Lifestyle

Berlatih Kemampuan Mindfulness Lewat Ajang Mindful Project

  by: Givania Diwiya Citta       11/8/2020
    • Mindfulness dipercaya dapat membuat diri mengelola stres jadi lebih baik, memunculkan perasaan bijaksana, dan membantu mengasah potensi diri.
    • Selama tiga hari, konferensi dan latihan online Mindful Project 2020 digelar untuk memaparkan cara-cara menyembuhkan pikiran dengan mindfulness.


    Seperti yang kita tahu, mindfulness adalah kemampuan untuk mengenali keberadaan diri di masa sekarang, membuat diri jadi lebih sadar dalam apapun yang jadi aktivitas atau pengambilan keputusan kita dalam kehidupan sehari-hari. Dan dengan melatih kesadaran diri, kita bisa meraih ketenangan dalam menjalani keseharian kita, lho. Mindfulness juga dipercaya dapat membantu diri dalam mengendalikan stres secara lebih baik, lalu bisa memunculkan perasaan bijaksana dalam setiap pengambilan keputusan, hingga bisa membantu kita dalam mengenali potensi diri untuk mengasahnya lebih dalam. Pada akhirnya, melatih mindfulness bisa mengantarkan kita pada rasa bahagia dalam hidup!





    Oleh karenanya, konferensi dan latihan online Mindful Project 2020 pun digelar oleh hasil kolaborasi aplikasi kesehatan mental Riliv dengan penyelenggara acara konferensi mindfulness tahunan, Mindful Project. Selama tiga hari pada 8 hingga 10 Agustus, konferensi yang digelar secara virtual ini pun menghadirkan berbagai macam exercise sampai talk show interaktif bersama para pembicara lintas bidang ahli. Mulai dari meditasi bersama, sesi relaksasi lewat sound healing, sampai talk show mengenai mindful eating dan mindful terhadap lingkungan di bumi. Pembicaranya pun merentang dari Reza Gunawan selaku Holistic Healing Expert, Dimas Danang selalu Presenter, Max Mandias selaku Nutritional Health Coach, sampai aktris dan penyanyi Eva Celia.



    Cosmo pun berkesempatan untuk mengikuti rangkaian acara ini. Mulai dari hari pertama, di mana Cosmo diajak untuk menyegarkan jiwa lewat berlatih yoga dengan musik bersama Indrawati Widjanarko. Di sini, kita dilatih untuk lebih menjiwai bahwa setiap sentuhan hingga tarikan napas dalam latihan yoga, bisa membantu kita menerima energi-energi baik dari semesta, lho! Lalu pada hari kedua, Avi Basuki dan Adeline Windy pun membimbing kita untuk relaks lewat alunan berbagai bebunyian yang menenangkan. Tujuannya? Untuk sebuah self healing! Di sesi ini, kita dilatih untuk menerima seluruh emosi dan menghadapinya, sekalipun itu rasa sakit ataupun luka batin. 





    Selanjutnya, Marissa Anita selaku jurnalis dan aktris pun hadir untuk membahas bagaimana menjadi mindful saat kita menjalani hidup di dunia yang penuh ambisi serta bersifat serba cepat ini. Jika kamu mengangguk bahwa topik ini penting, Cosmo juga begitu! Karena di era modern ini, menjadi mindful itu tak hanya sebatas dalam kehidupan karier saja, tapi juga pada perilaku kita sehari-hari, lho, tak luput dalam berlaku di dunia media sosial. Sesi lain yang tak kalah menarik adalah topik mengenai “Happier Life through Food” yang diisi oleh Max Mandias, serta “Eco-Mindfulness” bersama Eva Celia. Karena lagi-lagi, kita diingatkan bahwa sebuah pilihan gaya hidup dan pola makan kita masing-masing, nyatanya bisa berdampak cukup besar pada kesehatan fisik, mental, emosi, bahkan pada lingkungan di bumi.



    Dengan berbagai macam transfer wawasan serta latihan yang kolektif, rasanya tujuan dari konferensi virtual ini bisa tercapai, bahwa kita diajak untuk melatih menyembuhkan pikiran lewat memanfaatkan kelima panca indera. Tapi lebih dari itu, kita kembali diingatkan bahwa mindfulness sangat memungkinkan (dan tentu saja dianjurkan!) untuk dipraktikkan dalam aktivitas sehari-hari, sesederhana dalam mindful saat makan, hingga mindful saat berbisnis ataupun melakukan kegiatan sehari-hari lainnya. Kudos!


    (Givania Diwiya / Images: Karolina Grabowska from Pexels)