Beauty

Cara Merawat Produk Kosmetik Tetap Higienis

  by: Kissy Aprilia       3/8/2019
  • Seberapa yakin kamu akan kebersihkan produk kosmetik yang kamu miliki? Well, mungkin kamu tidak pernah meninggalkan tutupnya dalam keadaan terbuka, mengganti sesuai waktu kadalurasa, atau bahkan selalu memastikannya terbebas dari debu. Faktanya, ketika kamu membuka kemasannya saja, kotoran dan bakteri yang telah terkontaminasi dengan udara di sekitar bisa ikut menempel di dalam produk. Oh, no!


    Kapan kosmetik harus dibersihkan?

    Selain mengikuti tren dan—tentunya—menyesuaikan gaya makeup dengan karakter dan kulitmu, membersihkan produk kosmetik adalah hal esensial yang harus dilakukan secara rutin. Hal ini idealnya diterapkan setiap minggu, khususnya jika kamu baru saja pulang berlibur atau sakit. Cosmo juga tidak ingin membuatmu terkesan pelit, tapi membiarkan orang lain menggunakan koleksi kosmetikmu juga berisiko menularkan kotoran dan bakteri. So, girls.. usai melakukan hal-hal itu, ada baiknya kamu membersihkan produk kosmetik. 





    Bagaimana cara menjaga kosmetik tetap higienis?

    Salah satu cara simpel yang bisa kamu lakukan agar produk kosmetik tetap higienis adalah tidak bertukar dengan orang lain. Hal ini juga berlaku untuk peralatan aplikator seperti kuas dan sponge, ya! Lalu, kamu juga harus selalu mencuci tangan sebelum menggunakan kosmetik serta menyingkirkannya sesuai waktu kadaluarsa. Ingat! Higienis bukan berarti menambah usia produk. Jadi, jika sudah melewati batas waktu kadaluarsa, segera singkirkan dan ganti yang baru.


    Bagaimana caranya agar kembali higienis?

    Kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan alkohol isopropil 70 persen, namun hanya berlaku untuk peralatan aplikator (seperti kuas dan sponge). Jangan terapkan proses ini untuk membersihkan produk kosmetik, karena dapat merusak formulanya, dan lakukan tips berikut ini:



    Lipstik  

    Semprotkan alkohol pada bagian lipstik yang paling sering terekspos dan menyentuh kulit, lalu hapus dengan tisu bersih. Kamu juga bisa melakukan cara ini untuk membersihkan eyeliner, lip liner, dan bagian leher botol foundation. Setelah itu, tunggu 24 jam terlebih dulu sebelum menggunakannya kembali. 




    Liquid/Cream Tubs

    Cara menjaga produk kosmetik yang ada di dalam kemasan jar, seperti moisturizer atau eyecream, adalah dengan tidak memasukan jari ke dalamnya. Gunakan aplikator khusus dan bersihkan secara rutin dengan menggnakan alkohol seperti cara di atas. 



    Bedak

    Jika kamu juga merasa ragu dengan kebersihan bedak, cukup lap bagian atasnya, semprotkan dengan alkohol, lalu diamkan hingga kering.


    Maskara

    Merasa produk maskaramu sudah kotor? Well, tidak ada cara lain untuk membuatnya kembali higienis, kecuali mengganti dengan yang baru. Bukan bermaksud untuk mengajarkanmu konsumtif, tetap ini adalah cara terbaik untuk menghindari risiko penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri yang menggumpal di dalam tabung. Tidak mau, ‘kan?


    (Kissy Aprilia, images: Photo by Free Creative Stuff from Pexels)