Love & Sex

Panduan Mengenal Ragam Emoji Hati dan Artinya

  by: Shamira Priyanka Natanagara       17/8/2019
  • Sama seperti bunga yang memiliki ragam arti berdasarkan warnanya, warna emoji bentuk hati pun memiliki arti tertentu, lho. Meskipun tidak ada terjemahan yang pasti, berikut adalah beberapa pedoman dan tips tentang warna emoji hati dan artinya—agar kamu tidak salah kirim, girls!

    Oh ya, sebelum kita mempelajari arti dari setiap emoji hati, sedikit peringatan: seperti biasa, konteks itu penting. Kalau kamu menggunakan emoji hati secara asal untuk bercanda dengan para sahabat, tidak masalah! Namun kalau kamu sedang flirting dengan seseorang dan merasa emoji yang si dia kirim memiliki  sebuah arti, simak terus artikel ini!




    1. Red Heart


    Walaupun dianggap sebagai emoji hati yang paling romantis, emoji hati merah juga dianggap yang paling basic alias biasa saja. Emoji ini paling berkesan ketika kamu pertama kali mengirimnya atau menerimanya. Kalau seorang pasangan baru mengirim emoji ini kepadamu, tapi kamu sudah berkencan selama satu tahun dan hanya emoji ini yang kamu dapatkan—pasanganmu perlu lebih berani.

    Selain itu, emoji ini juga dianggap sebuah lambang persahabatan, dukungan, dan pantas dikirim ke atau diterima oleh siapa saja yang sedang bersedih. 

    Bagus untuk: fase honeymoon (bulan madu) dalam sebuah hubungan baru, menunjukkan dukungan untuk seorang sahabat.

    Buruk untuk: dikirim setelah kencan pertama


    2. Orange Heart


    Emoji ini digunakan oleh orang-orang yang belum berani menggunakan emoji hati merah—biasanya seorang pria yang masih belum siap untuk berkomitmen, ingin mengirim emoji hati merah, lalu menyadari bahwa ia belum siap. Letaknya terlalu dekat dengan hati merah untuk menggunakan alasan 'salah kirim' dan warnanya terlalu random untuk arti yang lain.

    Bagus untuk: basa-basi.

    Buruk untuk: hal-hal lainnya.


    3. Yellow Heart


    Emoji hati yang satu ini biasanya digunakan oleh anggota keluarga, teman, atau calon pasangan yang sedang transisi kembali menjadi teman. Emoji ini seringkali digunakan pada Hari Ibu, percakapan dengan sang nenek, dan percakapan dengan teman.

    Bagus untuk: anggota keluarga, hubungan baru di mana kamu ingin menunjukkan kasih sayang tanpa terlihat terlalu intens.

    Buruk untuk: siapa pun yang ingin atau sedang kamu pacari. 


    4. Green Heart


    Emoji hati favorit si sombong. Temanmu yang gemar memamerkan diri suka menggunakan emoji ini. Walaupun warnanya hijau, emoji ini tidak berkaitan dengan lingkungan, tapi bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan pesan-pesan go green

    Emoji ini biasanya lebih mencerminkan sang pengirim dibanding sang penerima. Kemungkinan kamu menerima emoji ini berkata, "Hai, aku tahu kita sudah tidak lama mengobrol, tapi..."

    Bagus untuk: kenalan, orang yang kamu kenal melalui seorang teman, adik kelas

    Buruk untuk: siapa pun yang tidak ingin kamu temui di LinkedIn


    5. Blue Heart


    Kamu bisa menggunakan emoji ini untuk orang-orang yang tidak terlalu dekat denganmu. Jangan kirim emoji ini ke orang yang kamu percayai, ya! Emoji ini lebih cocok untuk teman yang hanya kamu temui sekali dalam sebulan, atau teman yang selalu berjanji akan makan denganmu tapi selalu batal.

    Bagus untuk: group chat saat kamu tidak tahu ingin berkontribusi dengan cara apa, mengirim pesan ke orang tua, orang-orang yang kamu kenal melalui DM Instagram 

    Buruk untuk: Hmm... sepertinya tidak ada waktu yang buruk untuk menggunakan emoji ini, sih


    6. Purple Heart


    Di Amerika Serikat, emoji hati ungu memiliki makna yang cukup seksual, berkat lagu "Purple Emoji" oleh rapper Ty Dolla Sign. Nah, namun emoji ini juga bisa digunakan oleh siapa saja, termasuk anggota keluarga, yang berarti emoji ini cukup, hmm... ambigu.

    Bagus untuk: flirting

    Buruk untuk: teman dekat


    7. Black Heart


    Emoji yang satu ini seringkali digunakan secara ironis, karena hati hitam adalah simbol cinta yang memalukan, tapi dalam dan cukup romantis. Tipe cinta yang membuatmu berpikir, "Wah, ia benar-benar bisa menghancurkan harapan dan mimpiku dalam sekejap!". Bukan perasaan yang enak, sih, tapi terkadang exciting!

