Beauty

A-Beauty: 20 Brand Kecantikan Australia yang Patut Dicoba!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       23/8/2019
  • Produk kecantikan asal negara Eropa? Sudah pernah coba. Ragam produk skincare asal Korea Selatan? Hmm... sudah dicoba juga. Bagaimana dengan produk kecantikan lokal? Oh, tentu saja Cosmo sudah sangat familier dengan industri kecantikan Indonesia.

    Kalau kamu telah mencoba berbagai produk makeup dan skincare dari bagian-bagian dunia tersebut seperti Cosmo, mungkin sekarang adalah saatnya kamu mencoba produk kecantikan dari negara kanguru alias Australia. Yes, A-beauty is in! Mari kita lihat brand apa saja yang patut dicoba, siapa tahu bisa menjadi referensi belanja saat kamu berkunjung ke Australia (atau mungkin nitip ke teman, hehehe...).




    1. Aesop

    Pertama, Cosmo ingin memperkenalkan kamu ke salah satu merek kecantikan yang paling populer di Australia: Aesop! Brand ini menawarkan produk perawatan tubuh, kulit, dan rambut yang berbahan dasar tumbuhan dan menggunakan beberapa bahan yang telah diteliti oleh laboratorium Aesop sendiri. Merek kebanggaan Australia yang telah berdiri sejak tahun 1987 ini (wow!) juga mengutamakan desain setiap toko mereka agar para pelanggan merasa nyaman. Setelah kamu memasuki toko, akan sulit untuk keluar—feels so relaxing!

    Must-try product: Ressurection Aromatique Hand Balm, Parsley Seed Facial Cleanser, Ressurection Aromatique Hand Wash


    2. Grown Alchemist

    Yakin bahwa bahan kimia dan buatan kurang baik untuk kesehatan kulit, Grown Alchemist menghadirkan rangkaian produk perawatan kulit yang 100% organik. Kamu bisa menjaga kulit dari luar menggunakan produk-produk seperti moisturizer, toner, cleanser, masker, dan sejenisnya, tapi yang lebih menarik, Grown Alchemist juga menawarkan produk suplemen yang dapat kamu konsumsi secara rutin agar kulit terjaga dari dalam. 

    Must-try product: Lip Balm, Hydra-Repair Day Cream, Age-Repair Hand Cream


    3. MECCA

    Kalau kamu mengunjungi kota besar di Australia, kamu akan melihat setidaknya satu atau dua toko MECCA, department store kecantikan Australia. Gerai ritel ini menyediakan berbagai brand kosmetik dan skincare dari beragam negara, sebut saja Too Faced, Urban Decay, Mario Badescu, Glow Recipe, dan Sunday Riley, tapi MECCA juga menghadirkan produk kecantikannya sendiri.

    Produk kecantikan MECCA dilansir melalui dua brand dengan konsep yang berbeda: MECCA MAX (fun dan trendi) dan Mecca Cosmetica (high-end). Jadi kalau kamu akan liburan ke Australia, jangan lupa untuk mampir ke gerai MECCA untuk melihat kedua brand tersebut, ya!

    Must-try product: Mecca Cosmetica Hydra Cheek Tint and Illuminating Balm Duo, MECCA MAX Triple Threat Face Shaper Powder, MECCA MAX Game Face BB Cream SPF 30, Mecca Cosmetica Lit From Within Primer


    4. Sand&Sky

    Ingin mempopulerkan bahan tumbuhan asli asal Australia untuk perawatan kulit, Emily Hamilton dan Sarah Hamilton mendirikan Sand&Sky. Produk unggulan merek ini adalah masker wajah yang terbuat dari kaolin (tanah liat Australia), bubuk bambu, ekstrak jeruk nipis Australia, dan ekstrak tebu. Kabarnya, produk masker Sand&Sky cocok untuk tipe kulit berminyak. Menarik!

