Beauty

Rekomendasi Produk Calendula untuk 7 Tipe Kulit yang Berbeda

  by: Shamira Priyanka Natanagara       2/8/2019
  • Kini, tidak sedikit produk perawatn kulit meggunakan bunga calendula sebagai bahan kandungan, dan wajar saja, karena manfaatnya sungguh beragam! Mulai dari mencegah penuaan dini, menenangkan kulit yang meradang, menyembuhkan jerawat, hingga melembapkan kulit, calendula bisa mengatasi berbagai masalah yang dialami tipe kulit yang berbeda. Kalau ingin tahu produk calendula mana yang tepat untuk jenis kulitmu, yuk, simak!


    1. Kulit Normal

    Kulit berjenis normal memiliki kondisi yang seimbang: tidak kering, cukup lembap, dan tidak memproduksi terlalu banyak minyak. Kedengarannya seperti tipe kulit yang ideal, kan? Nah, walaupun begitu, kulit normal pun patut dirawat agar kondisinya tetap optimal. Kamu yang memiliki kulit normal sebenarnya bisa mencoba produk calendula yang mana saja, tapi Cosmo sarankan untuk menggunakan Calendula Serum Infused Water Cream dari Kiehl's untuk meremajakan kulit dan menghindari penuaan dini pada kulit.



    Where to buy? Gerai Kiehl's Indonesia terdekat

    Harga: Rp680.000,-.


    2. Kulit Kering


    Agar kulitmu aman dari sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya, girls! Bagi kamu yang memiliki kulit kering, gunakan Aqua Sun Cream dari brand Korea Mamonde. Produk ini memiliki moisture splash texture yang berfungsi untuk mengunci kelembapan dan terasa lembut pada kulit. Plus, sunscreen ini memiliki SPF50+ dan PA++++, serta menggunakan teknologi Calendula Complex™, sebuah kombinasi esktrak bunga calendula dan centella asiatica yang efektif untuk melembapkan dan menenangkan kulit iritasi. 

    Where to buy? Shopee

    Harga: Rp200.000,-.


    3. Kulit Kombinasi

    Kulitmu berminyak pada bagian T-zone tapi kering atau normal pada area lainnya? Nah, itu berarti kamu memiliki kulit tipe kombinasi. Agar kulit wajahmu tidak terlalu kering dan tidak berminyak, gunakan Real Calendula Floral Toner dari Nacific. Toner wajah ini mampu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati, membersihkan pori-pori, serta melembapkan kulit. Menariknya lagi, produk ini mengandung kelopak bunga calendula asli, lho!

    Where to buy? Althea Korea Indonesia

    Harga: Rp213.000,-.


    4. Kulit Berminyak

    Eits, siapa bilang kulit berminyak tidak butuh pelembap? Justru kulit yang dehidrasi dapat memproduksi minyak berlebih, lho! Agar hal tersebut tidak terjadi, Cosmo sarankan untuk menggunakan pelembap wajah yang bertekstur ringan, seperti Protective Face Moisturiser dari Olive Natural Skincare.

    Produk ini memiliki SPF15 untuk menjaga kulit dari sinar matahari, serta formulanya yang tidak berminyak bagus untuk menyeimbangkan kelembapan kulit wajahmu. Pelembap ini mengandung ekstrak calendula yang bisa mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga minyak dan sel kulit mati tidak terus menumpuk, dan pori-pori tidak tersumbat. 

    Where to buy? Sephora Indonesia

    Harga: Rp460.000,-.




    5. Kulit Sensitif

    Dengan kandungan beragam bahan alami, diantaranya ginseng, ekstrak anggrek, dan ekstrak bunga calendula, Dynasty Cream dari merek Korea Beauty of Joseon cocok untuk kamu yang memiliki sensitif. Teksturnya pun lembut dan formulanya efektif untuk melembapkan kulit. Plus, krim wajah ini juga bagus untuk mencerahkan kulit, jadi wajahmu tidak akan tampak kusam. 

    Where to buy? Althea Korea Indonesia

    Harga: Rp290.000,-.


    6. Kulit Berjerawat

    Untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, merek lokal Skin Dewi menawarkan produk Calendula Soothing Gel, pelembap bertekstur ringan yang mudah diserap kulit. Selain efektif untuk menghidrasi kulit wajah, Calendula Soothing Gel ramah pada kulit berjerawat berkat kandungan ekstrak calendula yang mampu menenangkan kulit meradang dan tidak menyebabkan iritasi.

    Where to buy? Sociolla

    Harga: Rp540.000,-.


    7. Kulit Menua

    Selain mengandung ekstrak calendula yang mampu menjaga kulit dari penuaan dini, VineActiv Smooth EyeCream dari Caudalie juga diperkaya dengan vitamin C yang bagus untuk mencerahkan kulit, serta ekstrak biji anggur yang berfungsi sebagai antioksidan. Bagi kamu yang sudah berusia akhir 20-an atau awal 30-an, mulai gunakan krim mata ini agar area sekitar matamu tetap lembut, lembap, dan bebas dari garis halus!

    Where to buy? Sephora Indonesia

    Harga: Rp565.000,-.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram / Layout: Maya Rahmawati Putri)