Beauty

3 Cara Mudah Menggunakan Aloe Vera untuk Kulit Berjerawat

  by: Shamira Priyanka Natanagara       10/8/2020
  • Mungkin selama ini kamu mengenal aloe vera alias lidah buaya sebagai tanaman yang bagus untuk melembapkan dan menghidrasi kulit—and it's true! Namun yang terkadang dilupakan orang-orang adalah lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk merawat masalah kulit berjerawat.

    So jika kamu memiliki jerawat atau luka bekas jerawat yang ingin dihilangkan ASAP, inilah beberapa cara mudah untuk memanfaatkan aloe vera untuk kulit berjerawat.




    Sebagai obat totol

    Rachel Nazarian, MD, dermatolog dari Schweiger Dermatology Group di New York City, menyarankan penggunaan lidah buaya sebagai pengobatan topikal untuk merawat luka bekas jerawat. Pastikan kamu wajahmu sudah dicuci hingga bersih, kemudian oleskan lidah buaya pada area bermasalah dan tunggu hingga kering sebelum melanjutkan rutinitas skincare-mu.

    Kamu bisa menggunakan gel dari daun lidah buaya asli yang telah dipotong, atau bisa juga menggunakan produk aloe vera gel yang tersedia di pasaran. Salah satu aloe vera gel favorit Cosmo adalah Innisfree Aloe Revital Soothing Gel yang mampu menenangkan kulit tanpa membuatnya kering, serta bebas parfum buatan yang dapat membuat kulit iritasi.


    Cosmo recommends: Innsifree Aloe Revital Soothing Gel (beli di Shopee, Rp100.000,-.)


    Untuk melawan jerawat yang aktif, campurkan gel lidah buaya dengan tea tree oil. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology mengatakan bahwa tea tree oil bermanfaat untuk melawan jerawat dan mengurangi inflamasi. Sama seperti aloe vera, bahan kandungan alami ini juga bersifat antibakteri, sehingga perpaduannya efektif untuk mengatasi jerawat. Campurkan satu hingga dua tetes The Body Shop Tea Tree Oil dengan gel lidah buaya, lalu oleskan pada jerawat menggunakan cotton bud atau ujung jari (yang sudah dibersihkan, tentunya). 

    Cosmo recommends: The Body Shop Tea Tree Oil (beli di situs resmi The Body Shop, Rp129.000,-.)



    Sebagai face mist

    Agar kesegaran kulit tetap terjaga, gunakan face mist yang mengandung lidah buaya. Kamu bisa memakai Facial Spray with Aloe, Cucumber, and Green Tea dari Mario Badescu yang telah dirancang untuk menghidrasi kulit. Namun jika memelihara tanaman lidah buaya di rumah, kamu bisa membuat face mist sendiri, lho.




    Cosmo recommends: Mario Badescu Facial Spray with Aloe, Cucumber, and Green Tea (beli di Sephora Indonesia, Rp139.000,-.)


    Cara membuat face mist lidah buaya cukup mudah. Campurkan gel lidah buaya dari daunnya dengan air bersih dalam botol semprot (yang sudah dibersihkan sebelumnya), lalu simpan di lemari es agar memiliki efek cooling. It's easy! Kalau menambahkan sedikit aroma pada face mist, tetesken satu atau dua essential oil favoritmu. And then spray it when needed! Ketika kulit merasa kusam atau dehidrasi, semprotkan face mist ini. Kamu juga bisa menggunakannya untuk area leher dan dada.


    Sebagai masker

    Yup, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan kandungan masker untuk para pemilik kulit berjerawat. Ada beberapa resep masker lidah buaya DIY yang bisa kamu coba, tapi favorit Cosmo untuk mengatasi jerawat adalah Shea Aloe Mask. Berikut bahan-bahan yang kamu butuhkan:

    • 2 sendok makan gel lidah buaya
    • 2 sendok makan minyak zaitun
    • 2 sendok makan shea butter


    Sudah punya semua bahan yang dibutuhkan? Good! Sekarang yang perlu dilakukan adalah memanaskan shea butter di dalam microwave selama lima hingga 15 detik hingga mencair, lalu campurkan dengan gel lidah buaya dan minyak zaitun, dan aduk hingga rata. 

    Shea butter memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengatasi kulit meradang, serta dipercaya mampu melembapkan kulit tanpa menyumbat pori-pori. Digabungkan dengan lidah buaya yang antibakteri, anti-inflamasi, dan serta memberi efek dingin pada kulit, Shea Aloe Mask cocok untuk merawat kulit berjerawat dan membuat kulit lebih segar.

    Baca juga: 7 Resep Masker Lidah Buaya untuk Kulit Bercahaya


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Cecília Tommasini from Pexels / Images: Dok. Innisfree Indonesia, The Body Shop Indonesia, Sephora Indonesia, GIPHY)