Lifestyle

Inilah Batu Permata Sesuai Bulan Kelahiranmu dan Artinya

  by: Shamira Priyanka Natanagara       7/8/2020
  • Sebelumnya, Cosmo sudah pernah membahas batu kristal yang sesuai dengan zodiak Sun sign setiap orang. Rupanya beberapa jenis batu kristal memiliki manfaat tertentu yang cocok dengan kepribadian masing-masing zodiak. Selain memilih kristal sesuai zodiak Sun sign, kita juga bisa memilih batu permata sesuai bulan kelahiran kita.

    Beberapa orang percaya, tapi ada pula yang merasa ini, err, memiliki basis yang kurang kuat. Namun pada tahun 1912, American Association of Jewelers telah meresmikan daftar batu permata dan bulan lahir yang diwakilinya. Plus, sejumlah batu permata pun telah digunakan oleh beragam budaya di dunia ini untuk banyak hal, biasanya berkaitan dengan kesehatan. So bisa dibilang ada sejarah yang cukup panjang terkait batu permata dan bulan lahir. 

    Namun percaya atau tidak, ada perasaan bangga ketika kamu memakai perhiasan dengan permata yang melambangkan bulan kelahiranmu, kan? Jadi lain kali kamu mengunjungi toko perhiasan, siapkan panduan berikut ini dan temukan batu permata yang cocok dengan bulan lahirmu (atau bulan lahir orang lain, jika kamu ingin membelikannya hadiah). 



     

    Januari: Garnet

    January babes, batu permata yang sesuai denganmu adalah garnet. Permata ini hadir dalam berbagai macam warna, tapi paling identik dengan warna merah tua yang menyerupai biji buah delima—bahkan di Indonesia garnet dikenal sebagai batu delima. 

    Jika dikaitkan dengan paham cakra dari Hinduisme, garnet dipercaya mampu mengisi tenaga cakra dasar, yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan kelangsungan hidup. Dalam astrologi India, garnet juga dipercaya dapat membantu meringankan depresi, serta meningkatkan kepercayaan diri dan menjernihkan pikiran.


     

    Februari: Amethyst

    Batu kecubung alias amethyst adalah permata yang mewakili orang-orang yang lahir di bulan Februari (dan kalau kamu lahir antara 19 Februari hingga akhir bulan ini, permata ini benar-benar cocok denganmu, karena amethyst juga selaras dengan zodiak Pisces). Nama amethyst sendiri berasal dari ‘amethystos’ dalam bahasa Yunani, yang berarti ‘obat pelawan rasa mabuk’... and it’s true!

    Batu permata bercorak ungu ini dianggap bagus untuk meringankan insomnia, serta menghadirkan ketenangan, kejernihan pikiran, dan menyeimbangkan energi dalam diri. Amethyst memiliki hubungan yang kuat dengan cakra mahkota yang berpusat di atas kepala, sehingga menguasai hubungan seseorang dengan dunia, dan juga cakra mata ketiga yang berkaitan dengan intuisi.


     

    March: Aquamarine

    Warna biru Aquamarine yang tampak jernih sungguh menarik perhatian, bukan? Dan sesuai dengan namanya yang berarti ‘air laut’ dalam bahasa Latin, permata ini berkaitan dengan dewa Neptunus sang penguasa lautan dari mitologi Romawi.

    Karena berkaitan dengan air, permata ini dianggap mampu mengurangi beban emosional dan meningkatkan rasa tenang, serta berkaitan dengan cakra tenggorokan yang mewakili komunikasi dan hubungan dengan orang lain.


     

    April: Diamond

    Diamond is April’s best friend. Berlian dikenal sebagai permata yang melambangkan kemurnian, ketulusan, dan kesetiaan, oleh karena itu batu ini biasa digunakan untuk melambangkan cinta. Nama ‘diamond’ sendiri berasal dari kata ‘adamas’ dalam bahasa Yunani yang berarti ‘tidak bisa dihancurkan’. Benar-benar simbol cinta yang ideal, bukan?

    Pada Abad Pertengahan, berlian dianggap memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit yang berasal dari otak dan kelenjar hipofisis. Selain itu, batu ini juga diyakini bermanfaat bagi keseimbangan dan kemurnian diri. 


