Fashion

8 Desainer Lokal Kenamaan dengan Koleksi Busana Batik!

  by: Hendry Leo       16/8/2019
  • Hi, girls! Menyambut hari kemerdekaan Indonesia, apakah kamu punya rencana bersama keluarga ataupun kolega untuk merayakannya? Tak hanya mengadakan rangkaian acara seru demi meningkatkan semangat gotong royong, jangan lupa juga untuk memperlihatkan sikap cinta terhadap tanah air dengan mengenakan busana batik. Yup, batik jadi salah satu warisan atau harta karun kebanggaan Indonesia yang diaplikasikan ke dalam ragam busana mulai dari kain, celana, baju, maupun aksesori. Untuk menambah pengetahuan kamu tentang batik Indonesia, berikut Cosmo rangkum 8 desainer lokal kenamaan dengan koleksi busana batiknya yang sudah tidak usah diragukan lagi. Check them out!

    1. Studio 133 Biyan

    Studio 133 Biyan merupakan salah satu lini busana dari Biyan Wanaatmadja yang menawarkan koleksi siap pakai dengan karakteristik wanita feminin dan elegan. Kamu juga bisa menemukan koleksi dengan unsur batik yang bisa dipadu padankan dalam segala aktivitas. 





    2. Sejauh Mata Memandang

    Sebagai seorang desainer, Chitra Subyakto, melalui label miliknya yaitu Sejauh Mata Memandang, ia tak hanya memperlihatkan nuansa batik yang minimalis, namun juga mendukung isu lingkungan yang sedang ramai diperbincangkan saat ini. Di mana mulai dari proses produksi hingga kemasannya menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Lirik ragam koleksi Sejauh Mata Memandang mulai dari kemeja, luaran, celana, kain, bahkan koleksi aksesori seperti tas. 



    3. BIN House

    BIN House merupakan salah satu label yang tetap mempertahankan unsur batik dengan teknik tradisional yang diaplikasikan ke dalam ragam busana yang modern. Sang desainer, Josephine Komara atau biasa dipanggil Obin, terkenal dengan karya-karya batiknya yang memiliki nilai seni tinggi, disulap jadi sebuah busana yang gaya tanpa menghilangkan unsur seni Indonesia. Koleksinya tak hanya bisa kamu kenakan saat menghadiri acara formal saja, namun juga saat hang out, ataupun ke kantor. 



    4. Ghea Fashion Studio

    Citra wanita anggun dalam balutan kebaya yang cocok untuk kamu yang menyukai tampilan elegan. Tak hanya kebaya, koleksi batik dari Ghea pun bisa kamu pilih untuk tampilan formal dengan siluet yang feminin, atau kamu bisa pilih koleksi yang lebih santai saat berpelesir. 



    5. Iwan Tirta Batik

    Iwan Tirta adalah salah satu desainer yang terkenal dengan karya busananya yang memberikan sentuhan nusantara. Bahkan, beberapa karyanya juga pernah dikenakan oleh para pejabat di pertemuan APEC tahun 1994. Selain itu, beliau juga telah menerbitkan buku berjudul Batik: Sebuah Lakon, merupakan bukti cinta beliau terhadap batik di tanah air.





    6. Poppy Dharsono

    Tak hanya di dunia politik, kiprah Poppy di industri fashion juga tidak perlu diragukan lagi. Sebagai wanita yang cinta akan kebudayaan Indonesia, Poppy menuangkannya ke dalam ragam busana salah satunya adalah kebaya dan batik. Simak koleksi busananya dengan siluet yang mencerminkan wanita elegan dan anggun.



    7. Didi Budiarjo

    Baru saja merayakan pagelaran busana bertajuk Reinkernasi, sebagai selebrasi 30 tahun karier Didi Budiarjo di dunia mode. Busananya selalu dikenakan oleh beberapa selebriti papan atas di Indonesia, seperti Bunga Citra Lestari, Maudy Ayunda, dan Raline Shah. Ragam koleksi pun telah ia perlihatkan dengan sangat memukau, termasuk koleksi batiknya yang tidak meninggalkan DNA seorang Didi Budiarjo, di mana mencerminkan wanita modern yang elegan namun tetap tangguh.



    8. Anne Avantie

    Anne Avantie adalah seorang perancang busana kebaya yang dikenal tak hanya di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Ia mampu menyulap busana kebaya dan batik jadi sebuah koleksi busana yang bernilai. Wajar saja, banyak selebriti Indonesia mengenakan rancangan miliknya, bahkan pejabat negara seperti Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti pun sempat beberapa kali dalam acara formal mengenakan busana karya sang desainer. Tak hanya itu, karyanya juga beberapa kali dikenakan para finalis maupun pemenang ajang kecantikan bergengsi seperti Miss Indonesia hingga Miss Universe. Keren, ya!




    (Teks: Hendry Leo/ Image: Instagram.com/ Layout: Hendry Leo)