    Bagus untuk: your soulmate alias belahan jiwamu

    Buruk untuk: pasanganmu dalam hubungan yang tidak serius


    8. Broken Heart


    Seringkali digunakan secara ironis, sama seperti emoji hati hitam. Emoji hati yang patah ini tidak sesuai jika digunakan untuk mengungkapkan kesedihan secara serius, karena tampak terlalu humoris atau seakan-akan kamu ingin membuat orang tersebut merasa bersalah.

    Bagus untuk: ketika sang pasangan mengecewakanmu, tapi kamu tidak ingin membuatnya terlalu menderita

    Buruk untuk: mengungkapkan rasa sedih atau kecew secara tulus dan serius


    9. Heart Exclamation Point


    Emoji yang fun. Kirim emoji ini ke sang gebetan atau pasangan barumu yang kamu sayangi (tapi belum cintai). Kamu juga bisa mengirim emoji ini ke teman dan keluarga—tidak masalah!



    Emoji yang terlihat asyik dan menyenangkan ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar menyukai keberadaan seseorang dan senang bertemu dengannya. Karena bentuknya seperti tanda seru, emoji ini cocok untuk mengkonfirmasi rencana. 

    Bagus untuk: memberitahu seseorang kapan kalian akan bertemu, mengakhiri sebuah percakapan, merencanakan kencan

    Buruk untuk: percakapan serius


    10. Two Hearts


    Emoji yang flirty. Emoji ini cocok untuk kamu yang belum lama jadian, atau bisa juga digunakan ketika kamu ingin sedikit genit kepada sang gebetan. Walaupun begitu, emoji ini juga pas untuk mengungkapkan rasa sayang pada sahabat. Benar-benar seperti mengatakan, "Kamu dan aku akan bersama sampai akhir waktu dan tidak ada yang dapat mengerti kita".

    Bagus untuk: pasangan yang sangat kamu cintai, flirting, percakapan dengan sahabat

    Buruk untuk: pasangan yang ingin kamu tinggalkan, seseorang yang naksir padamu tapi kamu tidak tertarik


    11. Orbiting Pink Hearts


    Kirim emoji ini ke orang yang memiliki satu pikiran (atau mindset) denganmu.

    Bagus untuk: deep talk, memaafkan seseorang, meminta maaf kepada seseorang

    Buruk untuk: persahabatan platonis—jangan tanggung-tanggung, langsung gunakan hati merah saja


    12. Vibrating Heart


    Ketika kamu menghargai seseorang, dan kemungkinan besar salah satu dari kalian baru saja mengalami momen yang emosional! Emoji ini pun cocok untuk meminta maaf kepada seseorang dan memaafkan seseorang. Pada dasarnya, emoji ini mengatakan, "Semuanya sudah dimaafkan" atau "Aku mengerti dan masih menerima dirimu seadanya."

    Bagus untuk: permintaan maaf, menyatakan cinta, gebetan

    Buruk untuk: persahabatan platonis—again, emoji hati merah lebih sesuai


    13. Heart Growing in Size


    Beberapa penggemar emoji mengatakan bahwa emoji ini adalah sebuah jantung yang berdetak, dan oleh karena itu, emoji ini bebas digunakan untuk apa konteks apa pun—walaupun menurut Cosmo, sih, lebih tepat untuk satu kesempatan saja: saat meminta maaf.

    Bagus untuk: meminta maaf

    Buruk untuk: konteks lainnya


    14. Sparkle Heart


    Playful, imut, dan cukup menarik sehingga tidak memiliki maksud yang terlalu romantis. Kamu bisa menggunakan emoji ini pada percakapan apa pun yang menyatakan bahwa kamu menghargai seseorang tanpa terdengar terlalu emosional.

    Bagus untuk: sejujurnya, apa saja

    Buruk untuk: hmm... tidak ada, sih


    15. Heart with Arrow


    Sebuah emoji hati yang terbilang jarang digunakan, jadi kalau kamu menerima emoji ini kamu harus memikirkan artinya. Nah, maka dari itu, gunakan emoji ini secara hati-hati, karena sang penerima bisa kebingungan. 

    Walaupun kebanyakan orang mengira bahwa emoji ini melambangkan hati yang berbunga-bunga, kenyataannya masih ada banyak pilihan emoji hati lain yang bisa digunakan sehingga emoji ini seringkali dilupakan. 

    Bagus untuk: ketika kamu sedang menjalin hubungan jangka panjang 

    Buruk untuk: persahabatan platonis yang selama ini kamu kira cukup manis


    16. Heart Wrapped with Ribbon


    Kamu sedang jatuh cinta dan kamu menyadarinya! Emoji ini mengatakan, "Hatiku adalah milikmu". Cukup sulit untuk membenarkan penggunaan emoji ini dalam hubungan yang tidak romantis. 

    Bagus untuk: ketika kamu sedang benar-benar jatuh cinta (dan si dia pun merasakan hal yang sama)

    Buruk untuk: kalau kamu dan si dia tidak memiliki perasaan yang sama


    17. Text Box Heart


    Jangan gunakan emoji ini, titik. Masih ada banyak opsi lain yang lebih menggemaskan. 


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Blake Barlow on Unsplash, Emojipedia)