Lifestyle

Menurut Ahli, 8 Kebiasaan Ini Bisa Mencegah Kanker Payudara

  by: Kezia Calesta       12/8/2020
  • Kanker payudara merupakan topik yang menyeramkan untuk wanita. Menurut situs breastcancer.org, sekitar 1 dari 8 wanita di Amerika Serikat memiliki kemungkinan untuk mengidap kanker payudara. Namun seperti penyakit lainnya, kamu bisa meminimalisir risiko terkena kanker payudara dengan mempraktikkan gaya hidup yang lebih sehat dan menghindari stres. Menurut para ahli, ada 8 kebiasaan baik yang dapat kamu jalankan untuk mencegah kanker payudara.


    1. Pertahankan berat badan yang sehat

    Obesitas atau berat badan yang jauh di atas rata-rata meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk kanker payudara. Menurut Dr. Peddi Parvin dari University of California, alasannya adalah karena sel lemak mengeluarkan berbagai kandungan termasuk estrogen yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Studi lain menunjukkan bahwa penurunan berat badan sebanyak 5% saja dapat menurunkan risiko kanker payudara sebanyak 25-40%. 




    2. Kurangi konsumsi daging merah

    Studi yang diterbitkan oleh International Journal of Cancer menyatakan bahwa konsumsi daging merah dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Dr Gioa Mitrou, Director of Research di World Cancer Research Fund International. Karena ini, ada baiknya kamu menukar diet daging merah dengan ayam kampung atau ikan yang kaya akan omega-3.


    3. Kurangi konsumsi alkohol

    Jika ingin mencegah kanker payudara, inilah saatnya untuk menghentikan kebiasaan meminum alkohol secara berlebihan. Lebih dari 100 studi telah menemukan bahwa alkohol dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Menurut Dr. Parvin, “Meminum lebih dari satu gelas alkohol per hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara secara drastis.”


    4. Tingkatkan konsumsi serat

    Fiber does wonders for your body. Selain meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan pencernaan, sayuran dan buah yang kaya serat dapat menurunkan risiko kanker payudara sebanyak 5% jika dikonsumsi secara rutin.


    5. Perbanyak olahraga

    Menurut Dr. Susan Domchek, direktur Basser Center di Perelman School of Medicine, kebiasaan olahraga yang rutin dapat meningkatkan kesehatan, termasuk penyakit jantung dan penurunan risiko kanker. Untuk menjaga kesehatan tubuh, lakukan kegiatan aerobik atau cardio selama 75-150 menit dalam satu minggu.




    6. Dapatkan jam tidur yang cukup

    Istirahatlah sebanyak 6-9 jam setiap malam, karena berbagai studi telah membuktikan bahwa wanita yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak hampir 50%. Why? Tubuhmu membutuhkan metabolisme yang baik untuk menjaga kesehatan, dan kurang tidur dapat menurunkan metabolisme dan membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit.


    7. Hindari asap rokok

    Menurut Dr. Anne McTiernan yang bekerja di Hutchinson Cancer Research Center, merokok dapat meningkatkan risiko kanker payudara. “Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan berbagai macam kanker lainnya, so it makes sense to quit.


    8. Tingkatkan konsumsi vitamin

    Ada berbagai suplemen yang dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, seperti flax seed yang kaya akan omega-3 dan vitamin D yang dapat mengatur pertumbuhan sel payudara yang normal. Lalu, probiotik, sulforaphane, dan minyak ikan juga dapat membantu pencegahan kanker. 


    (Image: doc. @halayalex via Freepik)