Fashion

Rekomendasi Batik Modern yang Stylish

  by: Yovita Pratiwi       22/8/2019
  • Berapa banyak dari kamu yang merupakan penggemar batik alias kain bercorak ikonis asal Indonesia? Tak hanya cocok dikenakan untuk acara formal atau ke kantor, sebenarnya batik juga bisa jadi fashion piece yang cocok kamu gunakan untuk acara-acara seru seperti cocktail night atau hanya sekedar night out bersama teman-teman terdekat. Kini, tanpa menghilangkan sisi artistik dan akar tradisionalnya, sudah banyak pilihan batik modern yang tak ketinggalan tren. Yuk, simak rekomendasi batik modern favorit Cosmo berikut ini!


    1. Batik Suit






    Say yes to woman in suit! Setelan jas dan celana kembali jadi tren. Kini, take it to the next level dengan setelan jas dan celana batik dari Alleira ini. Tampilan ini cocok kamu kenakan saat menghadiri cocktail night. Sebagai sentuhan akhir, padankan dengan stiletto heels dan clutch yang elegan. You’ll steal the spotlight!


    2. Modern Lurik




    Corak lurik memang terlihat modern dan versatile, seperti karya Lulu Lutfi Habibi yang satu ini. Kombinasi kebaya kembang dan kain lurik yang dijadikan modifikasi atasan membuat keseluruhan tampilan terlihat modis dan sama sekali tidak kuno. Jangan lupa tambahkan aksesoris seperti anting dengan model yang unik agar tampilanmu semakin aksi.


    3. Batik Jacket




    Terinpirasi oleh bohemian fashion, jaket lansiran Denny Wirawan ini memiliki motif etnik Sumba yang bernuansa floral dan geometris. Permainan pattern digital yang unik membuatnya terlihat edgy dan stylish. Jaket ini cocok kamu kenakan saat sedang hang out bersama teman-teman. Still looking good while embracing your culture, why not?


    4. Batik Halter Neck




    Sedang mencari batik yang dapat kamu kenakan ke pesta pernikahan tanpa terlihat ‘tua’? Mungkin atasan bergaya halter neck dari Populo ini bisa jadi solusi. Tampil elegan dan sophisticated dengan atasan ini, padukan dengan high waisted trousers atau pencil skirt yang seksi. You go, girl!


    5. Batik Shirt




    Kemeja batik dari Danar Hadi ini bisa jadi pilihan ketika kamu ingin tampil kasual dengan batik. Potongannya yang oversized dan warna merah menyala yang unik membuatnya terlihat modern dan hip. Pasangkan atasan ini dengan celana panjang berwarna khaki atau a simple blue jeans, lalu kenakan sneakers favoritmu. Oh, so stylish!


    6. Batik Kimono






    Tampil anggun dan feminin dengan kimono bercorak batik karya Dannny Satriadi ini. Modelnya yang sophisticated dengan corak floral yang cantik akan membuatmu tampak elegan. Kimono ini bisa jadi pilihan yang aman ketika kamu ingin tampil rapi dan menghadiri acara formal. Padukan dengan kemeja berlengan puffy sebagai aksen pemanis tampilanmu!


    7. Batik Dress and Matching Outer




    Gaun dan outer batik hasil kolaborasi Mel Ahyar dengan Iwan Tirta ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang sedang mencari batik yang formal namun tetap ingin terlihat edgy. Gaun flowy yang feminin dengan outer see through  membuat keseluruhan tampilanmu jadi sangat modis dan modern. Sebagai sentuhan akhir, kenakan ankle boots dan aksesoris.


    8. Batik Cardigan




    Siapa bilang kamu tak bisa mengenakan batik but still look casual and playful? Coba kenakan cardigan bercorak batik karya Bateeq ini. Kombinasi warna navy, light blue dan aksen batiknya membuat cardigan ini tampak effortless dan casual. Cocok untuk kamu kenakan ke kampus, kantor, atau bahkan shopping day! Padukan dengan kemeja bercorak checkered agar tampilanmu semakin maksimal!


    9. Rainbow Print Batik





    Ingin tampil unik dan stylish? Coba kenakan setelan batik Makassar karya Ghea Panggabean ini. Warnanya yang didominasi warna-warna berani terinspirasi oleh motif sarong. Padankan tampilan ini dengan aksesoris yang juga tak kalah uniknya, seperti kalung beads atau topi. Cute!


    10. Batik Dress




    Gaun batik hasil rancangan Yongki Budisutisna ini tampak cantik dan unik dengan coraknya yang mengombinasikan warna-warna vibran seperti biru dan ungu. Jika ingin tampil simpel dan elegan, kamu bisa memilih opsi sleeveless dress, atau jika ingin tampil lebih chic, pilih opsi gaun dengan puffy sleeve. Gorgeous!



    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Instagram. Layout: Maya Rahmawati Putri)