Fashion

Ini Para Desainer Muda Pemenang ANFA 2020 Tingkat Nasional

  by: Shamira Priyanka Natanagara       11/8/2020
  • Di masa pandemi ini, industri fesyen mulai memanfaatkan teknologi untuk mengadakan pagelaran busana dan perhelatan lainnya, salah satunya ajang Asia NewGen Fashion Award (ANFA 2020). Ajang kompetisi desainer muda oleh majalah Harper's BAZAAR Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, India, dan Vietnam ini telah diadakan secara rutin sejak tahun 2013. Pada tahun ketujuhnya ini, semangat para desainer muda tidak padam di tengah pandemi virus corona, dan ANFA 2020 pun diadakan secara virtual.

    Menggunakan visual motion sebagai format visualisasi, karya para peserta ANFA 2020 di Indonesia ditampilkan melalui live stream di kanal YouTube Harper's BAZAAR Indonesia pada Sabtu, 8 Agustus kemarin. Visual motion yang mendukung peragaan busana para peserta adalah hasil kolaborasi dengan multimedia artist Eldwin Pradipta, yang mengusung konsep Cinematic Virtual Fashion Show agar dapat menyampaikan kisah setiap busana karya para desainer muda dengan apik.

    Mengingat industri fesyen adalah salah satu penyumbang limbah terbanyak, ANFA tahun ini juga ingin meningkatkan rasa peduli terhadap isu lingkungan. Oleh karena itu, 'Sustainability' dipilih sebagai tema ANFA 2020, dan kedelapan finalis kompetisi ini menyerahkan karya busana yang sesuai dengan tema tersebut. 





    Sebagai juri, fashion designer Didi Budiardjo dan Sebastian Gunawan, Jeremy Quek mewakili pabrik tekstil garmen Sritex, Ria Juwita mewakili PT. Plaza Indonesia, Ria Lirungan selaku Editor-in-Chief Harper's BAZAAR Indonesia, Michael Pondaag selaku Head of Stylist Harper's BAZAAR Indonesia, serta Christine Barki dan Stephanie Susilo mewakili JD.ID, sponsor utama ANFA 2020, telah memilih dua orang pemenang. Denniel Richard dengan labelnya Tanah Le Sae dan Stefani Evelyn dengan Sevelyna terpilih sebagai pemenang nasional, dan mereka akan lanjut bersaing di tingkat regional dengan desainer muda dari Thailand, India, dan Singapura




    Melalui label Tanah Le Sae, Denniel menciptakan busana yang terbuat dari sisa potongan dekonstruksi dan dirancang dengan model gender fluid. Di sisi lain, Stefanie mewujudkan desainnya yang terinspirasi dari pengaruh sains, alam, dan lingkungan menjadi pakaian dengan proporsi sculpted.



    Alyza Bachmid juga terpilih sebagai Pemenang Pilihan oleh Plaza Indonesia. Desainer muda yang koleksi pakaiannya terinspirasi dari gaya bohemian khas era 1960-an dan 1970-an ini mendapatkan voucher belanja senilai Rp 10.000.000,-.



    "Melalui kolaborasi ANFA 2020, JD.ID dan Harper's BAZAAR Indonesia berharap ajang bergengsi ini akan membuat para desainer muda semakin giat untuk mengekspresikan karya," kata Stephanie Susilo, juri ANFA 2020 Indonesia sekaligus Head of Fashion & Toys Category JD.ID.

    ANFA sendiri telah melahirkan sejumlah sosok ternama di industri fesyen, di antaranya desainer Peggy Hartanto dan Sheila Agatha Wijaya dari label Sean & Sheila yang menjadi pemenang nasional ANFA 2013.

    Tahun 2019 lalu, Kelly Valerie dari Indonesia berhasil membanggakan tanah air sebagai pemenang Grand Final ANFA 2019. Kira-kira siapa yang akan meraih penghargaan utama tahun ini? We can't wait to find out!

    Simak koleksi busana kedelapan finalis ANFA 2020 Indonesia berikut ini:


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: S. Dewantara / Images: Dok. Harper's BAZAAR Indonesia)