Lifestyle

Wajib Tahu! 10 Bumbu Dasar yang Harus Ada di Masakan Korea!

  by: Giovani Untari       12/8/2020
    • Tertarik untuk mencoba membuat masakan Korea, babes? Berikut ini 10 bumbu dasar yang harus ada di masakan Korea.
    • Bumbu dasar tersebut di antaranya gochujang (pasta cabai), bawang putih, daun bawang, serta minyak wijen.


    Kepopuleran kultur Korea di Indonesia tentu tak sebatas soal drama Korea serta musik K-Pop semata. Pasalnya makanan Korea atau K-Food juga ikut disukai oleh masyarakat Indonesia. Beberapa menu makanan seperti tteokbokki, kimchi, buddae jiggae, serta jjangmyeon pastinya sudah tidak asing lagi buat kamu. 





    Nah bagi kamu yang menyukai makanan Korea dan tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah, ternyata ada sejumlah bumbu dasar yang wajib ada di menu masakan Korea lho! Bumbu-bumbu ini akan menjadikan masakan Korea kamu memiliki citarasa yang lebih otentik.

    Apa saja kah bumbu tersebut? Ini dia 10 bumbu dasar yang harus ada di menu masakan Korea:


    1. Gochujang / Pasta Cabai


    Bumbu dasar pertama untuk menciptakan rasa masakan khas Korea adalah gochujang atau pasta cabai. Umumnya gochujang dikemas dalam wadah khusus berwarna merah dan bisa kamu beli di supermarket. Teksturnya pun kental dan bisa langsung kita ambil untuk dicampurkan ke dalam menu masakan Korea. Meski berwarna merah menyala, tetapi gochujang memiliki cita rasa pedas dan sedikit manis. Biasanya gochujang digunakan untuk masakan seperti bibimbap, tteokbokki, serta beberapa jiggae (sup khas Korea).


    2. Bawang Putih


    Bawang putih adalah bumbu yang sangat esensial dalam masakan Korea. Ia digunakan hampir di setiap masakan Korea, karena memang warga Korea Selatan begitu mencintai bawang putih. Aroma bawang putih yang kuat menjadikan masakan lebih harum dan nikmat. Bawang putih juga bisa digunakan sebagai penyedap rasa alami dari masakan Korea.


    3. Doenjang / Pasta Kedelai


    Doenjang atau pasta kedelai digunakan sebagai bumbu dasar untuk campuran sup di Korea. Salah satunya sup doenjang atau doenjang jjigae yang begitu populer dan menjadi menu makanan harian masyarakat Korea. Doenjang sendiri terbuat dari fermentasi kedelai dan bisa kamu kenali dengan warnanya yang coklat tua.


    4. Gochugaru / Bubuk Cabai


    Warna merah menyala yang identik dengan menu masakan Korea juga umumnya berasal dari penggunaan gochugaru atau bubuk cabai. Gochugaru berasal dari cabai Korea yang dikeringkan hingga menjadi bubuk. Gochugaru kerap digunakan dalam proses pembuatan bumbu kimchi, jjampong, tteokbokki, kimchi jiggae serta yukgaejang (sup daging pedas Korea).




    5. Minyak Wijen

    Aromanya yang khas menjadi keunggulan dari minyak wijen. Penggunaan minyak wijen ke dalam masakan Korea membuat makanan menjadi lebih harum dan terasa nikmat. Minyak wijen tak asing lagi dipakai saat membuat masakan Korea seperti kimbap, isi mandu (dumpling khas Korea), serta campuran di saus Korean BBQ


    6. Ganjang / Kecap Asin


    Kalau kamu suka menonton video resep memasak makanan Korea di Youtube, pasti kamu akan menemukan betapa pentingnya menggunakan kecap asin atau ganjang di Korea. Bahkan ada menu populer seperti ganjang gejang, yaitu kepiting fermentasi yang direndam dalam larutan kecap asin. Wow! Kecap asin kerap ditambahkan dalam menu masakan seperti nasi goreng Korea, hidangan tumisan, dan juga sup.

     

    7. Mulyeot / Sirup Jagung


    Untuk mendapatkan rasa yang manis, warga Korea juga kerap mencampurkan sirup jagung ke dalam makanan mereka. Biasanya sirup jagung menjadi bahan untuk membuat dakgangjeong atau ayam pedas manis khas Korea. Teksturnya yang kental menjadikan masakan terlihat lebih mengkilap dan menggoda saat dihidangkan.


    8. Biji Wijen


    Tidak hanya minyaknya, biji wijen juga dipakai untuk campuran masakan Korea. Mulai dari bibimbap, tteokboki, bulgogi serta japchae umumnya diberi taburan biji wijen saat hendak disajikan. Biji wijen sendiri memiliki rasa yang unik serta membuat aroma makanan menjadi lebih nikmat.


    9. Daun Bawang


    Daun bawang juga tidak boleh ketinggalan dalam setiap masakan Korea. Ia menjadi penyedap alami sekaligus penambah aromanya yang kuat pada masakan Korea. Umumnya daun bawang ditambahkan dalam beberapa menu jiggae (sup khas Korea), pancake Korea (pajeon), serta buldak chicken.

     

    10. Jahe

    Selain baik bagi kesehatan, jahe juga telah lama dipercaya sebagai bagian dari bumbu masakan Korea. Wangi jahe yang kuat, mampu menghilangkan rasa amis dari bahan mentah yang digunakan. Masyarakat Korea umumnya menggunakan jahe untuk masakan seperti samgyetang (sup ayam gingseng Korea).




    (Giovani Untari / Images: Dok. Instagram @Ciao_kitchen, @milk_moustache, beyondkimchee.com, tenor.com)