Career

5 Tips Agar Tampil Lebih Percaya Diri di Tempat Kerja

  by: Alexander Kusumapradja       27/8/2018
  • Sad but true, banyak wanita merasa kurang percaya diri saat berada di tempat kerja karena mereka berpikir tidak berhak mendapat respek dan pengakuan yang sama dengan para pria. Berdasarkan riset yang pernah dilakukan oleh LinkedIn, pekerja pria cenderung lebih berani menunjukkan ambisi dan percaya mereka berhak meraihnya, sedangkan wanita cenderung kurang mempromosikan diri dan keahlian mereka dibanding para pria, sekalipun mereka punya posisi, pengalaman kerja, dan keahlian yang sama. Cosmo bilang, its time for you to get more confident melalui beberapa cara berikut ini:


    via GIPHY



    Wear clothes that fit

    Dress good is really a key to feel good about yourself. Mengenakan pakaian yang kurang pas di tubuh akan membuat wanita paling profesional pun terlihat tidak nyaman dan kurang percaya diri. Kuncinya adalah memakai pakaian yang terasa pas jatuhnya di tubuhmu. Ada alasan khusus kenapa beberapa wanita gemar mengenakan power suit saat ke kantor karena setelan tersebut memang akan membuat perawakan kamu terlihat lebih powerful



    Schmooze

    Bukan maksudnya menjilat, tapi tidak ada salahnya membangun hubungan yang lebih dalam dengan orang sekitar Anda. Sempatkan waktu untuk mengenal rekan kerja, bos, atau klien dengan lebih personal. Undang mereka untuk makan siang dan berbincang secara tatap langsung karena di zaman serba digital, interaksi langsung seperti ini juga dapat melatih kemampuan negosiasi verbal Anda. 





    Be bossy

    Salah satu kekhawatiran wanita untuk bersikap tegas di tempat kerja adalah takut dicap sebagai sosok yang bossy dan cerewet, sementara pria justru dimaklumi kalau bersikap tegas. Kamu memang harus ramah terhadap siapa saja, namun untuk urusan kerja jangan takut untuk bersikap tegas. Suka tak suka, ada hierarki tersendiri di dunia kerja dan harus ada sosok yang bertanggungjawab untuk mengambil keputusan, jadi coba latih leadership skill kamu agar tetap maju. 



    Stop comparing yourself

    Berhenti melihat apa yang orang lakukan atau yang mereka pakai dan fokus apa yang tepat untuk diri kamu sendiri. Membandingkan diri dengan orang lain tak akan ada habisnya dan hanya akan membuat kamu malah minder. Fokus dan kenali kekuatan yang kamu punya sehingga kamu tetap bisa bangga pada diri sendiri. 



    Stop Waiting to Be Rescued

    Terpengaruh dongeng, banyak wanita mengharapkan sosok yang akan menyelamatkan mereka, entah itu menikah dengan seorang pria kaya atau berharap pada karma yang akan bertindak. Berhenti melamun dan ayo bekerja. Cara terampuh menuju kesuksesan adalah dengan bekerja keras. Dan saat bekerja keras, kamu akan merasa bangga dengan pencapaian yang telah kamu raih dan hal itu tentu akan memancarkan rasa percaya diri. 


    (image: Brooke Lark via Unsplash.com)