Lifestyle

Jaga Imunitas Tubuh, Ini 8 Makanan Kaya Zinc Untuk Kesehatan

  by: Kezia Calesta       7/8/2020
  • Apakah kamu tahu bahwa zinc dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka? Selain itu, zinc juga terbukti dapat membantu menyembuhkan pilek, mencegah penyakit jantung, mengatasi hypothyroid, hingga meningkatkan kesehatan mata.


    Apakah zinc dapat membantu menangkal virus COVID-19? Mungkin. Meskipun belum ada riset yang membuktikannya, zinc memang dapat meningkatkan sistem imun dan membuat tubuh lebih kuat melawan penyakit. Namun ingat, segala hal yang berlebihan itu tidak baik — ingat untuk membatasi konsumsi sebanyak 8 mg per hari untuk wanita, dan 11 mg per hari untuk pria.




    Berikut adalah 8 makanan kaya zinc yang dapat membantumu menjaga sistem imun tubuh.


    1. Daging

    Daging steak sapi serta paha ayam tidak hanya penuh dengan protein, tetapi juga dapat meningkatkan kadar zinc dalam tubuh. Daging merah merupakan salah satu sumber zinc terbaik, dengan 4.8 mg zinc untuk setiap 100 gram. Itu sudah mencakup 44% kebutuhan energi harian tersebut!


    2. Tahu

    Meskipun rendah kalori, tahu mengandung banyak sekali nutrisi. Dengan menyantap makanan pokok ini, kamu akan mendapat omega-3 fatty acids, zat besi, magnesium, vitamin B1, dan tentunya zinc yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.


    3. Low-fat yogurt

    Mulailah pagimu dengan sarapan sehat yang kaya nutrisi, seperti low-fat yogurt yang mengandung 2 mg zinc per gelasnya (sekitar 22% dari kebutuhan energi harian). Jika ingin opsi yang lebih sehat, ingat untuk memilih versi yogurt yang plain dan unsweetened, ya.


    4. Keju cheddar

    Selain yogurt, keju cheddar juga merupakan sumber baik untuk zinc (100g mencakup sekitar 28% dari kebutuhan energi harian). Even better, keju juga mengandung protein, kalsium, vitamin D, dan berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tulang.




    5. Gandum

    Superfood ini dipercaya dapat memberikan umur panjang, karena selain mengandung zinc, gandum seperti quinoa dan oatmeal juga kaya dengan serat, vitamin B, magnesium, zat besi, fosforus, manganese, hingga selenium. Kombinasi ini dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, serta penyakit jantung.


    6. Sayur kale

    Selain mengandung kadar zinc tinggi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, K, B6, C, kalsium, potasium, dan manganese.


    7. Kacang-kacangan

    Mengonsumsi kacang-kacangan seperti edamame, kacang tanah, kacang mede, dan kacang almond dapat meningkatkan kadar zinc yang membantu pertumbuhan sel, serta memberikan berbagai macam nutrisi mulai dari serat, lemak baik, dan vitamin lainnya.


    8. Seafood

    Meskipun tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebihan, seafood seperti kerang oyster, kepiting, dan lobster merupakan powerhouse untuk zinc. Bahkan, satu oyster saja sudah melengkapi 50% dari kebutuhan energi harian kamu. So, feel free to enjoy it… but remember to limit yourself!


    (Image: doc. Freepik)