    Must-try product: Australian Pink Clay Porefining Face Mask, Flash Perfection Exfoliating Treatment


    5. Jurlique

    Kedua pendiri Jurlique, Urlike Klein dan Jurgen Klein, ingin membuat brand kecantikan yang memanfaatkan khasiat tumbuhan. Oleh karena itu, rangkaian produk yang ditawarkan Jurlique berbahan dasar herba, bunga, dan tumbuhan yang alami—bahkan Jurlique memiliki perkebunan yang dinamakan Jurlique Farm untuk mengembangkan bahan kandungan produk mereka. Psst... kalau tertarik, kamu bisa mengunjungi Jurlique Farm yang terletak di negara bagian Australia Selatan, lho!

    Must-try product: Herbal Recovery Signature Serum, Rosewater Balancing Mist, Moisture Replenishing Day Cream


    6. Australis 

    Kalau kamu berencana untuk mengunjungi Australia dan ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman, kamu bisa membeli produk Australis, salah satu merek kecantikan drugstore Australia. Harganya cukup terjangkau (kisaran Rp50.000,- hingga Rp350.000,-) sehingga kamu tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang untuk oleh-oleh, tapi kualitasnya bagus dan ragam produk yang ditawarkan terbilang lengkap. Bahkan palet contouring dan highlighting-nya berhasil meraih penghargaan, lho!

    Must-try product: Colour Clique Primer, AC On Tour Powder Contouring & Highlighting Palette, Banana Powder


    7. Frank Body

    Sedang mencari produk scrub yang berkualitas? Tidak perlu kebingungan, coba intip produk-produk yang dihadirkan oleh Frank Body! Mulai dari scrub untuk tubuh, wajah, bibir, hingga kulit kepala—bisa dibilang merek perawatan tubuh dan wajah ini adalah spesialis produk scrub, hahaha... Hampir semua produk scrub Frank Body berbahan dasar biji kopi yang telah digiling dan 100% natural. Butiran kopinya pun tidak terlalu kasar, tapi masih efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan kulit, dan menghilangkan selulit. Tertarik untuk mencoba?

    Must-try product: Original Coffee ScrubCherry Bomb Lip Scrub, Body Cream


    8. Hello Hair

    Kalau kamu memiliki rambut yang kering, merek hair care asal Australia yang satu ini patut dicoba! Hello Hair menawarkan berbagai produk masker rambut, sampo, dan conditioner yang dapat membuat rambut lebih terhidrasi dan lembut. Selain itu, brand ini juga memanfaatkan bahan-bahan alami yang ramah pada rambut dan kulit kepala.

    Must-try product: Hello Hair Hydrating Mask, Hello Hair Natural Hydrating Shampoo


    9. Go-To

    Ketika pertama kali melihat kemasan produk-produk Go-To, Cosmo langsung berkata, "Duh, menggemaskan sekali!". Nah, namun bukan hanya kemasannya saja yang menarik, girls, rangkaian produk Go-To pun memiliki klaim yang bikin penasaran. I mean, krim wajah yang mereka tawarkan diklaim mengandung amla berry (malaka) yang kandungan antioksidannya 30 kali lebih banyak dari jeruk, wow!

    Pendiri Go-To ingin membuat brand perawatan kulit yang fun, dan menilai dari pilihan kemasan yang lucu dan nama-nama produk yang cukup jenaka, sepertinya mereka telah berhasil mewujudkan impian tersebut.

    Must-try product: Lips!, Very Useful Face Cream, Properly Clean


    10. Trilogy

    Girls, apakah kamu tahu Rosehip Oil yang sedang populer di kalangan pegiat skincare Indonesia? Nah, produk tersebut berasal dari Australia, lho, lebih tepatnya diproduksi oleh merek skincare Trilogy. Brand ini fokus pada produk perawatan kulit wajah yang mengandung bahan natural dan organik, salah satunya Certified Organic Rosehip Oil yang telah menjadi favorit banyak perempuan Australia dan Selandia Baru—dan sekarang Indonesia!

