Better You

Ini Alasan Jerawatmu Selalu Muncul Di Tempat Yang Sama

  by: Kezia Calesta       27/8/2018
  • Pernah mengalami jerawat keras kepala, alias jerawat yang selalu muncul di tempat yang sama? Menurut beberapa spesialis kulit, jerawat tidak hanya disebabkan oleh hormon atau stres – bahkan, area wajah kamu yang cenderung jerawatan sebenarnya dapat mengungkap banyak hal tentang kesehatan badanmu.

    Menurut Dr. Michael Shapiro, “Beberapa dermatolog bisa mendiagnosa masalahmu dengan teknik face mapping setelah memeriksa wajah. Face mapping bisa menjelaskan alasan di balik masalah kulitmu yang misterius,” jelas direktur medis dan founder dari Vanguard Dermatology tersebut. Nah, face mapping adalah sebuah metode Cina kuno di mana setiap area wajah memiliki artinya masing-masing. Bila kamu penasaran, simak penjelasan Dr. Shapiro ke The Fashion Spot berikut.





    1. Dahi

    Jerawat yang seringkali muncul di bagian dahi dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk masalah pencernaan, hati, perubahan jam tidur, diet buruk, dan level stres yang tinggi. Untuk menghindari jerawat di area dahi, dapatkan setidaknya 7 jam tidur, perbanyak konsumsi air putih untuk membuang toksin, dan perhatikan diet kamu untuk melihat jenis makanan yang bisa membuat jerawatan. Selain itu, perhatikan juga produk wajah atau rambut yang dapat membuat kulit iritasi.


    2. Bagian Di Atas / Tengah Alis

    Perhatikan konsumsi lemak atau alkohol yang berlebihan, karena kebiasaan buruk tersebut juga bisa membuat jerawat muncul di bagian atas atau tengah alis! Jerawat di sekitar mata juga dapat diakibatkan oleh sirkulasi darah yang buruk dan masalah kantung empedu. Ingat, perbanyak konsumsi air putih juga!


    3. Hidung

    Jerawat di bagian hidung dapat disebabkan oleh diet yang buruk, konstipasi, kekembungan, gastrointestinal imbalance, gangguan pencernaan, atau sirkulasi darah rendah. Pssst, vitamin B dan makanan yang tidak kaya bumbu dapat menghilangkan jerawat di area tersebut.


    4. Pipi

    Jerawat di area pipi bisa diakibatkan karena masalah paru-paru, hati, stres, masalah perut dan makan berlebihan. Nah, jerawat juga bisa disebabkan oleh makeup, kontak dengan layar smartphone yang kotor ataupun sarung bantal yang jarang dibersihkan. Jaga kebersihan kulitmu, khususnya bila lingkungan sekitarmu tercemar.




    5. Bagian Mulut

    Kebanyakan makan pedas atau gorengan? Ini bisa menjadi penyebab jerawat yang timbul di atas bibir! Perbanyak konsumsi serat, buah dan sayuran untuk membantu kulit agar lebih sehat.


    6. Dagu

    Jerawat di bagian dagu bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti masalah hormon, ginekologi, ketidakseimbangan ginjal, dan kebiasaan buruk menyentuh dagu dengan tangan. Ingat, istirahat yang cukup dan perbanyak konsumsi air putih dan omega-3! Jangan seringkali menumpu dagu di atas tangan, kecuali setelah kamu cuci tangan.


    7. Telinga

    Siapa bilang jerawat tidak bisa tumbuh di bagian telinga? Faktanya adalah, telinga kamu memiliki hubungan yang dekat dengan ginjal. Bila ginjalmu tidak berfungsi dengan baik atau kurang nutrisi, jerawat berukuran besar dapat muncul di permukaan telinga. So, perbanyak konsumsi air putih dan hindari kafein ataupun garam!



    (Image: doc. Dmitriy [email protected])