Better You

Catat! Daftar Makanan Tinggi Protein Rendah Karbo untuk Diet

  by: Givania Diwiya Citta       13/8/2020
    • Seorang ahli dalam berat badan mengungkapkan sumber terbaik untuk diet dari makanan tinggi protein namun rendah karbohidrat.
    • Ada banyak daftar makanan yang direkomendasikan, bahkan tak luput dalam opsi vegan dan vegetarian untuk diet yang seimbang.


    Pernah berpikir bahwa diet protein hanya strict untuk para bodybuilder? Ternyata tidak, lho, girls. Banyak orang yang tertarik untuk mempelajari bagaimana caranya melibatkan lebih banyak protein tapi rendah karbohidrat sebagai bagian dari diet yang seimbang – dan tentunya untuk alasan kesehatan bagus lainnya. Tak hanya makanan berprotein tinggi itu bagus untuk membangun otot dan kekuatan, tapi makanan berprotein tinggi juga bisa membantu tubuh untuk membakar energi dan bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama (artinya, kamu bisa tak terlalu tergoda untuk makan camilan yang manis, apalagi jika biasanya kamu sering ingin jajan yang manis-manis).




    Tapi apa saja opsi terbaiknya? Cosmo menanyakan seorang dietician Sophie Medlin, dari City Dieticians, untuk merekomendasikan delapan opsi favoritnya untuk mendapatkan asupan protein, dan yang tidak banyak mengandung karbo. Ia juga meyakinkan Cosmo bahwa ada opsi vegan dan vegetarian di dalam daftarnya, lho. Catat, Cosmo babes!


    Greek yogurt

    Yoghurt secara general saja sudah merupakan makanan berbintang untuk semua yang mencari asupan protein yang baik (dan tentu saja tidak merugikan bagi kita berkat opsi lemak 0% itu). “Yoghurt itu sangat bagus, sumber protein yang rendah lemak dan bisa dengan mudah diubah menjadi sarapan ataupun menu dessert lezat yang memiliki karbo rendah nan seimbang,” ungkap Sophie. “Umumnya, peraturannya adalah semakin padat yoghurt, semakin memuaskan juga rasanya.” Sebuah perasan lemon akan menambah rasa pada semangkuk yoghurt, tambahkan juga serbuk kayu manis atau satu sendok teh madu (yang hanya akan memakan 25 kalori saja).



    Krim keju dengan timun atau seledri

    “Semua makanan yang mengandung susu memiliki nutrisi matriks yang sulit ditemukan di pola diet lain,” ujar Sophie. “Kombinasikanlah dengan sayuran rendah karbo untuk mendapatkan camilan enak yang punya karbohidrat rendah.” Satu menu yang mudah untuk dibuat juga, bukan?


    Sarden dengan saus tomat

    “Sarden kaleng adalah sumber baik untuk protein, kalsium, dan acid lemak yang esensial, dan ketika dikemas dalam kemasan kaleng ditambah dengan saus tomat pedas, makanan ini bisa menjadi camilan enak,” rekomendasi Sophie.





    Telur

    Tentu kamu sudah tahu ada banyak cara untuk memasak telur, jadi syukurlah telur masuk ke dalam daftar makanan tinggi protein rendah karbo ini. Sophie pun mengungkapkan cara favoritnya memakan telur, “Saya suka sekali telur rebus dengan beberapa potongan tomat, atau telur orak-arik dengan jamur dan bayam – kedua menu ini sama-sama rendah karbo dan tinggi akan protein.”


    Hummus

    Dengan opsi krim keju, hummus (dan semua colekan yang ditumbuk), bisa disajikan secara lezat sebagai makanan pendamping salad, atau bisa juga dengan timun dan seledri, untuk mendapatkan karbo yang rendah namun berprotein tinggi untuk diet.


    Falafel

    Kalau kamu tidak pernah mencoba membuatnya sendiri, mengapa tidak coba sekarang? “Sangat mudah untuk membuat falafel sendiri dan Anda bisa membatasi jumlah karbohidrat tambahan yang ada dalam adonannya,” ujar Sophie. “Saat Anda menyempurnakannya, falafel bisa jadi lezat saat disajikan dengan tzatziki sebagai bagian dari hidangan pokok ataupun sebagai camilan.”



    Kacang

    Saran lain untuk camilan lezat yang tak merepotkan: kacang-kacangan. “Kacang adalah sumber baik kaya nutrisi yang sulit ditemukan di mana pun dalam diet lain. Kacang juga rendah karbo, tinggi protein, dan kaya serat.”


    Protein shakes

    Dan yang terakhir… protein shakes. Apa manfaatnya? “Sebagai sebuah pilihan terakhir, protein shakes bisa bermanfaat sebagai opsi tinggi protein dan rendah karbo. Meski protein shakes bukan dimaksudkan menjadi hidangan pokok, namun akan nyaman saat Anda sedang butuh yang bisa dikonsumsi secara cepat,” ujar Sophie. Mengingat peraturan emas untuk meraih diet yang seimbang, protein shakes baik untuk dinikmati secara moderat saja.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Cosmopolitan UK / Jennifer Savin)