Beauty

Cara Menyamarkan Luka Bekas Jerawat dan Kemerahan Pada Wajah

  by: Shamira Priyanka Natanagara       15/8/2019
  • Untuk para pemilik kulit berjerawat, menyamarkan noda bekas jerawat yang membandel pada kulit wajah bisa menjadi sebuah tantangan—bahkan terkadang menutupinya dengan foundation kurang ampuh! Selain luka bekas jerawat, kemerahan pada kulit, flek hitam, kantung mata hitam, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya pun terkadang tidak bisa disamarkan dengan foundation secara efektif.

    Nah, agar warna kulit tampak lebih merata dan tampilan makeup-mu lebih mulus, kamu bisa menggunakan color correcting concealer. Setiap varian yang tersedia telah dirancang untuk menetralkan warna tertentu. Apakah kamu sudah tahu fungsi setiap color correcting concealer? Yuk, simak!





    Hijau

    Concealer berwarna hijau mampu menetralkan kemerahan pada kulit. Kalau kamu memiliki luka bekas jerawat yang berwarna merah, atau mungkin ada area yang lebih merah dibanding warna kulitmu yang asli, gunakan concealer hijau sebelum menggunakan foundation atau concealer warna kulit. 


    Merah atau Oranye

    Girls, apakah kamu memiliki lingkaran hitam di bawah mata? Atau mungkin luka bekas jerawat yang gelap? Nah, menyamarkan area gelap pada kulit menggunakan foundation saja seringkali kurang ampuh, jadi agar warna kulitmu tampak lebih merata, gunakan concealer berwarna merah atau oranye terlebih dahulu. 



    Ungu

    Agar wajahmu tampak lebih cerah, aplikasikan concealer ungu pada bagian wajah yang kusam. Kamu pun bisa menggunakan concealer jenis ini pada bagian wajah yang ingin di-highlight, seperti dahi dan dagu, agar terlihat lebih menonjol.




    Pink

    Sebenarnya fungsi concealer pink tidak jauh berbeda dari fungsi concealer merah, tapi terkadang warnanya yang halus kurang ampuh untuk menyamarkan bagian kulit yang sangat gelap, seperti kantung mata. Namun kalau kamu memiliki noda bekas jerawat atau flek hitam yang tampak cukup samar, concealer pink dapat menyamarkannya secara efektif. 


    All done! Apa langkah selanjutnya?

    Kalau kamu sudah menggunakan concealer berwarna, waktunya untuk dibaurkan! Setelah itu, aplikasikan foundation dan concealer warna kulit seperti biasa. Butuh panduan yang lebih lengkap? Mari kita simak video berikut!




    (Shamira Natanagara / Ed. / Video: Dok. Cosmopolitan Indonesia / Image: Annie Spratt on Unsplash )