan hal-hal yang lebih positif dan membuat semangat!




    2. Tentukan satu hal baik tentang pekerjaanmu.

    Mungkin ini bukan pekerjaan impianmu, namun pasti ada satu hal positif yang kamu sukai darinya, kan? Barangkali tempat kerjamu tidak jauh dari kantor sahabatmu, atau lokasinya cukup dekat dari gym maka kamu bisa melepas stres setelah office hours. “Saat kamu menemukan hal yang dapat disyukuri dari pekerjaan yang sekarang, hari-hari kerjamu menjadi semakin mudah dijalani,” jelas Amy. Setiap kali kamu menemukan sesuatu yang positif, catatlah hal tersebut di smartphone atau buku catatan untuk mengingatkan diri.


    3. Berikan hadiah kepada dirimu sendiri.

    Tentukan goals kecil yang bisa kamu ukur dan capai setiap minggu. Contohnya, bila kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum tanggal deadline atau tidak menggerutu selama satu minggu, berikan sebuah hadiah kepada dirimu sendiri! Manjakan diri dengan manicure atau minuman bubble tea favorit. “Kamu akan cenderung menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat bila mendapat reward di akhir,” jelas Amy. Selain itu, menghilangkan keluhan dan drama dari pikiran dapat membantu memperbaiki mood di tempat kerja!




    4. Carilah tugas baru.

    Apakah kamu seringkali jenuh karena sudah lama tidak mendapat tugas baru yang menantang? Carilah tanggung jawab baru untuk menantang diri sendiri, atau tawarkan diri untuk membantu rekan lain. Menunjukkan inisiatif di tempat kerja dapat memberikan nilai tambah untukmu, lho!


    5. Temukan keseruan yang bisa dinikmati.

    Satu cara mudah untuk menikmati hari-hari kerja: carilah aktivitas yang seru sepulang kerja. Ikuti kelas fitness yang fierce, atau jadwalkan hari karaoke bersama the girls untuk melepas penat. Rencanakan satu aktivitas (atau lebih!) setiap minggunya. Jangan langsung pulang ke rumah dan menghabiskan setiap malam dengan browsing Instagram di kasur, ok? Dengan berbagai aktivitas seru yang diikuti, kamu pun akan merasa bahwa hidupmu tidak hanya sebatas pekerjaan saja.


    (Image: doc. gstockstudio©123RF.com / Artikel ini disadurkan dari cosmopolitan.com)