Fashion

Yuk, Kenal Lebih Jauh Eco-Friendly Jeans dari Uniqlo

  by: Filisya Thunggawan       1/8/2019
  • Jeans pastinya jadi fashion item andalan kamu sehari-hari. Selain nyaman, jeans juga mudah untuk padu padan mulai dari gaya kasual yang effortless hingga lebih rapi saat kamu kenakan bersama blazer favorit. Nah, sebagai pecinta jeans, Cosmo diajak oleh Uniqlo Indonesia untuk berkunjung ke Jeans Innovation Center (JIC) di Los Angeles – tempat research dan development jeans untuk brand di bawah naungan grup Fast Retailing, seperti Uniqlo dan JBrand.




    Dalam trip ini, Cosmo belajar banyak mengenai proses pembuatan jeans itu sendiri. Satu yang paling mengagetkan, ialah banyaknya air yang digunakan dalam jeans-washing process yang konvensional - dari raw jeans hingga menjadi jeans yang kamu pakai sehari-hari! Banyaknya air yang terbuang, serta cara konvensional yang juga punya dampak buruk bagi kesehatan pekerjanya, membuat JIC fokus untuk mencari solusi yang lebih sustainable. Dan mereka mengembangkan mesin teknologi terkini yang berhasil mengurangi penggunaan air hingga rata-rata 90%-99%! Penasaran teknologi apa saja yang bikin Cosmo terkagum-kagum saat berkunjung langsung ke JIC?

    Laser Engraving

    Biasanya motif di jeans dibuat secara manual dengan bahan kimia, tapi dengan mesin canggih ini, motif maupun aksentuasi sobek pada jeans dibuat dengan bantuan laser. Selain itu, mesin ini bisa memproduksi jeans 6 kali lebih banyak dari sistem manual.



    Nano-bubble

    Pencucian secara tradisional menjadi proses yang paling banyak menggunakan air. Karena itu, mesin cuci dengan uap ini menjadi bagian yang paling berhasil menghemat penggunaan air hingga 99%! Dalam proses ini juga penggunaan batu apung diganti menjadi eco stone yang lebih tahan lama dan tidak menyisakan limbah.



    Waterless Ozone Cleaning

    Berikutnya, pencucian jeans akan berlanjut dengan penggunaan mesin ozon yang membantu proses bleaching jeans tanpa menggunakan air – hingga jeans sesuai warna yang diinginkan.





    Water Recycling System

    Sudah berhasil mengurangi penggunaan air, bukan berarti JIC berhenti di tahap tersebut. Air yang terpakai masih akan diolah melalui mesin water recycling sehingga air yang tadinya masuk kategori air limbah diubah menjadi air bersih yang bisa dipakai lagi dalam proses pencucian jeans. Supercool!



    Menariknya lagi, teknologi ini sudah digunakan di banyak pabrik yang memproduksi jeans Uniqlo, dan targetnya, di tahun 2020 semua jeans Uniqlo sudah menggunakan teknologi ini. Talking about adding more value to your favorite jeans!


    Cek video berikut untuk lihat perjalanan Cosmo saat berkunjung ke Jeans Innovation Center.