Lifestyle

Sembelit? Ini Cara Mudah & Alami Atasi Konstipasi

  by: Kezia Calesta       11/8/2020
  • Apakah kamu sering mengalami konstipasi, alias sulit membuang air besar? That’s completely normal! Sembelit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari diet yang kurang sehat hingga kurang beraktivitas.


    Menurut Medical News Today, berikut tanda-tanda kamu mengalami konstipasi:



    • BAB kurang dari tiga kali seminggu
    • Perut sering terasa kembung
    • Tinja berkentuk kecil dan keras
    • Kesulitan dan sakit setiap BAB


    Jika ingin melancarkan pencernaan, berikut cara mudan dan alami yang dapat kamu praktikkan untuk mengatasi konstipasi.


    1. Rajin minum air putih

    Ini sebuah kebiasaan penting yang sering dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal, konsumsi air putih yang cukup merupakan salah satu hal paling krusial untuk kesehatan. Ingat untuk meminum 8 gelas atau 2 liter air setiap hari, dan jangan lupa menghabiskan satu gelas air hangat setiap kali kamu bangun tidur. 


    2. Tingkatkan konsumsi serat

    Ingin memperbaiki diet dengan makanan yang kaya serat untuk mengatasi sembelit? Perbanyak konsumsi oatmeal, roti gandum, beras merah, serta buah dan sayuran kaya serat seperti brokoli, wortel, papaya, dan alpukat. 


    3. Minum kopi

    Meskipun kopi bukanlah minuman yang sehat untuk dikonsumsi secara berlebihan setiap hari, banyak orang mengakui bahwa kopi terbukti manjur untuk membantu BAB. Sebuah studi pada tahun 1998 menyatakan bahwa kopi dapat bekerja 60% lebih efektif dibanding air putih.




    4. Tingkatkan konsumsi produk dairy

    Makanan yang kaya probiotik seperti susu dan yogurt dapat membantu melancarkan pencernaan. Why? Sebagian orang yang mengalami konstipasi memiliki ketidakseimbangan bakteri dalam usus. Karena itu, makanan yang kaya probiotik dapat membantu menyeimbangkannya dan mencegah konstipasi.


    5. Ambil posisi jongkok saat BAB

    Satu tindakan sederhana yang dapat membantu kamu adalah dengan menempatkan sebuah bangku kecil di depan kloset duduk. Letakkan kedua kakimu di atas bangku tersebut, dan posisi jongkok ini dapat membantu melancarkan BAB.


    6. Mulai kebiasaan berolahraga

    Apakah kamu sudah banyak minum air dan menyantap makanan berserat, namun tetap mengalami sembelit? Try light exercise. Jika kamu menghabiskan waktumu sehari-hari di hadapan komputer dan jarang menjalankan aktivitas fisik, ini dapat menjadi faktor yang menyebabkan konstipasi. Mulailah dengan berjalan keliling kompleks perumahan, atau mengikuti kelas yoga online… you’ll be surprised with the results.


    (Image: doc. Freepik)