Beauty

Tips Awet Muda dari Dokter Kulit Selebriti Hollywood

  by: Kissy Aprilia       5/8/2019
  • Pernah merasa iri saat melihat penampilan selebriti Hollywood yang (mayoritas) tampak lebih muda dari usia sebenarnya? Okay, kamu sedang membaca artikel yang tepat. Cosmo merangkum tips perawatan kulit dari para dokter kulit a.k.a ahli dermatologi yang menangani mereka secara langsung. Read and learn!


    1. Belajar Menyanyangi Kulit Saat Tidur

    via GIPHY



    Nurse Jamie, ahli dermatologi langganan Khloe Kardashian dan Jessica Alba, mengatakan bahwa ada tiga faktor utama yang menyebabkan penuaan prematur, yaitu: sinar UV, merokok, dan tidur dalam keadaan miring (not kidding). Tekanan yang terjadi pada kulit wajah selama tidur dapat menjadi kerutan permanen, terlebih jika bahan sarung bantal yang kamu gunakan tidak tepat. Nurse Jamie merekomendasikan kamu untuk menggunakan sarung bantal berbahan bahan satin yang halus, agar membantu kamu tetap nyaman tidur menghadap ke atas. 


    2. Proteksi Kulit dari Sinar UV

    Melihat penampilan Naomi Watts, kamu pasti tidak percaya kalau ia sudah berusia 50 tahun. Tahukah kamu apa saran utama dari ahli dermatologinya? Selalu gunakan sunblock agar kulit terlindungi dari sinar UV. Dokter David Colbert mengatakan bahwa alasannya bukan hanya mengurangi risiko kanker kulit, namun juga masalah penuaan seperti kerut, garis halus, dan flek hitam. Saat membeli produk sunblock, pastikan di dalamnya terdapat kandungan PA++ yang berfungsi menjaga kulit tetap cerah dan terhindar dari penuaan. 


    3. Don’t Over Exfoliating

    Apakah kamu selalu melakukan eksfoliasi? Nurse Jamie ingin mengingatkanmu bahwa terlalu sering melakukan eksfoliasi dapat membuat lapisan kulit menjadi rusak. Jika hal ini terjadi, maka residu negatif seperti racun, sinar UV, dan polusi lebih mudah menempel ke lapisan epidermsi, lalu menyebabkan penuaan prematur. Oh, no!




    4. Jangan Mudah Tergiur Produk Baru

    Cosmo tahu betul rasanya ketika melihat para influencer mempromosikan produk skincare dan mengatakan bahwa itu benar-benar bagus. Ingin membeli dan mencobanya, ‘kan? Namun ahli dermatologi asal London, dokter Sam Bunting, menyarankan untuk tidak melakukannya, apalagi untuk skincare anti-aging. Produk tersebut memiliki bahan-bahan aktif tinggi yang dapat membuat pori-pori tertutup. Jika kulitmu tidak bersih maksimal, maka kotoran yang mengendap di dalamnya dapat menyebabkan iritasi dan jerawat. 


    5. Self-Acceptance! 

    Penasaran kenapa Beyonce selalu terlihat menakjubkan? Selain melakukan perawatan kulit (yang mewah tentunya), Dr. Harold Lancer, M.D. F.A.A.D selaku ahli dermatologinya, mengungkapkan bahwa salah satu langkah menjaga penampilan tetap awet muda adalah menjaga kesehatan mental. Meski usiamu menua, penampilanmu tetap akan awet muda dan energi itu memberikan aura positif di mana pun. So from now, start to practicing self-confidence! Jika masih berusia di bawah 25 tahun, Dr. Lancer tidak menyarankanmu untuk melakukan perawatan kulit yang terlalu agresif, “just be confidenct, full of life and passion, and the rest will follow.” 


    (Kissy Aprilia, images: Spencer Davis/Unsplash)