Lifestyle

Cosmo Goes To: Cecemuwe Cafe and Space yang Nyaman & Homey!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       5/8/2020
  • Kini ada banyak pilihan kafe di Jakarta dengan nuansa homey yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan weekend. Dan baru-baru ini, Cosmo menemukan kafe yang agak tersembunyi di area Senayan, Jakarta Selatan, yang memiliki suasana nyaman dan santai: Cecemuwe Café & Space.

    Untuk sampai ke kafe ini sebenarnya tidak sulit. Cecemuwe hanya berjarak sekitar 800m dari Stasiun MRT ASEAN dan 1,7km dari Terminal Bus Blok M, jadi kamu bisa memanfaatkan transportasi umum serta layanan ojek online untuk mengunjungi kafe ini. 




    The Perfect Homey Space

    Kalau kamu berpikir, “Hmm… namanya unik sekali, ya! Apa, sih, artinya?” Nah, kata ‘cecemuwe’ diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti ‘senda gurau’. Tempat ini sendiri bertujuan untuk menjadi lokasi yang nyaman bagi para pengunjungnya untuk berkumpul, nugas bersama, dan melakukan sesi catch-up ditemani dengan hidangan yang nikmat. Cecemuwe berada di area perumahan dan tempatnya sendiri serupa dengan rumah—ada tiga lantai yang dibuka untuk umum, so there’s plenty of space!




    Mulai dari lantai pertama, Cosmo langsung bisa merasakan suasana homey kafe ini. Dan Cosmo rasa desainnya yang cukup simpel dan minimalis pun menghadirkan ketenangan—kamu bisa membawa laptop dan mengerjakan tugas di sini dengan nyaman. 


    Their Out-of-the-Box Menu

    Karena minuman andalan Cecemuwe adalah rangkaian Specialty Coffee, tentu saja Cosmo harus mencobanya! Cosmo memesan dua varian Cafe Latte; dairy dan non-dairy. Kopi yang digunakan Cecemuwe cukup kuat tapi tidak overpowering—perpaduan kopi dan susu cukup seimbang. Dan untuk Cafe Latte tipe non-dairy, it’s surprisingly good! Cecemuwe menggunakan almond milk yang menambahkan sedikit rasa gurih pada kopi. Kalau bukan penggemar almond milk, kamu bisa memilih soy milk yang juga tersedia di kafe ini.



    Untuk mengisi perut, Cosmo menyantap Tempe Mendoan khas Cecemuwe yang disajikan hangat dan dilengkapi dengan saus spicy teriyaki. Yes, tempe with teriyaki sauce! Kebanyakan menu Cecemuwe adalah hasil perpaduan antara makanan Indonesia dan dari luar negeri, and it doesn’t disappoint. Cosmo menyukai tekstur tempe yang crispy di bagian luar, tapi cukup lembut di bagian dalam, dan saus teriyaki-nya pun membuat tempe lebih legit. Apalagi ditemani dengan pemandangan taman Cecemuwe yang hijau, it was a perfect afternoon!






    Kini Cecemuwe sedang mengadakan All Day Beer Promo. Kamu bisa mendapatkan satu bir gratis dengan pembelian dua craft beer. Selain itu, baru-baru ini Cecemuwe juga memperkenalkan menu terbaru mereka, yaitu Fish & Chips dan Spaghetti Bolognese. Kamu bisa memesan paket Fish & Chips dengan Iced Tea seharga Rp49.900,- dan paket Spaghetti Bolognese dan Iced Tea seharga Rp69.900,-. 


    More than just a cozy cafe

    Cosmo juga mengunjungi lantai dua Cecemuwe yang terdiri dari perpustakaan mini dan workshop space, di mana berbagai macam acara biasanya diselenggarakan, mulai dari workshop merangkai bunga, melukis, hingga workshop bullet journal pun pernah diadakan di sini, lho! 




    Lantai dua Cecemuwe juga dilengkapi meeting room yang nyaman dan berfasilitas cukup lengkap. Plus, Cosmo rasa pemandangan di luar jendela meeting room yang hijau bisa meringankan stres saat rapat! Hahaha… 

    Last but not least, the third floor, a.k.a the rooftop! Sama seperti lantai kedua, lantai ketiga kafe ini juga digunakan sebagai event space. Kalau kamu tertarik untuk mengadakan bridal shower bertema rooftop, yoga bersama para sahabat sambil menghirup udara segar, atau pesta ulang tahun simpel dengan pemandangan kota Jakarta, rooftop Cecemuwe adalah pilihan yang tepat. Bahkan di rooftop ini pernah diadakan acara speed dating. How cool is that?!



    Cecemuwe Café & Space dibuka untuk umum setiap hari (10:00 - 22:00 WIB pada hari Minggu hingga Kamis, dan 10:00 - 23:00 WIB pada hari Jumat dan Sabtu). Semua fasilitas Cecemuwe telah dibersihkan dengan disinfektan dan selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Instagram @cecemuwe atau situs cecemuwe.com.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dyah Puspasari / Images: Dok. Cecemuwe Cafe & Space)