Love & Sex

10 Tanda Mantan Pacar Kamu Sudah Move On

  by: Kezia Calesta       1/8/2019
  • Setelah memutuskan hubungan dari seseorang, terkadang pertanyaan ini terbesit dalam pikiran kamu:

    “Apakah mantan pacar saya sudah move on dari hubungan kita?”

    Let’s be real – apakah kamu sebenarnya tidak ingin dia move on, hanya penasaran saja, atau… kamu masih memiliki perasaan untuknya? Daripada terus bertanya-tanya sendiri, Cosmo akan memberikan reality check dan membantu kamu menjawab pertanyaan tersebut. Berikut adalah 10 tanda mantan pacar kamu sudah move on.





    1. Ia sudah tidak lagi flirting

    Ketika masih berpacaran, ia sangat romantis dan memiliki panggilan sayang untukmu. Namun saat chatting dengannya akhir-akhir ini, rasanya seperti sedang melakukan transaksi bisnis yang formal! Ini menunjukkan bahwa perasaannya terhadapmu sudah mulai hilang.



    2. Ia menghapus fotomu dari media sosialnya

    Ouch. Ini artinya ia sudah siap menghapus kenangan bahagia bersamamu dan menghilangkan jejakmu dari hidupnya. Dengan kata lain, ia sudah menutup kemungkinan untuk balikan!



    3. Ia tidak menanyakan kabarmu

    Apakah kamu masih mengharapkan chat atau telepon darinya? Bila ia tidak menghubungimu sama sekali, ini tanda yang sangat jelas bahwa ia tidak menginginkanmu di kehidupannya lagi. Maka dari itu, sebaiknya hargai keputusannya dan jangan mengejar si dia… tindakan tersebut hanya akan membuatnya semakin ilfil.



    4. Kamu tidak bisa mengakses akun media sosialnya

    Blocked much? Ini juga merupakan salah satu tanda awal bahwa mantan pacarmu sudah ingin move on. Setelah menghapus foto-foto bersamamu, ia sudah tidak ingin melihat update tentang kehidupanmu via media sosial, dan ia pun menutup akses digital kamu ke kehidupannya.



    5. Ia menghindari kamu

    Bila kamu tinggal di kota yang sama, ada kemungkinan kamu dapat berpapasan dengan si dia di tempat hangout favoritnya. Namun bila kamu sering mengunjungi mal, kafe, atau bar langganannya tanpa melihat si dia, guess what that means? Mantanmu sedang menghindari tempat-tempat tersebut agar ia tidak bertemu denganmu. So, bila kamu tidak ingin bertemu dengannya juga, saatnya mencari tempat nongkrong baru!





    6. Ia dekat dengan wanita lain

    OMG, temanmu mengabarkan bahwa ia baru saja mengunggah sebuah video mesra bersama seorang wanita baru di Instagram Stories-nya. What does this mean?! Mungkin ia sedang mencari pelarian, atau mungkin ia ingin membuktikan bahwa ia bisa menemukan seseorang yang baru dengan cepat. Apapun alasannya, ia sedang menyatakan bahwa ia sedang mencoba (atau sudah) move on darimu. Take the classy route: tidak perlu berkomentar atau menunjukkan kecemburuanmu. It’s for the best.



    7. Ia tidak menjawab chat atau teleponmu

    Pernah mengirim chat atau meneleponnya secara impulsif… dan ia baru membalas dengan singkat setelah 12 jam atau beberapa hari? Atau jangan-jangan, kamu tidak mendapat jawaban sama sekali? Look, it’s time to stop. Ia tidak ingin diganggu olehmu!



    8. Ia meminta kamu untuk move on

    Ok, this is obvious! Bila kamu masih menyimpan harapan namun ia meminta kamu untuk move on, inilah waktu yang tepat untuk menghargai keinginannya meskipun kamu tidak merasakan hal yang sama. Secara tidak langsung, ia sedang memberitahu kamu bahwa ia sendiri sudah move on. 



    9. Pasangan barunya tidak sepertimu

    Tidak menemukan persamaan di antara dirimu sendiri dengan pacar barunya? Kamu tidak menemukan kemiripan dengannya – mulai dari wajah, gaya berpakaian, pekerjaan, ataupun latar belakang. Why? Sorry to say, namun ia memilih pacar baru yang sangat berbeda karena ia tidak ingin jadian dengan seseorang yang membuatnya mengingatmu.



    10. Ia tampak bahagia tanpamu

    Apakah kamu sempat bertemu dengannya setelah putus… atau sempat menggunakan fake account untuk cyberstalking? Seperti apa raut wajah dan auranya? Bila ia tampak lebih berseri dan bahagia dari sebelumnya, itu artinya ia telah berpindah hati dan kini hidupnya lebih baik tanpa keberadaanmu. Girl, it’s time for you to move on with your life too. Berikut adalah 7 cara move on dengan sehat tanpa menjadi obsesif.



    (Kezia Calesta / Image: doc. Bruno van der Kraan / unsplash.com)