Lifestyle

Sultan Agung, Film Sejarah Indonesia Wajib Tonton

  by: Kezia Calesta       28/8/2018
  • Seorang penggemar film Indonesia wajib menonton Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta. Why? Di umurnya yang ke-90, Mooryati Soedibyo, pendiri Mooryati Soedibyo Sinema ini menghadirkan sebuah karya seni yang membawa pesan amanah pahlawan nasional berupa film drama biopic sejarah kolosal yang mengangkat perjuangan Sultan Agung. Untuk kamu yang belum mengenal baik nama tersebut, Sultan Agung Hanyokrokusumo adalah seorang Raja Mataram legendaris yang hidup di abad ke-17, di mana ia dikenal karena sudah berjuang untuk melindungi rakyat negerinya dari penjajahan pedagang asing VOC.






    Untuk sutradara film Sultan Agung sendiri, Hanung Bramantyo, ini merupakan sebuah kesempatan yang tidak dapat ia lewatkan. Sebagai seorang pria asal Yogyakarta yang lahir dan besar di lingkungan keraton, film tersebut merupakan sebuah karya yang sangat personal baginya. “Sultan Agung adalah junjungan saya sebagai orang Jawa. Nilai-nilai kepemimpinan yang diturunkannya sudah tertanam sejak kecil dalam diri saya. Tujuan saya tidak hanya sekedar membantu Ibu Mooryati saja, tetapi yang utama adalah saya ingin masyarakat luas tahu tentang siapa junjungan saya,” ungkapnya.




    Setelah memastikan bahwa sutradara film ini sudah tepat, Mooryati Soedibyo Cinema juga menggarap sejumlah aktor terkenal Indonesia, antara lain Ario Bayu sebagai Sultan Agung, Marthino Lio sebagai pemeran Raden Mas Rangsang (Sultan Agung muda), Adinia Wirasti sebagai Roro Lembayung yang merupakan teman dekat Sultan Agung muda saat ia menuntut ilmu di Padepokan Ki Jejer, dan Putri Marino sebagai Roro Lembayung muda. Cast juga diramaikan oleh Christine Hakim, Anindya Putri, Meriam Bellina, Asmara Abigail, alm. Deddy Sutomo, serta banyak aktor dan aktris lainnya.






    Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta adalah wujud persembahan Mooryati Soedibyo Cinema kepada masyarakat Indonesia. Menurut Mooryati Soedibyo sendiri, “Pencapaian terbesar yang kami inginkan melalui film ini adalah mewariskan kekayaan budaya bangsa dan sejarah Indonesia kepada generasi masa kini.” Ia berharap film sejarah ini dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia, dan menjadi sumber pengetahuan serta pendidikan generasi masa kini. Selain itu, film ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para produser dan pekerja-pekerja film lainnya untuk memproduksi film yang lebih mengedepankan kepentingan bangsa Indonesia. “Untuk menjaga agar semangat perjuangan dan amanah pahlawan tetap hidup di masyarakat, ini bukan hanya tanggung jawab kami sebagai produser film Sultan Agung. Semua pihak terkait harus mendukung, dengan berkarya melalui tema-tema yang memiliki semangat nasionalisme, agar film Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ungkap Ibu Mooryati.




    Upaya film ini dalam mengangkat semangat juang Sultan Agung ditekankan kembali oleh Hanung. “Film ini menceritakan kembali perjuangan Sultan Agung memerintah Mataram sesuai dengan cita-citanya, sejalan dengan tuntutan untuk mengusir para penjajah. Perjuangannya menemui banyak rintangan, karena saat itu cita-cita besar yang beliau miliki ternyata tidak didukung oleh orang-orang di sekitarnya dan menimbulkan konflik dalam pemerintahannya,” jelasnya.



    Dengan plot cerita sejarah yang menarik, sutradara yang handal dan film cast yang mengesankan, Sultan Agung adalah film yang patut kamu tonton. Saksikan film kebanggaan Indonesia ini di bioskop kesayanganmu sekarang! 


    (Image: doc. Mooryati Soedibyo Sinema)