Lifestyle

10 Cara Cepat Atasi Batuk dan Radang Tenggorokan

  by: Kezia Calesta       28/8/2019
  • Di musim pancaroba, kamu akan lebih rentan terkena sakit batuk dan radang tenggorokan jika tubuh kurang fit atau pola makan kurang dijaga. Akibatnya, kamu pun akan sulit menjalani aktivitas sehari-hari, apalagi jika jadwalmu lebih padat dari biasanya! Untuk mengatasinya, terapkan cara cepat dari Cosmo untuk menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan.


    1. Perbanyak konsumsi air putih.

    First things first, drink more water! Air putih membantu mencairkan lendir dan menjaga tenggorokan agar tetap terhidrasi dan tidak gatal. Ingat untuk menghindari alkohol dan minuman yang mengandung kafein, karena kandungan dalam minuman tersebut dapat mengeringkan tenggorokan.




    2. Mandi air panas

    Bila kamu biasanya bekerja di lingkungan yang dingin atau ruangan AC yang tertutup, mandilah dengan air panas! Uap yang terkumpul saat hot shower bisa meredakan batuk dengan cara meredakan kekeringan dalam tenggorokan, dan kelembapan dari uap tersebut juga bisa melancarkan saluran pernapasan.


    3. Hirup menthol

    Bila sedang berada di suatu tempat yang tidak memiliki hot shower, kamu juga bisa mencampurkan satu sendok makan obat salep menthol (seperti Vicks VapoRub) ke dalam air mendidih. Hirup uapnya selama beberapa menit untuk melegakan radang tenggorokan. Setelahnya, oleskan obat gosok di daerah dada dan dibawah hidung.


    3. Madu

    Riset telah membuktikan bahwa madu efektif mengobati batuk dan sakit leher. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan air hangat dan perasan lemon untuk mencairkan lendir dalam tenggorokan. Minumlah saat perutmu kosong pada pagi hari, dan sebelum kamu tidur.


    4. Lemon

    Ya, buah lemon memiliki banyak sekali manfaat, termasuk membantu meredakan batuk, lho. Bila kamu tidak tahan dengan keasaman sari lemon, kamu juga bisa mencampurkan perasan lemon ke dalam air madu. 


    5. Teh madu + lada hitam

    Bila batuk kamu berdahak, coba resep ini: satu sendok teh lada hitam, dua sendok makan madu, dan air mendidih. Biarkan selama 15 menit, saring lalu minum! Lada akan melancarkan sirkulasi pernapasanmu dan madu akan melegakan sakit batuk.




    6. Teh Jahe

    Tradisi Timur sering menggunakan jahe untuk menyembuhkan sakit pilek dan batuk karena properti antihistamin dan dekongestan yang dimilikinya. Kamu bisa membuat teh jahe dengan menambahkan 12 irisan jahe ke dalam 3 gelas air mendidih. Biarkan selama 20 menit, lalu tambahkan sedikit madu dan lemon. Voila!


    7. Air Garam

    Apakah berkumur dengan air garam dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan? Belum ada riset yang membuktikan cara tradisional ini, namun banyak orang mengaku bahwa cara ini ampuh. Bila kamu ingin mencobanya, campurkan satu sendok teh garam dalam 250 ml air hangat. Kumur dengan air garam tersebut sebanyak 3-4 kali sehari, dan lihat hasilnya.


    8. Istirahat

    Bila kamu ingin menyembuhkan sakit pilek dan batuk yang melanda, kamu harus beristirahat dengan cukup. Tubuh kamu membutuhkan waktu dan energi untuk mengalahkan virus! Bekerja keras dan begadang hanya akan membuat tubuhmu semakin lelah dan stres, so take it easy.


    9. Gunakan humidifier

    Menghirup udara lembab dapat menenangkan jaringan yang bengkak dalam hidung dan tenggorokan. Nyalakan alat pelembap udara untuk mencegah sakit tenggorokan, karena radang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang makin menjadi saat kadar kelembapan di ruangan sangat rendah. Ditambah lagi, humidifier juga bisa meringankan hidung tersumbat dan mencegah mimisan yang dipicu oleh masalah yang menyerang saluran pernapasan. Ingat, bersihkan alat secara rutin untuk meminimalkan pertumbuhan bakteri dan jamur, ya.


    10. Angkat posisi kepala

    Apakah kamu mengalami radang tenggorokan dan hidung tersumbat di waktu bersamaan? Sebelum tidur, letakkan dua bantal di bawah kepala untuk mengangkat posisi kepalamu. Posisi ini akan memudahkan pernapasan agar kamu tidak perlu tidur dengan mulut terbuka. Oh ya, kamu juga bisa mencoba 7 essential oil berikut yang bisa meredakan pilek dan flu.


    (Image: doc. freepik.com)