Better You

Sering Buang Angin? Ini Tips Sehat Untuk Mengatasinya

  by: Kezia Calesta       22/8/2019
  • Banyak orang masih malu membahas topik ini, padahal tubuh yang sehat biasanya membuang angin sebanyak 5 hingga 15 kali setiap harinya. Meskipun kentut merupakan tindakan normal yang dilakukan oleh semua orang, aksi ini masih dianggap memalukan, khususnya jika dilakukan di tempat publik. Confession time: kamu pasti pernah mencoba menahannya saat berada di dalam ruangan yang ramai atau berharap gas yang kamu keluarkan tidak berbau atau berbunyi, kan? Nah, untuk mengatasi isu tersebut, simak tips sehat dari Cosmo untuk meminimalisir baunya.





    1. Kurangi konsumsi serat

    Serat memang baik untuk pencernaan dan menjaga tubuh agar tetap kenyang, maka mengkonsumsi makanan berserat secara berlebihan dapat mengakibatkan terkumpulnya gas dalam tubuh. Ups! Karena tubuhmu membutuhkan lebih banyak waktu untuk memproses makanan seperti kacang-kacangan, apel, dan brokoli, tubuhmu akan bergantung kepada bakteri baik dalam ususmu untuk mencernanya. Hasil dari fermentasi adalah gas, jadi pada akhirnya serat dapat mengakibatkan perut kembung, apalagi jika dicampur dengan gula olahan, lemak trans, daging olahan, ataupun alkohol. 


    2. Cerna makanan dengan baik

    Take your time to eat. Saat makan dengan terburu-buru, kamu akan menghirup lebih banyak angin yang akan mengakibatkan perut kembung. Lagipula, mengunyah dengan baik dapat membantumu menjaga porsi makan dan menghindari perut yang terlalu kenyang. Bila kamu tidak ingin banyak membuang gas setelah makan malam bersama si dia, ingat untuk mengunyah dengan lebih pelan!



    3. Jangan lupa minum air putih

    Yes, meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari menyehatkan ginjal hingga mempercantik kulit… namun ternyata, air putih juga sangat penting untuk melancarkan saluran pencernaan. Dehidrasi dapat menghambat pergerakan makanan dalam tubuh, maka meminum air putih dengan cukup akan melancarkan buang air besar dan mencegah buang angin secara berlebihan. Jangan hanya minum air setiap kali kamu merasa haus saja, OK?




    4. Olahraga sebelum beraktivitas

    Ada kencan atau meeting yang akan berlangsung selama beberapa jam? Berbagai studi telah membuktikan bahwa berolahraga secara rutin dapat mengatasi perut kembung, maka berjalan kaki setelah makan juga bisa mengurangi risiko buang gas di saat kamu beraktivitas nanti. Karena organ tubuhmu seringkali mengirimkan sinyal ke otak, olahraga seperti berjalan kaki dapat menenangkan otak dan meredakan aktivitas dalam saluran pencernaanmu. 



    5. Tingkatkan konsumsi probiotik

    Usus yang bekerja dengan baik akan mengeluarkan gas yang tidak terlalu berbau. So, you need probiotics! Probiotik yang bisa ditemukan dalam susu, yogurt, dan tempe dapat menyehatkan saluran pencernaan dan membantu menyeimbangkan bakteri baik dalam usus dan mengurangi risiko gas berbau.


    6. Hindari stres

    Stres tidak hanya mempengaruhi sisi emosional kamu, tetapi juga kesehatan fisik. Selain bisa memicu banyak masalah kesehatan mulai dari darah tinggi hingga obesitas, stres juga bisa berdampak terhadap pencernaan, lho. Saat kamu mengalami stres, aktivitas yang berlangsung dalam tubuhmu juga bisa shut down, termasuk saluran pencernaan. So, praktikkan meditasi, yoga, dan cobalah 8 makanan berikut yang efektif meredakan stres.


    (Kezia Calesta / Image: doc. freepik.com)