Lifestyle

Ini 15 Pulau Terbaik di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

  by: Redaksi       26/8/2018
  • Dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia tentu saja harus masuk ke dalam daftar pulau-pulau terbaik di dunia. Dan ya, kita boleh berbangga karena tiga pulau di Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut pada posisi tiga teratas. Majalah dan situs perjalanan Travel and Leisure melakukan survei untuk membuat daftar ini setiap tahunnya. Survei dilakukan kepada para pembaca dengan meminta pendapat mereka soal pulau, kota, spa, kapal pesiar, penerbangan dan lainnya untuk memberikan penghargaan-penghargaan terbaik dunia (World’s Best). Berikut daftar lengkap 15 pulau terbaik di dunia versi Travel and Leisure.

    1. Pulau Jawa, Indonesia





    Dengan skor 95,28, Pulau Jawa menempati posisi pertama sebagai pulau terbaik di dunia. Seperti dilansir dari situs Travel and Leisure, daya tarik pemandangan yang memesona dan masih kentalnya budaya kuno di Pulau Jawa lah yang menjadikannya pulau terbaik. Tak ketinggalan terdapat pula Situs Warisan Dunia UNESCO yaitu Candi Borobudur. Pulau Jawa juga dianggap memiliki banyak pilihan obyek wisata seperti air terjun, gunung berapi, taman nasional, hingga pantai pasir putih.

    2. Pulau Bali, Indonesia



    Bali tentu saja masuk ke dalam daftar pulau terbaik, dilihat dari banyaknya turis yang mengunjungi pulau ini - mulai dari orang biasa hingga yang terbaru selebriti seperti Chrissy Teigen dan John Legend, serta The Beckham Family. Mereka tampak sangat menikmati waktu berlibur ketika berkunjung ke Bali. Jadi Pulau Bali masih konsisten menjadi pilihan para wisatawan untuk berlibur dan menikmati keindahan alam, khususnya pantai. Skor yang diberikan pembaca Travel and Leisure untuk Pulau Bali adalah 94,06.

    3. Pulau Lombok, Indonesia



    Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini ternyata juga tak kalah eksis dari Pulau Jawa dan Bali. Kamu pasti sudah tahu kalau di Lombok banyak sekali deretan pantai cantik dan bersih, serta berlimpahnya lokasi snorkeling dan diving yang diincar para wisatawan khususnya mancanegara. Skor yang diterima Pulau Lombok adalah 93,88. Bicara mengenai destinasi ini, Cosmo berharap kondisi pasca gempa di Lombok segera membaik.

    4. Maldives



    Pulau yang satu ini juga cukup terkenal karena keindahan lautnya yang biru begitu menggoda. Pantas saja Maldives menempati posisi keempat sebagai pulau terbaik. Maldives biasanya dijadikan wisatawan sebagai honeymoon place karena pemandangannya yang romantis dengan hotel-hotel berada di atas laut. Sama seperti Indonesia, Maldives merupakan negara kepulauan namun jauh lebih kecil.

    Skor: 90,48

    5. Waiheke, Selandia Baru



    Untuk menuju pulau ini kamu bisa naik kapal feri selama 40 menit dari pusat kotak Auckland. Daya tarik Pulau Waiheke adalah berlimpahnya tempat untuk menikmati kopi dan tempat mencicipi hidangan Pacific Rim khas Selandia Baru. Waiheke juga membanggakan jumlah perkebunan anggur yang di antaranya membuka restoran sehingga kamu bisa menikmati pemandangan vineyard dan birunya lautan.

    Skor: 90,21

    6. Palawan, Filipina



    Pulau Palawan juga menawarkan lokasi-lokasi snorkeling dan diving yang cukup memesona seperti di Lombok. Karena belum seramai destinasi lainnya, kamu bisa menyelam dan masuk ke laguna tersembunyi serta menikmati pantai yang masih murni sehingga kamu bisa merasakan memiliki pantai pribadi di sini.

    Skor: 90,04

    7. Mauritius



    Mungkin bagi beberapa orang, Pulau Mauritius kurang akrab di telinga. Namun keindahan Mauritius ternyata juga menggoda banyak selebriti Hollywood untuk berlibur ke pulau ini. Sama seperti Maldives, Mauritius menawarkan keindahan alam laut yang masih begitu asri dan biru. Resor-resor mewah pun berjejer menjual pemandangan pantai, lokasi watersport, dan golf. Di pulau ini juga terdapat dua Situs Warisan Budaya UNESCO yaitu Aaapravasi Ghat, yang dulunya merupakan kantor imigrasi tahun 1800 dan Le Morne Cultural Landscape, semenanjung yang terletak di bagian selatan Mauritius.

