Beauty

5 Alasan Kenapa Kantung Mata Kamu Masih Terlihat!

  by: Astriana Gemiati       19/8/2019
  • Adalah umum jika kamu menyalahkan kurang tidur karena memiliki tanda lingkaran hitam di mata, namun itu hanya salah satu dari banyak faktor lain yang menyebabkan lingkaran di bawah mata kamu terlihat lebih puffy. Sebenarnya, tidak selalu disebabkan oleh kebiasan tidur yang buruk, kok!


    Nah, berikut penyebab kenapa kantung mata kamu masih terlihat. Yuk, simak!




    #1. Turunan genetik

    Jika kantung mata kamu sepertinya tidak pernah hilang meskipun tidur selama delapan jam, ini bisa disebabkan oleh faktor genetik. Memang ada beberapa orang yang secara alami memiliki pigmentasi gelap di sekitar area mata mereka, dan ini bisa terjadi secara turun menurun di lingkungan keluarga.


    #2. Bertambahnya usia

    Usia yang semakin tua mengakibatkan kulit mulai kehilangan kolagen dan jaringan lemak, serta struktur jaringan dan cairan yang terkumpul di area bawah mata semakin jelas.



    #3. Berat badan turun

    Ketika kamu telah menurunkan berat badan, otomatis kamu kehilangan volume di area wajah kamu, dan tentu saja ini sangat memengaruhi area lingkaran mata. Kadang-kadang penurunan berat badan cukup dramatis bisa menyebabkan pembuluh darah di bawah mata menjadi menonjol dan kulit menjadi lebih tipis hingga menghasilkan penampilan mata terlihat lebih cekung.


    #4. Riasan wajah yang salah

    via GIPHY



    Memilih warna eyeshadow dan salah mengaplikasiannya, justru menjadi peran besar tak hanya kantung mata kamu semakin jelas terlihat namun lingkaran mata hitam pun seperti tampak membesar.


    #5. Menggosok mata ketika menghapus riasan menggunakan waterproof makeup

    Ingat, area bawah mata kamu adalah bagian tertipis dari wajah dan jika kamu menggosok terlalu banyak atau bahkan menggaruk ini bisa mengakibatkan area mata mudah teriritasi. Akibatnya, area mata akan terjadi pembengkakan dan peradangan hingga menciptakan lingkaran hitam.


    #6. Secara teratur konsumsi makanan asin untuk makan siang

    Makanan yang mengandung banyak sodium seperti makanan olahan atau makanan cepat saji dapat menahan air di dalam tubuh kamu termasuk area di bawah mata, yang menyebabkan secara tidak sadar area mata kamu terlihat lebih puffy. Ini mungkin menjelaskan mengapa kamu juga bangun dengan mata bengkak di pagi hari setelah mengkonsumsi banyak daging barbeque di malam hari, girls!


    (Astriana Gemiati, Image: Freepik.com, Giphy.com )