Lifestyle

8 Grup Musik Pop Thailand yang Menarik untuk Diketahui

  by: Shamira Priyanka Natanagara       4/8/2019
  • Kalau kamu sedang bosan dengan lagu pop Barat, Korea, atau Jepang dan tertarik untuk menjelajah dunia musik dari negara lain, sepertinya kamu perlu coba mendengar lagu pop asal Thailand. Yup, bukan hanya film Thailand saja yang patut ditonton, dunia musik Thailand pun dipenuhi oleh berbagai grup musik pop yang menarik. Yuk, simak rekomendasi Cosmo berikut ini!


    1. Evo Nine



    Beranggotakan tujuh laki-laki bertalenta, Best, Andrew, Feem, Roodtank, Nick, Wang, dan Gun, Evo Nine adalah boy group Thailand yang debut pada tahun 2013. Nama grup mereka adalah gabungan dari kata 'evolution' (evolusi) dan 'nine', yang pelafalannya sama dengan kata Thailand 'nai' yang berarti tuan. Lagu-lagu Evo Nine bernuansa dance pop, bisa dibilang mirip dengan lagu-lagu K-pop generasi kedua (ingat gaya musik Beast dan MBLAQ era 2010?). Namun sayangnya, grup ini tidak bertahan lama—mereka bubar setelah dua tahun berkarir.

    Rekomendasi lagu: Make You Dance, Batman, The Other (feat. Candy Mafia)


    2. Neko Jump


    Kalau kamu suka tipe lagu pop yang asyik untuk menari, coba dengarkan lagu-lagu Neko Jump! Duo pop ini beranggotakan sepasang perempuan kembar, Noey dan Jam, dan mereka berdua terbilang berprestasi dalam bidang musik dan tari. Noey pernah memenangkan posisi pertama di ajang Disney Singing Contest, dan lucunya, Jam meraih posisi kedua! Jam sendiri pernah meraih peringkat pertama dalam kontes Royal Trophy Singing Contest, di mana lagu yang ia bawakan dibuat oleh Raja Thailand pada saat itu.

    Mereka berdua pun akhirnya menjadi duo Neko Jump karena berhasil menjadi semi finalis kontes menyanyi KPN Award, yang berhadiahkan kontrak dengan label musik Thailand Kamikaze.

    Rekomendasi lagu: My Bodyguard, Pu, Mai Ruk Chum Dai


    3. BNK48


    Girls, apakah kamu familier dengan idol group Jepang AKB48? Atau mungkin kamu lebih mengenal sister group cabang Indonesia JKT48? Nah, selain JKT48, AKB48 juga memiliki sister group di Thailand yang bernama BNK48. Idol group ini adalah sister group ketiga AKB48, dan sama seperti 48group lainnya, mereka memiliki banyak sekali anggota—sekarang sudah ada lebih dari 50! Walaupun baru debut pada tahun 2017, BNK48 sudah memiliki dua album dan enam album single.

    Popularitas mereka di Thailand pun sungguh luar biasa. Grup ini telah memiliki beberapa kontrak endorsement, salah satunya dengan Grab, dan kapten BNK48 Cherprang telah membintangi film Homestay yang dirilis pada tahun 2018. Video klip mereka juga tidak kalah menarik dari AKB48 dan sister group lainnya, bahkan video klip untuk single terbaru mereka, Jabaja, yang dirilis pada awal Juli kemarin telah mencapai 4 juta views di YouTube. Amazing!

    Rekomendasi lagu: Jabaja, Kimi no Koto ga Suki Dakara, Shonichi


    4. K-Otic


    K-Otic adalah boy group Thailand yang terdiri dari lima personil: dua personil Thailand, dua personil Thailand-Jepang, dan satu personil asal Korea Selatan. Sama seperti Neko Jump, K-Otic juga berada di bawah naungan label Kamikaze, dan mereka debut pada tahun 2007, satu tahun setelah Neko Jump. Salah satu hal yang membuat grup ini menarik adalah lagu-lagunya yang tidak hanya berbahasa Thailand, tapi beberapa bait juga dibawakan dengan bahasa Jepang, Korea, dan Inggris. Wow! 

    Rekomendasi lagu: Leave Him, Rai Dieng Sa, Secret




    5. Nine by Nine


    Dari namanya sudah bisa ditebak kalau (Nine by Nine atau 9x9) memiliki sembilan anggota. Boy group ini adalah sebuah proyek kolaborasi tiga perusahaan, yakni 4nologue, Nadao Bangkok, dan MBO. Layaknya grup hasil Produce 101 seperti I.O.I dan Wanna One, Nine by Nine adalah grup temporer yang masa kontraknya tidak lama, lebih tepatnya hanya setahun. Grup ini baru saja bubar pada Maret 2019 kemarin dan mereka sempat mengucapkan selamat tinggal kepada para fans melalui konser 9x9 THE FINAL CONCERT : EN[D] ROUTE. Aww...

    Rekomendasi lagu: Night Light, Hypnotize, The Lucky One


    6. MilkShake


    Kalau kamu adalah penggemar girl group yang berkonsep girl crush atau edgy seperti 4minute dan (G)I-dle, mungkin kamu akan menyukai grup yang satu ini! Beranggotakan lima personil, NeNe', Bam Bam, Taton, Kwanjai, dan Ginnii, MilkShake berada di bawah naungan label musik HALO Society dan bertahan selama satu tahun.

    Rekomendasi lagu: Share, Joh


    7. SoundCream

    Suka lagu pop bernuansa santai dan imut? Atau mungkin kamu lebih menyukai lagu pop yang upbeat? Tidak perlu kebingungan memilih, karena SoundCream kedua tipe lagu tersebut! Girl group Thailand ini terdiri dari tiga perempuan yang cantik dan memiliki kemampuan bernyanyi yang tidak kalah bagus dari grup musik pop lainnya. Menarik!

    Rekomendasi lagu: Yahk Hai Roo Wah Ruk Tur, OH OH, Long Jeeb Doo Gaun Gaw Dai


    8. Sugar Eyes

    Kalau Spice Girls memiliki lima personil dengan kepribadian Baby, Scary, Sporty, Posh, dan Ginger, anggota Sugar Eyes terdiri dari karakter Sweety, Smarty, Stylish, Sporty, dan Street Chic. Sebelum bergabung dalam Sugar Eyes, masing-masing personil girl group ini memiliki pencapaian yang beragam di industri entertainment Thailand. Ada yang pernah menjadi model iklan Coca Cola dan McDonald's, mengikuti audisi JYP Entertainment pada tahun 2007, memenangkan beragam kontes menyanyi, dan sebagainya. So talented!

    Rekomendasi lagu: Dai Klaichit, Sugar Eyes, Fall In Love


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram)

    tags: thailand