     

    Mei: Emerald

    Jika sedang mencari batu permata yang bermanfaat bagi asmara, emerald alias batu zamrud bisa menjadi pilihan yang tepat. Permata ini berhubungan dengan dewi Venus dari mitologi Romawi, penguasa cinta, seks, keindahan, dan kesuburan. Oleh karena itu, sama seperti berlian, emerald pun seringkali dianggap mewakili cinta.

    Untuk meditasi, permata ini dianggap bisa memengaruhi cakra jantung—berguna untuk mengontrol emosi, meringankan stres, dan menenangkan diri, terutama saat iri akibat masalah asmara.


     

    Juni: Pearl 

    Pearl alias mutiara melambangkan kesucian, dan dipercaya dapat membantu membersihkan diri dari emosi negatif. So kalau kamu memiliki kesulitan untuk mengontrol emosi, ada keyakinan bahwa memakai mutiara dapat memberi perlindungan dan menyeimbangkan emosi. Hmm… sepertinya ada banyak orang yang membutuhkannya, hahaha… 




     

    Juli: Ruby

    Batu permata bercorak merah ini seringkali dikaitkan dengan cinta dan semangat yang membara, sesuai dengan warnanya. Dan ruby pun seringkali dianggap sebagai ‘King of Precious Stones’ (Raja Batu Berharga) karena tingkat kekerasannya yang sangat kuat. 

    Berkat kekuatannya, batu permata ini telah digunakan untuk melindungi manusia sepanjang sejarah. Pada Abad Pertengahan, ruby sempat dimanfaatkan untuk melindungi manusia dari penyakit kelamin. Menurut legenda Myanmar, batu ini dipercaya mampu meningkatkan kekuatan fisik seseorang. Kini, beberapa orang percaya ruby mampu melindungi diri dari energi negatif, seperti patah hati. Aww… 


     

    Agustus: Peridot

    Isn’t it cute? Corak hijau muda peridot membuat permata ini tampak seperti permen (atau mungkin hanya perasaan Cosmo saja?). Nah, meski tampilannya cute, permata ini sempat dijadikan sebagai pengusir roh jahat oleh Cleopatra, lho. Di Eropa pada Abad Pertengahan pun batu ini juga digunakan sebagai jimat untuk melindungi pemiliknya dari roh jahat. 

    Sekarang peridot biasanya digunakan untuk membantu melindungi perasaan, ‘menarik’ energi positif agar penggunanya diberkati dengan keberuntungan, keseimbangan emosi, dan perlindungan. It’s a good luck charm!


     

    September: Sapphire

    Sama seperti peridot, safir atau sapphire juga dipercaya dapat melindungi penggunanya dari kejahatan. Warna biru ultramarine-nya yang eye-catching juga melambangkan harapan dan kesetiaan di masa Abad Pertengahan. Bahkan sampai sekarang pun sapphire masih dianggap sebagai permata yang bisa meringankan pikiran, serta berhubungan dengan cakra tenggorokan dan cakra mata ketiga yang berkaitan dengan pemahaman diri.


     

    Oktober: Opal 

    Batu permata yang melambangkan para kelahiran bulan Oktober adalah opal. Batu permata yang memiliki berbagai macam warna ini biasanya digunakan untuk perlindungan emosional, serta meningkatkan suasana hati. 

    Terutama karena warnanya yang prismatik, opal diyakini menarik seluruh spektrum cahaya untuk meningkatkan kebahagiaan. Bahkan pada zaman Yunani kuno pun batu ini dianggap dapat menyembuhkan penyakit dan memberkahi manusia.


     

    November: Topaz 

    Topaz is for November babes! Batu permata yang biasanya memiliki corak emas ini mewakili berbagai hal, di antaranya kemewahan, cinta, dan kekuatan. Pada zaman Mesir kuno batu ini dianggap berkaitan dengan Ra, sang dewa Matahari, sehingga dipercaya dapat menghadirkan perlindungan yang kuat. 


     

    Desember: Turquoise

    Kalau kamu memiliki zodiak Sun sign Sagittarius dan lahir pada bulan Desember, you’re in EXTRA luck. Turquoise dipercaya bagus untuk meningkatkan keberuntungan, dan permata ini ideal untuk Sagittarius yang adventurous. Mistik Hindu memiliki kepercayaan bahwa seseorang akan dapat kekayaan yang berlimpah jika melihat batu turquoise setelah bulan purnama. Dan bagi suku Apache di Amerika, menghiasi busur dengan batu ini dapat membuat panah mencapai target lebih akurat. 


     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Karolina Grabowska from Pexels)