    Trilogy yakin bahwa kecantikan seseorang dapat ditingkatkan melalui bahan-bahan yang tersedia di alam, apakah kamu setuju, girls? Setelah melihat beberapa ulasan produk Trilogy, sepertinya mereka benar!

    Must-try product: Certified Organic Rosehip Oil, Hydrating Mist Toner, Rosehip Transformation Cleansing Oil




    11. Swisse

    Sebenarnya, Swisse adalah merek kesehatan yang terkenal akan pilihan produk vitamin dan suplemennya, tapi merek asal Australia ini juga menawarkan beberapa produk skincare yang berkualitas. Kalau ingin merawat kecantikan dari dalam, kamu bisa mencoba pilihan suplemen Swisse yang dirancang khusus untuk memperbaiki bagian tubuh tertentu, seperti kuku, rambut, dan kulit. Namun, ada pula koleksi masker wajah yang diperkaya dengan bahan-bahan alami, serta face oil dan serum yang mengandung ekstrak buah-buahan. 

    Must-try product: Manuka Honey Detoxifying Facial Mask, Cranberry Pore Perfecting Clay Mask, Blood Orange Brightening Facial Serum


    12. KORA Organics

    Girls, apakah kamu familier dengan Miranda Kerr? Yes, supermodel asal Australia dan mantan Victoria's Secret Angel ini memiliki merek kecantikan sendiri, lho! Dinamakan KORA Organics, brand ini fokus terhadap produk skincare yang berbahan organik. Miranda ingin para perempuan dari seluruh dunia menyadari pentingnya kesehatan kulit, dan melalui KORA Organics, ia menawarkan produk yang telah dirancang khusus agar ramah pada kulit, serta menggunakan beberapa produk alami pilihan, yaitu ekstrak buah mengkudu (noni extract), rosehip oilsea buckthorn oil, dan teh hijau yang bagus untuk menjaga kondisi kulit.

    Must-try product: Body Exfoliator, Noni Glow Sleeping Pack, Noni Glow Face Balm


    13. Napoleon Perdis

    Napoleon Perdis mengawali kariernya sebagai penata rias, lalu pada tahun 1995 ia memutuskan untuk melansir merek makeup-nya sendiri untuk menghadirkan produk-produk kosmetik yang inovatif. Produk Napoleon Perdis memiliki kemasan khas yang bernuansa mewah dan praktis untuk dibawa bepergian, cocok untuk kamu yang berkarier sebagai penata rias. Selain makeup, merek kecantikan Australia ini juga menawarkan beragam produk skincare yang cukup menarik, mulai dari pembersih makeup, serum untuk wajah, hingga sunscreen dengan SPF50+.


    14. ModelCo

    Ingin tampil cantik ala supermodel papan atas? Pilihlah produk kecantikan yang dirancang oleh ahlinya! ModelCo didirikan oleh Shelley Sullivan, agen model yang telah bekerja dengan ratusan peragawati. Shelley meluncurkan ModelCo karena ia percaya bahwa semua perempuan bisa tampil cantik seperti model dengan produk yang mudah digunakan. Produk yang ditawarkan ModelCo sendiri cukup beragam, mulai dari produk makeup yang sering dibutuhkan seperti lipstik, concealer, dan maskara, hingga produk tanning instan untuk kamu yang tidak ingin terlihat pucat. 

    Must-try product: Tan Water, Lip Plumper Gloss, Luminosity Skin Highlighter


    15. Alpha-H

    Alpha-H terbentuk karena tim pendirinya ingin menghadirkan produk skincare yang ampuh agar para konsumen tidak perlu beralih ke perawatan invasif, seperti operasi revisi bekas luka. Oleh karena itu, Alpha-H menawarkan rangkaian produk yang diklaim efektif dan mampu membuahkan hasil dalam waktu singkat. Produk-produk Alpha-H memiliki konsentrasi kandungan yang tinggi, serta mengandung bahan kandungan yang seimbang—mengandung bahan kosmetik tapi juga kaya akan bahan natural. Menarik untuk dicoba, nih!

