Beauty

Hindari Kebiasaan Ini Saat Gunakan Alat Penata Rambut!

  by: Astriana Gemiati       11/8/2020
    • Menggunakan alat pemanas rambut, baik itu curly iron ataupun flat iron memang bisa membantu kamu dalam menata gaya rambut jadi semakin mudah.
    • Namun, banyak kebiasaan yang sering terjadi saat gunakan alat penata rambut yang berakibat tidak baik untuk kamu.
    • Berikut kebiasaan yang umum sering terjadi saat menggunakan alat penata rambut.


    Jika dirawat dan digunakan dengan benar, pengeriting atau pelurus rambut kamu dapat bertahan selama bertahun-tahun. Bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari alat pemanas kamu yang serbaguna dan tidak akan merusak rambut?




    Coba hindari melakukan kebiasaan ini, girls!


    Tidak menyimpannya dengan benar

    Pelurus atau pengeriting rambut dengan tombol yang kendur dan kabel yang terbuka bisa sangat berbahaya dan dapat menyebabkan percikan listrik saat dicolokkan. Cegah hal ini terjadi dengan mengikat longgar menjadi satu. Dan, simpan alat rambut kamu di tempat yang aman dan kering.


    Mengaplikasikan secara berulang-ulang di setiap bagian rambut

    Untuk heat styling, cukup lakukan sekali saja. Jika kamu terus menerus melakukan hal yang sama pada rambut kamu, bisa jadi alat kamu tidak memiliki pengaturan suhu yang tepat untuk ketebalan rambut kamu.



    Malas membersihkan heat styling

    Apakah alat pemanas rambut kamu tidak berfungsi sebaik dulu? Mungkin karena penggunaan semua heat protecting baik jenis oil ataupun serum yang telah menumpuk dan menyebabkan sisa-sisa residu masih menempel, serta kamu tidak pernah menyempatkan untuk membersihkannya. Girls, pastikan setelah menggunakan alat pemanas kamu (tunggu sampai dingin tentunya), kamu cukup bersihkan dengan kain bersih di atasnya agar tetap membuatnya bekerja dengan baik saat hendak digunakan.


    Menggunakan ukuran yang salah

    Bayangkan ini: Kamu memiliki rambut panjang hingga sebatas pinggang, namun kamu menggunakan flat iron yang hanya berukuran setengah inci. Tidak hanya membutuhkan waktu lebih lama untuk menghaluskan helai rambut kamu, namun ini juga dapat menyebabkan banyak kerusakan pada folikel karena kamu akan dipaksa untuk mengulang setiap bagian beberapa kali! (Hufft..)


    Menggunakan suhu tinggi pada rambut yang di bleach

    Bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan flat iron pada rambut yang diwarnai. Kamu harus lebih ekstra hati-hati dalam menggunakannya. Suhu panas yang tinggi membuat rambut berwarna jadi lebih cepat mudah memudar. 



    Tips Cosmo: Gunakan pengaturan panas paling rendah dari flat iron kamu



    Menggunakannya pada kondisi rambut yang masih basah

    Kamu tidak seharusnya mendengar suara desis atau uap keluar dari curly atau flat iron. Pastikan kondisi rambut kamu benar-benar kering sebelum digunakan untuk menghindari kerusakan rambut. ya girls!





    ( Astriana Gemiati / Image: Victoriia Bielik©123RF.com, GIPHY.com / Layout: Rhani Shakurani )