Lifestyle

Muda & Berbakat, Ini Deretan Film yang Dibintangi Zara JKT48

  by: Shamira Priyanka Natanagara       29/8/2019
  • Zara, Zara, Zara... Sepertinya akhir-akhir ini namanya sering sekali muncul di mana-mana. Tidak mengherankan, sih, karena Cosmo sendiri salut kepada kegigihannya. Dalam waktu kurang dari dua tahun, perempuan yang berusia 16 tahun ini sudah membintangi empat film (dan akan tampil dalam beberapa film yang akan datang), popularitasnya terus meningkat, dan selain menjadi aktris, ia pun masih berkarier sebagai anggota idol group JKT48⁠—oh, dan Zara juga masih menekuni pendidikan, she's so busy!

    Kalau kamu belum familier dengan karier Zara JKT48 dalam dunia perfilman Indonesia, jangan khawatir, Cosmo bisa membantu. Berikut adalah deretan film yang pernah ia bintangi, beserta proyek film yang akan datang. Mari kita simak karier Zara JKT48 sebagai aktris pendatang baru Indonesia!




    1. Dilan 1990 

    Tanggal rilis: 25 Januari, 2018

    Film pertama yang dibintangi Zara adalah Dilan 1990, film drama remaja yang diadaptasi dari novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 oleh Pidi Baiq. Zara yang pada saat film ini dirilis baru berusia 14 tahun berperan sebagai Disa, adik perempuan dari karakter utama Dilan yang dimainkan oleh Iqbaal Ramadhan. Lucunya, Zara adalah penggemar berat Iqbaal sejak aktor ini masih menjadi anggota boy group Coboy Junior. Mengutip dari Tabloid Bintang, Zara mengaku merasa gugup saat pertama kali bertemu Iqbaal, hahaha...

    Walaupun peran Zara dalam film ini tidak besar, perempuan kelahiran Bandung ini berhasil memerankan karakter Disa yang menggemaskan dan ceria dengan baik.


    2. Keluarga Cemara

    Tanggal rilis: 3 Januari, 2019

    Setelah sukses membuktikan bakat aktingnya dalam Dilan 1990, Zara terpilih menjadi salah satu karakter utama film Keluarga Cemara. Ia memainkan tokoh Euis, perempuan remaja yang kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru saat keluarganya terpaksa pindah dari kota besar ke sebuah desa. Dalam film ini, ia pun berkesempatan untuk akting bersama beberapa aktor senior, diantaranya Nirina Zubir, Ringgo Agus Rahman, dan Asri Welas. Zara yang biasanya tampil ceria berhasil menunjukkan bahwa ia bisa melakukan adegan marah dan kecewa—dan penampilannya sebagai Euis berhasil memenangkan Piala Maya untuk kategori "Aktor/Aktris Cilik/Remaja Terpilih". Hebat, ya!


    3. Dilan 1991

    Tanggal rilis: 28 Februari, 2018

    Zara pun kembali berperan sebagai Disa dalam Dilan 1991, sekuel Dilan 1990. Dalam sebuah wawancara dengan Tribunnews.com, Zara mengungkapkan bahwa ia sempat terbawa perasaan saat syuting film ini, karena menurutnya alur cerita Dilan 1991 sungguh memainkan emosi, bukan hanya rasa senang dan nuansa romantis saja, tapi ada pula adegan-adegan yang menyedihkan. 


    4. Dua Garis Biru 

    Tanggal rilis: 11 Juli, 2019

    Apakah kamu sempat menonton Dua Garis Biru di bioskop pada bulan Juli kemarin? Film garapan sutradara Gina S. Noer ini sempat menjadi hot topic di Indonesia karena dianggap kontroversial oleh beberapa kelompok masyarakat—film ini berkisah tentang sepasang remaja yang melakukan hubungan seks, dan akibatnya Dara, tokoh perempuan yang dimainkan Zara, hamil di luar nikah. Zara yang harus berperan sebagai perempuan hamil patut diacungkan dua jempol. Akting emosional Zara sebagai remaja yang bimbang menentukan pilihan berhasil menyentuh hati para audiens. 




    Upcoming Projects


    1. Ratu Ilmu Hitam 

    Tanggal rilis: 10 Oktober, 2019

    Jika deretan film sebelumnya bergenre drama, kali ini Zara akan berperan di film horor yang disutradarai oleh Kimo Stamboel, salah satu sutradara horor ternama di Indonesia. Ratu Ilmu Hitam adalah hasil daur ulang dari film horor klasik Indonesia tahun 1981 dengan judul yang sama. Dalam versi tahun 2019, Zara akan berperan bersama beberapa aktor senior, diantaranya Ario Bayu, Hannah Al Rashid, dan Imelda Therinne. Film ini akan mulai tayang di bioskop Indonesia pada bulan Oktober nanti, pas sekali untuk menyambut Halloween!


    2. Lily of the Valley

    Tanggal rilis: TBA

    Selain Ratu Ilmu Hitam, salah satu proyek film yang melibatkan Zara yang akan datang adalah Lily of the Valley. Berbeda dari proyek film lainnya, Lily of the Valley adalah sebuah proyek film pendek. Zara akan memainkan tokoh utama Lily, dan ia akan kembali berperan bersama Imelda Therinne. Masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan film pendek ini akan dirilis dan melalui platform apa, tapi melihat dari foto-foto yang diunggah di Instagram resmi Lily of the Valley, sepertinya menarik sekali!


    3. Jagat Sinema Bumilangit

    Tanggal rilis: TBA

    Baru-baru ini diumumkan bahwa Zara akan bergabung dalam proyek Jagat Sinema Bumilangit sebagai Virgo, pahlawan super yang, menurut situs resmi Bumilangit, dapat menghasilkan api dari jarinya. Karakter Virgo pada awalnya adalah karakter utama dalam serial komik karya Jan Mintaraga, diterbitkan pertama kali pada tahun 1973. Serial komik ini lalu diadaptasi menjadi serial webtoon oleh Annisa Nisfihani, dan dalam versi terbaru ini, Virgo yang bernama asli Riani adalah perempuan remaja berkekuatan super yang menjadi vokalis dan gitaris band Virgo and the Sparklings

    Apakah Virgo akan memiliki film solo? Well, belum ada kabar mengenai hal ini, tapi kalaupun tidak, Zara tetap akan memerankan karakter ini dalam film Bumilangit lainnya—bahkan mungkin lebih dari satu film!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram / Layout: Maya Rahmawati Putri)