Beauty

Cara Merawat Kecantikan Kulit Area Mata dari Ahlinya!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       1/8/2019
  • Calling all beauty lovers! Cosmo yakin kalian gemar menggunakan produk riasan mata, benar, kan? Mungkin untuk makeup sehari-hari kamu hanya melentikkan bulu mata dengan maskara saja, atau mempertajam bentuk mata menggunakan eyeliner.

    Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa bagian sekitar mata adalah area yang sensitif, dan kamu patut merawatnya secara teliti. Nah, pada tanggal 24 Juli lalu, Cosmo sempat menghadiri perayaan anniversary keempat Lashtique yang dihadiri oleh pakar kecantikan yang berbagi tips seputar merawat area mata. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak!




    1. Pastikan produk yang kamu gunakan aman

    Mungkin kamu pernah menemukan sebuah produk yang harganya murah dan tergoda untuk membelinya⁠—tapi apakah produk tersebut aman untuk digunakan? Nah, pastikan kamu memilih produk dengan sertifikat BPOM yang telah diuji keamanannya. Ingat: kamu akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk ke dokter jika menggunakan produk yang berbahaya!




    2. Gunakan produk yang bebas alergi

    Periksa kembali bahan kandungan produk tersebut, jangan sampai mengandung bahan yang menimbulkan alergi atau iritasi! Semisal kamu memiliki kulit sensitif, hindari produk yang mengandung alkohol dan parfum. Ada pula beberapa orang yang alergi terhadap jenis essential oils dan acid (asam) tertentu, so sebaiknya kamu melakukan patch test pada leher atau bagian belakang kuping sebelum menggunakan produk tersebut.


    3. Periksa tanggal kadaluarsa produk!

    Girls, apakah kamu sudah tahu cara memeriksa tanggal kadaluarsa produk? Beberapa tanggal kadaluarsa tercantum pada botol atau kotak kemasan produk, tapi kebanyakan produk kecantikan memiliki simbol PAO alias Period After Opening.

    Simbol ini berupa gambar stoples kecil dengan nomor dan huruf 'M' yang berarti months (bulan). Jadi kalau PAO produk yang kamu miliki memiliki tulisan 6M, itu berarti produk tersebut akan kadaluarsa enam bulan setelah kemasan dibuka. Sebaiknya kamu singkirkan produk yang sudah basi agar lebih aman.






    4. Bersihkan secara rutin

    Angkat tangan kalau kamu termasuk orang yang malas membersihkan makeup sebelum tidur! Hahaha... sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini, girls, karena menggunakan makeup saat tidur tidak baik untuk kesehatan kulit—coba bayangkan saja betapa banyaknya kotoran yang menempel pada wajahmu, yuck! Dan kulitmu akan kesulitan bernapas dengan adanya lapisan makeup saat tidur.

    Terutama untuk area mata, penting untuk menghapus riasan mata sebelum tidur. Kamu tidak mau, dong, tidur dengan sisa eyeliner, eyeshadow, dan makeup lainnya, kemudian mengalami iritasi atau menemukan bintitan saat bangun? It's a big no!




    5. Berpikir dua kali sebelum mendapatkan perawatan bulu mata

    Mendapatkan treatment seperti eyelash extension atau lash lift dapat membuat bulut matamu tampak lebih lentik, tebal, dan bervolume. Namun tidak semua orang cocok dengan perawatan bulu mata, bisa jadi karena area matanya sensitif, sehingga bisa iritasi. Nah, agar lebih aman, coba konsultasi dengan ahli kecantikan terlebih dahulu. Pastikan perawatan tersebut aman untukmu, dan tanyakan juga saran untuk membersihkan area mata setelah mendapatkan extension atau lash lift.


    (Shamira Natanagara / Ed. /  Images: Candice Picard on Unsplash, GIPHY)

    tags: beauty, makeup