Celebrity

8 Peraturan Fashion Unik yang Diikuti Kerajaan Inggris

  by: Kezia Calesta       22/8/2018
  • With great power comes great responsibility! Tidak disangka, anggota keluarga kerajaan Inggris memiliki banyak fashion rules unik yang wajib mereka taati.


    1. Desain gaun pernikahan membutuhkan persetujuan Ratu.


    Kerajaan Inggris memiliki tradisi di mana sang ratu sendiri harus menyetujui gaun pernikahan yang akan digunakan calon anggota kerajaan. Maka dari itu, gaun yang dikenakan Kate Middleton dan Meghan Markle sudah mendapat stamp of approval dari ratu!




    2. Warna cat kuku yang mencolok tidak diizinkan.


    Kamu pasti tidak pernah melihat para royal ladies dengan cat kuku yang terang, kan? Saat memilih cat kuku, mereka hanya boleh memoles warna pink muda atau clear polish yang transparan untuk acara formal. Fun fact: Ratu Elizabeth hanya menggunakan 1 macam cat kuku selama 28 tahun - Ballet Slippers by Essie. It’s nude pink, dan harganya hanya $8!


    3. Tidak semua wanita boleh memakai mahkota tiara.


    Biasanya, tiara hanya diberikan kepada wanita yang akan atau sudah menikah. Yup, wanita yang memiliki status lajang ataupun anak perempuan tidak diizinkan memakai tiara! “Mahkota melambangkan cinta dan pernikahan,” jelas penulis Geoffrey Munn. Sang Ratu meminjamkan Cartier Halo tiara miliknya kepada Kate Middleton saat ia menikah dengan Prince William pada tahun 2011.


    4. Ratu Elizabeth menggunakan tas tangannya untuk mengirim pesan dan isyarat.


    Ratu Elizabeth jarang terlihat tanpa sebuah tas tangan, karena ia sebenarnya menggunakan aksesori tersebut untuk mengirim pesan. Contohnya, bila sang ratu ingin meninggalkan sebuah acara makan malam, ia akan meletakkan tasnya di atas meja untuk menandakan bahwa ia sudah siap untuk pergi. Ditambah lagi, bila sang ratu sedang terlibat dalam suatu pembicaraan dan ia memindahkan tasnya dari satu tangan ke tangan lainnya, itu artinya ia ingin menutup obrolan tersebut. Menarik, ya!


    5. Tas clutch berguna untuk menutup belahan dada.


    Anya Hindmarch, desainer Princess Diana, menamakan tas clutch milik Princess Diana sebagai cleavage bags. LOL! “Kami sering menertawai kegunaan tas tersebut, karena clutch miliknya sebetulnya sangat berguna untuk menutup dadanya setiap kali ia menginjakkan kaki keluar dari mobil,” jelas Anya di sebuah wawancara bersama the Telegraph. And yes, it’s true! Buktinya, setiap kali Princess Diana sedang keluar dari sebuah mobil dan difoto, clutch miliknya pasti diletakkan di bagian depan agar dadanya tidak terlihat.




    6. Clutch seringkali digunakan untuk menghindari jabatan tangan.


    Menurut etiquette expert Myka Meier, Kate Middleton seringkali memegang clutchnya di bagian depan tubuh dengan kedua tangan untuk menghindari jabatan tangan saat situasi sedang canggung. Hm… Menurut kamu, apakah gestur tersebut disengaja?


    7. Ratu Elizabeth selalu memakai pakaian berwarna terang untuk menangkap perhatian.


    Countess of Wessex, menantu sang ratu pernah mengungkap di dokumenter The Queen at 90 bahwa sang ratu perlu tampil mencolok di mata publik agar mudah dikenali. Menurut biografer sang ratu, Robert Hardman, Ratu Elizabeth sendiri pernah berkata, “Saya tidak pernah bisa memakai warna krem karena tidak ada orang yang akan mengenali saya.”


    8. Anggota keluarga kerajaan biasanya membawa pakaian cadangan berwarna hitam saat pergi traveling. 


    Pakaian cadangan berwarna hitam biasanya dibawa saat bepergian untuk berjaga-jaga bila ada anggota keluarga yang meninggal. Dengan ini, saat kembali ke UK, mereka bisa langsung keluar dari pesawat dengan pakaian hitam yang rapi. Dulu, Ratu Elizabeth sedang berada di Kenya saat ayahnya wafat pada tahun 1952. Pada saat itu, ia tidak membawa pakaian berwarna hitam, maka Ratu Elizabeth pun harus menunggu di dalam pesawat setelah mendarat sampai baju hitam dikirimkan kepadanya.


    (Image: doc. Instagram @kensingtonroyal / Artikel ini disadurkan dari cosmopolitan.com)