Lifestyle

7 Buah Terbaik yang Aman untuk Penderita Diabetes

  by: Kezia Calesta       6/8/2020
  • Meningkatkan konsumsi buah adalah salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan. Namun, penderita diabetes harus berpikir dua kali sebelum menjalankan kebiasaan ini, karena ada berbagai macam buah dengan kadar gula tinggi yang sebaiknya tidak dimakan secara berlebihan. Jika ingin mencari tahu 7 buah yang aman untuk penderita diabetes, simak daftar Cosmo berikut!


    Sebelum membaca lebih lanjut, penting untuk mengetahui bahwa sebelum mengonsumsi buah dan makanan berkarbohidrat lainnya, kamu bisa mengecek indeks glikemiknya terlebih dahulu. Indeks glikemik merupakan rating untuk makanan dari angka 1 hingga 100. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat makanan tersebut dapat menaikkan gula darah kamu. Karena itu, penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi buah dengan indeks glikemik rendah.




    1. Beri

    Kamu bisa menyantap buah stroberi, blueberries, raspberries dan blackberries dalam jumlah yang banyak karena buah beri dikenal sebagai diabetes superfood yang tidak hanya memiliki GI (Glycemic Index) rendah di bawah 40, tetapi juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Jika buah ini terlalu asam buat disantap begitu saja, nikmati buah beri di pagi hari dengan semangkuk plain yogurt untuk ide sarapan sehat!


    2. Jeruk

    Selain kaya akan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh, jeruk mengandung indeks glikemik rendah (31-51), folat dan potasium yang terbukti dapat mengatasi tekanan darah. Ditambah lagi, jeruk dapat membantu mencegah batu ginjal, anemia, dan penyakit jantung.


    3. Ceri asam

    Buah ceri yang asam merupakan pilihan yang aman untuk penderita diabetes, karena buah ini dipercaya dapat membantu mencegah inflamasi serta mengurangi risiko terkena sakit jantung dan kanker. Namun, ingat untuk tidak membeli buah kering atau kalengan, karena buah yang sudah diproses mengandung kadar gula yang sangat tinggi.


    4. Peach

    Juicy and fresh! Peach tidak hanya dikenal lezat, tetapi juga mengandung vitamin A, vitamin C, potasium, serat, dan dikenal sebagai pilihan buah yang aman dengan angka indeks glikemik rata-rata yaitu 42.




    5. Apel

    An apple a day may really keep the doctor away! Jika kamu mau menyantap buah yang kaya nutrisi meskipun sedang terburu-buru, apel dapat menjadi pilihan yang tepat untukmu. Selain memiliki kalori rendah, apel kaya akan vitamin C serta serat yang dapat membuatmu kenyang. Jangan membuang kulitnya karena kulit apel mengandung banyak antioksidan, namun ingat untuk membilas buahmu dengan bersih sebelum menyantapnya, ya.


    6. Anggur

    Meskipun memiliki rasa yang manis, anggur tetap tergolong sebagai buah dengan indeks glikemik rendah, yaitu 53. Lalu menurut Healthline, sebuah studi membuktikan bahwa orang-orang yang mengonsumsi 21 gram ekstrak anggur selama 16 minggu mengalami penurunan dalam tingkat gula darah dibanding grup yang tidak mengonsumsi ekstrak anggur. Kemudian, resveratrol dalam anggur telah terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang nantinya dapat meningkatkan kemampuan tubuhmu untuk menggunakan glukosa dengan baik dan menurunkan tingkat gula darah. 


    7. Plum

    Ternyata, buah plum mengandung properti yang dapat mengatasi gula darah dan kemampuan untuk meningkatkan kadar adiponectin, yaitu hormon yang dapat membantu meregulasi gula darah. Ditambah lagi, plum mengandung banyak serat yang dapat membuat gula darah naik secara lebih perlahan.


    (Image: doc. drobotdean via Freepik)