Lifestyle

Ternyata, Ada Pantai Flamingo yang Bisa Kamu Kunjungi!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       8/8/2019
  • Girls, apakah kamu pernah mendengar flamingo beach? Yup, ternyata ada pantai yang dipenuhi burung flamingo, lebih tepatnya di Aruba. Kedengarannya menarik, kan? Burung flamingo yang ada di pantai tersebut berkeliaran di sekitar garis pantai, jadi kamu bisa melihatnya secara langsung dan dari dekat.

    Kalau kamu tertarik, berikut adalah informasi lebih lanjut seputar lokasi, bagaimana cara mengunjungi pantai flamingo, dan hal-hal yang dapat kamu lakukan di sana.





    Di mana lokasi pantai flamingo?

    Pantai flamingo berlokasi di sebuah pulau kecil yang tak jauh dari pesisir Aruba, salah satu Antilles Kecil yang terletak di bagian selatan Laut Karibia. Panjangnya sekitar 30,5km dan sekitar 24km dari pesisir Venezuela⁠—membuat daratan pulau tersebut terkadang tampak cukup jelas.



    Pulau ini bernama Pulau Renaissance (Renaissance Island), dan sebenarnya dimiliki oleh Renaissance Aruba Resort, jadi kalau kamu benar-benar ingin melihat flamingo, waktunya untuk memesan kamar di resor tersebut! Renaissance Aruba Resort memiliki 556 kamar tamu, serta sebuah kasino dan tiga bar pantai, satu spa, klub kebugaran, dan fasilitas lainnya. Namun siapa yang membutuhkan semua itu kalau bisa melihat flamingo di pantai? Hehehe...



    Pantai khusus dewasa ini juga bisa diakses oleh orang-orang yang bukan tamu resor, tapi ada biaya masuk sebesar £100 (sekitar Rp1.725.000,-.). Hanya ada 30 tiket yang tersedia per hari, dan jika kebagian tiket, kamu bisa mengakses pantai flamingo melalui resor. Oh ya, tiket bisa dipesan secara online dari jam tujuh pagi, tapi baru bisa digunakan untuk keesokan harinya, jadi kamu harus cepat!




    Bagaimana cara mengunjungi pantai flamingo?

    Bandara terdekat dari Pulau Renaissance berada di Oranjestad, ibu kota Aruba. Nah, dari kota tersebut, Renaissance Aruba Resort menyediakan transportasi ke Pulau Renaissance—dan yang paling penting, pantai flamingo—setiap 15 menit, jadi para tamu dapat mengakses pantai tersebut tanpa ribet.

    Butuh waktu sekitar delapan menit untuk sampai ke Pulau Renaissance menggunakan taksi air, tapi kamu harus menjadi tamu resor atau memiliki tiket masuk untuk boleh menggunakan taksi tersebut. Sayangnya, kunjungan yang tidak direncanakan tidak diizinkan. 



    Apakah flamingo yang berkeliaran ramah?

    Menurut banyak laporan, burung flamingo yang berkeliaran di pinggiran pantai Pulau Renaissance relatif ramah pada manusia, dan tidak akan kabur kalau diajak foto bersama. Bahkan ada vending machine (mesin penjual otomatis) yang menyediakan makanan untuk para flamingo. Aww!



    Apakah ada hal lain yang perlu diketahui tentang pantai flamingo?

    • Hanya orang dewasa yang boleh mengunjungi pantai flamingo, tapi anak-anak diperbolehkan untuk datang dari pukul sembilan hingga sepuluh pagi.
    • Tidak ada begitu banyak flamingo, kira-kira ada enam flamingo yang tinggal di pantai⁠—walaupun beberapa laporan mengklaim bahwa ada flamingo lain yang terkadang mengunjungi pantai.
    • Waktu paling tepat untuk melihat dan memberi makan flamingo adalah pukul delapan pagi, ketika pantai flamingo belum terlalu ramai, dan kemungkinan besar kebanyakan tamu resor belum bangun.
    • Pulau Renaissance terbuka untuk para tamu dari pukul tujuh pagi hingga enam sore setiap hari, jadi kamu bisa menghabiskan 11 jam di pantai flamingo.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram)

    tags: travel, aruba