    Skor: 90,00

    8. Cebu, Filipina



    Pantai dan air terjun menjadi daya tarik sendiri dari Cebu. Sebagai kota terpadat setelah Manila di Filipina, tidak membuat Cebu sepi wisatawan. Tentu saja, karena di sini kamu bisa menikmati berenang dan berfoto bersama ikan hiu paus di air terjun Oslob. Wisata berenang bersama hiu paus ini hanya dibuka dari pukul 06.00 hingga 12.00. Selain air terjun ada pula Pulau Sumilon yang bisa kamu tempuh menggunakan perahu dari Oslob.

    Skor: 89,10



    9. Páros, Yunani



    Sebagai tempat yang memiliki sejarah kuno, Páros memiliki pemandangan tepi pantai yang dipenuhi jejeran bangunan putih dengan arsitektur Kyklades. Di pulau ini juga banyak terdapat restoran-restoran seafood, bar dan kafe, serta toko-toko suvenir yang berdiri di pinggrian pantai. Tips ketika kamu ingin menikmati keindahan Pulau Páros jangan datang saat musim dingin dan hindari akhir Juni ketika pelajar tengah libur sekolah.

    Skor: 88,76

    10. Tasmania, Australia



    Pulau yang satu ini berbeda dari yang sebelum-sebelumnya, di pulau ini pemandangan yang disuguhkan adalah pedesaan dan pegunungan yang kental dengan hijaunya. Bukan berarti tidak ada pemandangan laut di Tasmania lho. Kamu bisa menjelajahi Tasmania dari ujung ke ujung dengan memakan waktu sekitar tiga jam menggunakan mobil. Menurut banyak orang, Tasmania adalah tujuan wisata terbaik di Australia untuk road trip.

    Skor: 88,70

    11. Pulau Galápagos, Ekuador



    Selain masuk dalam daftar pulau terbaik di dunia, Galápagos juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, karena memiliki 19 pulau yang menyimpan kekayaan bawah laut. Pulau ini dianggap memiliki layanan dan fasilitas penunjang kenyamanan turis yang mumpuni. Ketika berwisata ke sini, kamu bisa mengamati habitat hewan khas Galápagos, seperti penyu, penguin, sampai singa.

    Skor: 88,53

    12. Pulau Cook



    Kepulauan Cook terbagi menjadi dua jenis pulau, yaitu di sebelah utara terdiri atas enam pulau karang dan di wilayah selatan terdiri atas sembilan pulau vulkanik. Salah satu yang unik dari Kepulauan Cook ini adalah luas pulau-pulaunya kecil dan letaknya terpencil, seperti pulau karang Palmerston yang sampai tahun 1969 letaknya di peta hanya berdasarkan pada peta milik Kapten Hook dari tahun 1774.

    Skor: 88,52

    13. Pulau Orkney, Skotlandia



    Pemandangan yang bisa kamu temui saat berkunjung ke Pulau Orkney adalah reruntuhan kastil, lingkaran-lingkaran batu, dan kuil kuno. Kastil dan bangunan-bangunan yang berada di sini bergaya seperti zaman abad pertengahan. Pulau Orkney merupakan salah satu harta bersejarah Skotlandia. Bagi kamu yang suka berkunjung ke tempat berbau sejarah, kamu wajib datang ke pulau ini sambil menikmati semilir angin yang berhembus dari laut.

    Skor: 88,50

    14. Maui, Hawaii



    Sebagai pulau terbesar kedua di Kepulauan Hawaii, ternyata jumlah populasi di Pulau Maui jauh lebih sedikit dari Pulau Oahu yang merupakan pulau terbesar ketiga di Kepuluan Hawaii. Tentu saja ini membuat Pulau Maui relatif lebih lenggang dibandingkan Pulau Oahu dan Hawii itu sendiri. Jadi kamu yang ingin berlibur dengan mencari privasi dan kenyamanan sangat cocok untuk datang ke pulau ini. Iklim tropis di pulau ini juga menjadi daya tarik lain, daerah pegunungan beserta lembahnya pun menjadi salah satu pesona yang tak bisa dilewatkan.

    Skor: 88,42

    15. Azores, Portugal



    Jika kamu ingin berkunjung ke Pulau Azores kamu tidak hanya menemukan pemandangan laut yang indah, tapi juga akan menikmati danau dan lagunanya yang begitu spektakuler. Selain itu ada pula atraksi lumba-lumba dan paus di laut. Di Azores juga terdapat sebuah danau yang bentuknya menyerupai lingkaran sempurna dan terkoneksi ke laut secara langsung oleh celah yang disebut Baqute.

    Skor: 88,37


    (Shintia Savitri / Image: Doc. @explorejogja, @explorebali, @explorelombok, @maldives, @cebupacificair, @cebuisland, @mauritius_explored, @parosisland, @tasmania, @galapagosisland, @cookisland, @orkneyisland, @gohawaii) 

    tags: pulau terbaik