Better You

8 Idola K-pop yang Pernah Menjadi Korban Body Shaming

  by: Shamira Priyanka Natanagara       7/8/2019
  • Sepertinya semua orang, penggemar atau bukan, tahu kalau kehidupan idola K-pop tidak seglamor seperti kelihatannya. Terutama untuk para perempuan, standar kecantikan untuk idol perempuan di Korea Selatan bisa dibilang kurang realistis—tubuh harus langsing, wajah tirus, kaki jenjang, dan warna kulit terang pun lebih disukai oleh publik, dan idola yang penampilannya tidak sesuai dengan standar tersebut kerap menjadi korban body shaming.

    Standar ini memaksa idola perempuan (dan agensi entertainment) untuk melakukan beragam upaya agar penampilan mereka sesuai dengan ekspektasi publik, dan sayangnya, banyak sekali idol perempuan mengalami pengalaman buruk demi mengubah penampilan mereka. Ingin tahu cerita idola K-pop yang kerap menjadi korban body shaming? Mari kita simak, siapa tahu bisa menjadi sebuah pelajaran!




    1. Ailee

    Penyanyi solo Ailee seringkali dijuluki 'Korean Beyoncé' (Beyoncé Korea) berkat suaranya yang indah, bakat menarinya, dan kepribadiannya yang percaya diri layaknya seorang diva—dan Cosmo rasa Ailee pantas disebut diva! Walaupun ia adalah salah satu penyanyi paling bertalenta di dunia musik Korea, bakatnya seringkali diabaikan dan kebanyakan orang lebih fokus terhadap bentuk tubuhnya, mengutarakan komentar kurang penting seperti, "Pahanya terlalu besar" atau "Duh, tubuhnya gemuk sekali untuk seorang artis".

    Yes, Ailee bisa dibilang lebih tembam dibandingkan idola K-pop yang rata-rata memiliki wajah tirus, serta kakinya tidak jenjang dan langsing seperti yang diharapkan oleh banyak orang, tapi bukankah seorang penyanyi sepatutnya dinilai berdasarkan keterampilan vokal dan personanya?


    2. Jihyo TWICE

    Ketika ia mengikuti acara kompetisi Sixteen hingga era debut TWICE, tidak sedikit orang mengkritik Jihyo karena memiliki badan curvy dan berwajah bulat. Dan sayangnya, tampaknya Jihyo (atau mungkin agensinya, JYP Entertainment) sadar akan komentar-komentar tersebut dan terpengaruh secara negatif. Setelah TWICE debut, para fans memperhatikan bahwa berat badan Jihyo turun secara drastis. Hmm... Cosmo harap Jihyo tetap sehat!


    3. Umji GFriend

    Girls, apakah kamu familier dengan girl group GFriend? Salah satu personil grup ini, Umji, kerap menjadi sasaran netizen Korea. Alasannya? Banyak orang menganggap penampilan Umji tidak sesuai dengan standar kecantikan idola K-pop: pipinya tembam dan tubuhnya tidak langsing. Kabarnya, maknae alias anggota paling muda GFriend ini sampai melakukan diet selama setahun untuk mengurangi lemak. Sejujurnya, Cosmo rasa netizen Korea terlalu keras terhadap Umji. I mean, Umji baru berusia 17 tahun saat ia debut, dan meskipun ia sudah lebih dewasa sekarang, body shaming is not cool at all!


    4. Kyla Eks PRISTIN

    Mantan anggota PRISTIN, Kyla, sering dikomentari netizen Korea karena tubuhnya yang terbilang plus-sized di industri K-pop. Sebenarnya, tidak sedikit orang menganggap Kyla sebagai sosok yang menginspirasi, karena ia percaya diri dan membuktikan bahwa ukuran tubuhmu tidak masalah—tidak perlu kurus untuk menjadi idola K-pop, asal kamu berbakat dan percaya diri! Namun sayangnya, komentar-komentar mengenai tubuhnya membuat Kyla kehilangan rasa percaya diri, sehingga ia memutuskan untuk rehat demi kesehatan mentalnya.

