Better You

10 Tips Agar Kamu Lebih Berenergi Saat Bangun Tidur

  by: Kezia Calesta       3/8/2020
  • Rise and shine! Apakah kamu ingin bangun tidur setiap pagi dengan tubuh serta pikiran yang segar? Berikut 10 tips Cosmo agar kamu lebih berenergi saat bangun tidur.


    1. Jadwalkan jam tidur dengan teratur

    Obviously, kamu tidak dapat bangun dengan tubuh dan pikiran segar jika kamu memang kurang tidur. Jika ingin memulai hari dengan baik, jadwalkan jam tidur selama minimal 7 jam, dan usahakan untuk tidur cukup setiap hari.




    2. Hindari makanan berat saat larut malam

    Jika ingin bangun keesokan paginya dengan tubuh yang segar, jangan konsumsi makanan berat, kafein, serta alkohol sebelum tidur. Kafein akan membuat otakmu sangat aktif, alkohol dapat menghambat kelancaran REM sleep, sedangkan makanan berat dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Oh, dan ingat juga untuk mengosongkan saluran kemih sebelum tidur agar kamu tidak perlu bangun tengah malam!


    3. Atur suasana dalam kamar tidur

    Untuk memudahkan tidur nyenyak, pastikan bahwa kamarmu gelap, hening, dan memiliki suhu udara yang sejuk. Ingat untuk mematikan semua lampu dan gadget, namun jika kamu perlu mendengarkan musik atau suara alam sambil beristirahat, lakukanlah selama setengah jam sebelum memejamkan mata.


    4. Luangkan waktu untuk berberes

    Kamu akan malas bangun pagi jika masih ada banyak pekerjaan yang belum terselesaikan. Karena itu, usahakan untuk membersihkan area tidur dan menyelesaikan pekerjaan yang bisa dilakukan sebelum tidur. Dengan ini, kamu akan bangun di hari esok dengan pikiran yang lebih tenang karena segala pekerjaan sudah tuntas dan tertata dengan rapi.


    5. Disconnect

    Jika kamu ingin merasa lebih segar di pagi hari, coba untuk memisahkan diri dari email dan media sosial sebelum tidur. Luangkan 30 menit untuk sebuah aktivitas menenangkan di mana kamu tidak perlu melihat gadget tanpa henti.


    6. Praktikkan ritual menenangkan

    Pilih sebuah ritual positif yang bisa dilakukan setiap malam sebelum beristirahat, seperti membaca buku, mendengarkan podcast, menulis di journal, atau meminum teh hangat. Praktikkan setiap malam di jam-jam terakhir sebelum tidur, dan lama-lama otakmu akan mengasosiasikan kebiasaan ini dengan keinginan untuk tidur.




    7. Jangan memencet tombol snooze

    Guilty as charged! Banyak orang menyalakan beberapa alarm agar mereka dapat memencet tombol snooze sampai alarm terakhir… padahal kebiasaan ini malah akan memberikan signal kepada tubuhmu bahwa kamu masih belum siap bangun. Lebih baik setel alarm tepat di satu waktu saja, dan bangun di saat itu juga tanpa menekan tombol snooze.


    8. Mulai hari dengan segelas air putih

    Sebelum meminum jus atau kopi favoritmu, ingat untuk menghabiskan segelas air putih sebelum mulai beraktivitas. Hydrate your body, karena kebiasaan ini akan membantu menjaga aliran oksigen dalam tubuh dan membuatmu lebih siap untuk memulai hari.


    9. Dapatkan sinar matahari

    Tidur dalam ruangan yang gelap dan sejuk memang nyaman, namun jika ingin memulai hari dengan segar, kamu memerlukan sinar matahari yang alami. Bukalah tirai jendela dan nikmati sinar matahari selama beberapa menit untuk membangunkan tubuh serta pikiran.


    10. Santap sarapan bernutrisi

    Jangan menyepelekan sarapanmu. Meskipun kamu tidak merasa lapar, ada baiknya memulai hari dengan berbagai vitamin dan mineral dari buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu juga bisa menyantap makanan yang kaya akan protein atau serat, seperti telur dan roti gandum agar kamu memiliki energi untuk menjalankan hari.


    Extra tip: Gunakan aromaterapi!

    Ada berbagai wangi aromaterapi yang bisa membantumu tidur nyenyak, dan ada juga berbagai jenis minyak atsiri yang dapat membantu menyegarkan tubuh. Jika kamu bisa menyalakan diffuser di mobil atau ruang kerja, cobalah wangi peppermint, rosemary, lemon, atau buah citrus lainnya!


    (Image: doc. rawpixel.com via Freepik)