Love & Sex

Tips Percintaan untuk Kamu yang Sedang Menjalani LDR

  by: Shamira Priyanka Natanagara       20/8/2019
  • Menjalani hubungan asmara bukanlah hal yang mudah—akan ada perbedaan pendapat, argumen, pekelahian, dan beragam konflik lainnya. Nah, sekarang coba bayangkan jika kamu tinggal jauh dari sang kekasih alias menjalani hubungan jarak jauh (long distance relationship), bisa terbayang betapa sulitnya menghadapi konflik hubungan, kan

    Kalau kamu sedang atau akan menjalani LDR, Cosmo punya beberapa tips yang patut kamu ketahui. Simak!




    1. Buat kesepakatan

    Sebelum memulai hubungan jarak jauh, ada baiknya jika kamu dan sang pasangan membuat semacam kesepakatan agar kalian lebih memahami sesama. Tidak perlu terlalu serius, coba saja bahas hal-hal minor seperti seberapa sering kalian harus berteleponan, atau seberapa detail kalian harus mengabari satu sama lain. Mungkin kedengarannya formal sekali, tapi membuat kesepakatan akan membuat kalian lebih mudah mengatur rencana. 


    2. Komunikasi, komunikasi, komunikasi!

    Ketika ada jarak di antara kalian, komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Kalau tidak bisa berkomunikasi dengan baik, tentu akan sulit berhubungan, kan? Nah, coba untuk rajin memberi kabar pada sang pasangan⁠⁠—beritahu kegiatanmu, kamu sedang bersama siapa, dimana kamu berada, dan sebagainya⁠—dan pastikan si dia juga melakukan hal yang sama.

    Selain itu, suarakan perasaanmu saat kamu merasa sedih, kecewa, cemas, atau marah. Sang pasangan tidak lagi ada di dekatmu, so ia tidak bisa menebak ekspresi dan isi hatimu dengan mudah. Yuk, mulai biasakan untuk mengakui perasaan dengan jujur. Memang tidak mudah, sih, tapi memendam perasaan hanya akan membuat hubungan kalian tambah rumit!


    3. Jadi lebih pengertian

    Mungkin ia sedang sibuk sehingga kalian tidak bisa sering berteleponan, atau mungkin ia sedang lelah dan tidak mood untuk berbicara dengan siapa-siapa⁠⁠—rasanya ingin alone time saja! Jika pasanganmu berperilaku seperti itu, pasti pada awalnya kamu kesal, kan?

    Mengerti, kok, kalian sudah sepakat untuk rajin berteleponan, menghubungi satu sama lain, tapi ia justru ingkar janji. Namun jangan langsung membuat kesimpulan, girls, jadilah lebih pengertian. Jangan menjadi pasangan yang gila kontrol, kalau kamu mencoba memahami situasi sang pasangan, ia pun akan melakukan hal yang sama kepadamu. Kunci utama sebuah hubungan adalah kepercayaan, ingat!




    4. Date night? Masih bisa, kok!

    Eits, jangan salah, pasangan yang sedang LDR pun masih bisa berkencan, lho! Mungkin cara berkencannya tidak senyaman biasanya, dan kalian juga tidak bisa melakukan kontak fisik, tapi kamu dan sang pasangan bisa nge-date menggunakan teknologi video call.

    Ingin makan malam romantis? Jangan khawatir, kamu bisa menata meja makan, menghiasnya dengan kelopak bunga dan lilin, menyiapkan makanan, letakkan laptop atau ponsel di meja makan, dan voila! Kalian bisa makan dan mengobrol layaknya sedang dinner date!

    Atau mungkin kalian adalah tipe pasangan yang lebih santai? Nah, kalian bisa melakukan sync-watching, kegiatan menonton bersama untuk pasangan yang berjarak jauh. Tinggal siapkan film atau serial yang sama, lalu hitung mundur, "3, 2, 1!" dan tekan tombol play bersamaan! 


    5. Jangan takut putus cinta!

    Bukan berarti semua hubungan jarak jauh akan berakhir dengan buruk, hanya saja seringkali orang-orang berusaha terlalu keras untuk mempertahankan hubungan LDR karena rasanya sayang jika putus. Cosmo paham, kalian sudah berusaha keras untuk melanggengkan hubungan, tapi hubungan jarak jauh pun tidak bebas dari kemungkinan buruk. Kalau merasa hubungan kalian sudah tidak sehat, dan kalian pun sudah tidak bahagia dengan sesama lagi, tidak ada salahnya untuk berpisah. 


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Everton Vila on Unsplash)