Beauty

Tren Warna Rambut 2019 dan Cara Merawatnya, Mau Tahu?

  by: Shamira Priyanka Natanagara       3/8/2019
  • Tertarik untuk mencoba warna rambut baru? Atau kamu sudah memiliki rambut berwarna, tapi butuh tips untuk merawatnya? Pada hari Selasa, 30 Juli kemarin, Cosmo berkesempatan untuk menghadiri acara peluncuran koleksi MAJI Fashion oleh L'Oreal Professionel. Acara ini dihadiri oleh Min Kim, ahli pewarna rambut seleb (celebrity colourist) dari Amerika Serikat. Min Kim berbagi informasi seputar tren warna rambut yang sedang hits di Asia, serta cara merawat rambut berwarna agar tetap lembut dan tidak kering. Hmm... penasaran, girls? Simak!





    Apakah tren warna rambut 2019?

    "In 2019, cool and ashy colours are in," kata Min Kim. Sekarang, warna rambut yang cool-toned seperti lavender, hijau olive, abu-abu, dan ash brown diminati banyak orang, terutama perempuan Asia. Tren warna rambut cool dan ashy sendiri berasal dari Korea Selatan dan Cina, di mana kebanyakan artis lokal memiliki warna rambut yang berpantulan dingin. Berdasarkan hasil penelitian oleh L'Oreal Professionel, pencarian dengan kata kunci 'Balayage Ash Brown' naik hingga 120% dan 'Ash Grey Hair' naik hingga 60% selama setahun terakhir di Indonesia. 



    Bagaimana dengan tren warna rambut 2020?

    Menurut Min Kim, tren warna rambut tahun depan akan menjadi kebalikan tren tahun ini. "Secara global, warna rambut hangat (warm) sudah mulai in," jelasnya. "Di kota New York, warna netral dan warm sudah mulai digunakan banyak perempuan." Selain itu, Min Kim juga menambahkan bahwa warna dingin lebih sulit untuk dirawat dibandingkan warna hangat, jadi beberapa orang sudah mulai membuat perhitungan bujet dan transisi ke warna netral yang lebih ramah dompet. "Namun untuk sekarang, terutama di Asia, rambut cool dan ashy sedang ngetren." 





    Bagaimana cara memilih warna rambut yang tepat?

    "Untuk kulit sawo matang, tergantung dengan undertone kulit yang kamu punya. Apakah kamu memiliki undertone pink atau olive?" kata Min Kim. Selain warna undertone, Min Kin juga menyarankan untuk mempertimbangkan gaya makeup yang biasanya kamu kenakan juga. Kalau khawatir wajahmu akan tampak terlalu pucat karena warna tertentu, kamu bisa menambah sedikit warna menggunakan makeup. Lazuardi Indra Gunadarma, Manajer Senior Pendidikan L'Oreal Professionel, menyarankan para perempuan untuk konsultasi dengan colourist rambut agar lebih yakin. 



    Apa saja tips untuk merawat rambut berwarna?

    "I love hair masks," kata Min Kim. Salah satu saran yang ia berikan adalah untuk rajin menggunakan masker rambut agar rambut tidak kering dan tetap lembut. Plus, perawatan rambut yang Min Kim sukai adalah Smartbond Step 3 Conditioner dari L'Oreal Professionel yang bisa kamu gunakan di rumah. Produk tersebut diklaim mampu memperkuat rambut, serta mempertahankan kilau rambut. "Tanyakan penata rambutmu produk mana yang paling cocok dengan kondisi rambutmu."


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram / Layout: Maya Rahmawati Putri)