    Kyla tidak pernah kembali ke PRISTIN, dan grup naungan Pledis Entertainment tersebut resmi bubar pada akhir Mei kemarin. Sekarang, Kyla tinggal di Amerika Serikat, negara asalnya, dan ia cukup aktif di Instagram.


    5. Wendy Red Velvet

    Cosmo yakin kamu yang mengikuti grup K-pop generasi ketiga mengenal Red Velvet. Nah, apakah kamu familier dengan vokalis utamanya, Wendy? Perempuan kelahiran 1994 ini memiliki tipe tubuh yang cepat menggemuk, dan memang tubuhnya seperti itu—tidak salah, kan? Namun tentunya, karena ia adalah seorang idola K-pop, tubuh Wendy yang chubby seringkali dikomentari, padahal ia memiliki teknik vokal yang luar biasa. Ia sampai memilih untuk melakukan diet ketat, dan manajer Red Velvet pun cukup tegas dengan Wendy soal makanan yang ia konsumsi.



    Dalam acara JTBC Abnormal Summit, Wendy mengatakan bahwa orang tuanya pernah memberi saran, "Orang tua saya memberitahu saya untuk makan apa saja yang saya mau dan nikmati saja hidup. Kamu hanya diberi satu kehidupan." Yes, Cosmo setuju!


    6. Yuri Girls' Generation

    Girls' Generation (SNSD) dikenal sebagai girl group yang memiliki tubuh langsing dan kaki jenjang. Apakah kamu ingat koreografi untuk lagu mereka yang berjudul Genie? Semua anggota SNSD tampak cantik dan langsing, membuat banyak sekali orang terkagum-kagum dengan tubuh mereka. Meskipun begitu, ada satu personil SNSD yang kerap menjadi korban body shaming, yaitu Yuri. Sungguh membuatmu bingung, kan?

    Yuri adalah penari yang luar biasa dan tingkah lakunya yang unik sungguh menghibur, tapi tidak sedikit netizen Korea merasa Yuri tidak sekurus anggota SNSD lainnya, dan juga memiliki tipe tubuh yang cenderung mudah menggemuk, tidak seperti YoonA atau Sooyoung tetap kurus walaupun porsi makanannya banyak. Well, Cosmo rasa tidak masalah jika tubuhnya lebih curvy dibanding personil SNSD yang lain, she's still amazing!


    7. Mina Gugudan

    Personil grup Gugudan dan mantan personil I.O.I Mina sempat dikritik karena tembam dan memiliki wajah yang bulat saat ia mengikuti musim pertama Produce 101. Perempuan yang menggemaskan ini sampai menurunkan berat badan sebanyak 13kg, membuatnya terlihat agak berbeda saat debut di Gugudan. Mina sempat mengungkapkan rahasia dietnya, "Saya diet dengan hanya mengonsumsi rumput laut panggang.". Ia pun tidak menambahkan saus saat makan salad. 

    Saran dari Cosmo: kamu boleh melakukan diet, tapi perlu diingat kalau tujuan utama diet adalah untuk menyeimbangkan asupan nutrisi, bukan untuk mengurangi berat badan. Jangan sampai kamu sakit atau kekurangan nutrisi hanya karena melakukan diet yang salah, girls! Daripada diet, bukankah lebih baik untuk belajar mencintai tubuhmu dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama?


    8. Eunji APink

    Pada awal masa debutnya, tubuh Eunji yang terbilang chubby sempat dikritik banyak orang. Vokalis utama APink ini sampai memutuskan untuk melakukan diet, tapi sayangnya pengetahuan Eunji mengenai diet dan kesehatan pada saat itu masih minim.

    Dalam acara Life Bar, Eunji mengakui kesalahannya, "Saya mendapat informasi yang salah dan mencoba menurunkan berat badan secara cepat.". Karena keinginannya untuk menjadi lebih kurus, Eunji mengonsumsi obat pelangsing yang membuatnya kehilangan nafsu makan, dan karena ia ingin berat badannya turun secara cepat, Eunji mengonsumsi obat lebih dari dosis yang ditentukan. "Saya tidak bisa menyanyi selama berbulan-bulan. Saya akhirnya mengalami depresi berat." Duh, semoga sekarang kondisi Eunji sudah membaik!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram / Layout: Maya Rahmawati Putri)