    Must-try product: Daily Essential Moisturiser SP50+, Micro Cleanse Super Scrub, Vitamin C


    16. Luma Beauty

    Sepertinya Luma cocok untuk kamu yang suka tampilan glowing. Brand kecantikan yang satu ini terkenal akan rangkaian produk higlighter-nya yang berkualitas, serta mudah untuk digunakan dan praktis dibawa bepergian—cocok untuk kamu yang ingin tampil cantik tanpa repot! Selain highlighter, produk lain Luma yang paling digemari adalah Just A Touch Lip & Cheek Tint yang dapat kamu gunakan untuk mempercantik bibir dan pipi. Multifungsi!

    Must-try product: Just A Touch Lip & Cheek Tint, Illuminating Highlighter, Bronzing Face Primer


    17. NATIO

    Lipstik? Tentu ada. Foundation, concealer, dan bedak? Ada juga. Bagaimana dengan produk perawatan tubuh, seperti sabun, scrub, sunscreen, dan sampo? Ada! Merek kecantikan Australia yang satu ini memiliki segala produk yang kamu butuhkan! Menariknya lagi, produk NATIO menggunakan bahan-bahan natural yang berasal dari tanaman, jadi kamu tidak perlu khawatir kulit akan menjadi iritasi, terutama kamu yang memiliki kulit sensitif. Walaupun menggunakan bahan yang ramah pada kulit, lini makeup Natio tetap memiliki pigmentasi dan coverage yang cukup. Bahkan lipstik dan foundation mereka termasuk produk bestseller, lho!

    Must-try product: Spa Pep-Up Body Cleanser, Pure Mineral Foundation, Naturally Nude Lip Colour


    18. Nude by Nature

    Kalau kamu ingin mencoba produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan alami, yuk, intip Nude by Nature! Merek kosmetik Australia ini hanya menggunakan bahan alami dan tidak menggunakan bahan kimia yang dapat membuat kulit iritasi. Sejak didirikan pada tahun 2008, Nude by Nature telah menghadirkan beragam produk kosmetik yang dapat digunakan untuk berbagai acara, sebut saja foundation, concealer, BB cream, lipstik, eyeshadow, loose powder, blush on, maskara, dan masih banyak lagi. Lengkap, ya!

    Must-try product: Moisture Shine Lipstick, Natural Mineral Cover Foundation, Airbrush Mineral Primer


    19. Sukin

    Sedang mencari produk skincare yang alami dan vegan? Nah, mungkin kamu akan tertarik dengan brand yang satu ini! Meet Sukin, merek skincare asal Australia yang bebas bahan kimia sintetis, ramah pada binatang (yang berarti mereka tidak menguji produk pada hewan), bebas parfum sintetis, vegan, dan aman untuk kulit sensitif. Produk yang ditawarkan Sukin sungguh beragam, mulai dari sabun wajah, toner, serum, body scrub, sampo, hingga deodoran pun ada, lho!

    Must-try product: Hydrating Mist Toner, Foaming Facial Cleanser Pump, Anti-Pollution Facial Masque


    20. Dewy&Bae


    Dewy&Bae adalah merek perawatan kulit asal Melbourne, Australia. Merek ini sebenarnya hanya memiliki satu produk, yakni Raw Glow Nourishing Face Serum, tapi popularitasnya cukup tinggi dan disukai banyak orang!

    Pendiri Dewy&Bae sempat kebingungan saat mencari produk yang ampuh untuk menghidrasi kulit yang kombinasi, kusam, dan penuh ketidaksempurnaan, seperti kemerahan dan jerawat. Sebagai solusi, mereka merancang sebuah produk yang dibuat dengan bahan-bahan alami, diantaranya minyak jojoba (jojoba oil), minyak biji anggur (grapeseed oil), dan minyak esensial bergamot. Selain itu, produk ini juga mengandung squalane yang efektif untuk melembapkan kulit dan klorofil untuk menjaga kesempurnaan kulit.

    Must-try product: Raw Glow Nourishing Facial Oil Serum


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram / Layout: Maya Rahmawati Putri)