Beauty

9 Cara Ampuh Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

  by: Kezia Calesta       13/8/2020
  • Pori-pori pada kulit wajah setiap orang memiliki tampilan dan ukuran yang bervariasi, dan disebabkan oleh berbagai faktor: mulai dari tipe kulit, usia, genetika, hingga seberapa seringnya kulitmu terpapar sinar matahari. Meskipun kamu tidak menyukai penampilan pori-pori wajahmu yang besar, perlu diingat bahwa mereka memegang peran penting — pores allow the skin to breathe.


    Karena itu, pori-pori memang tidak bisa dihilangkan ataupun diubah ukurannya… namun, kamu dapat menerapkan berbagai hal untuk meminimalisir penampilannya. Berikut tips dari Cosmo untuk membuat pori-pori wajah tampak lebih kecil.




    1. Jauhi kaca pembesar

    Ingat: tidak ada orang yang terlalu memerhatikan pori-pori pada wajahmu, kecuali kamu sendiri. Ingat bahwa hal ini normal, semua orang memiliki pori-pori, dan jauhi kaca pembesar yang membuat segala hal tampak lebih besar dari aslinya. Just relax.


    2. Bersihkan wajah setiap hari

    Kebiasaan membersihkan wajah dengan cleanser setiap pagi dan malam penting untuk menjaga kebersihan kulit. Jika kamu ingin membersihkan wajah sebanyak satu kali sehari, lakukan pada malam hari agar kamu bisa membersihkan semua debu dan kotoran yang menempel di wajah sebelum tidur.


    3. Gunakan eksfoliator jika kulitmu berminyak

    Kebiasaan eksfoliasi dapat membantu mengeluarkan sel mati serta minyak berlebihan dari pori-pori. Jika kamu memiliki tipe kulit yang berminyak atau kkombinasi, lakukan sebanyak tiga kali seminggu dengan toner, serum atau scrub yang mengandung AHA (glycolic, lactic, mandelic acid) atau BHA seperti salicylic acid.

    Just so you know, glycolic acid sering direkomendasikan oleh dermatologis karena bahan kimia ini ampuh melarutkan sel kulit mati dan menyerap minyak. Namun jika kamu mau opsi yang lebih ringan, coba lactic acid. 


    4. Gunakan retinoid

    Saat kolagen dalam kulitmu melemah akibat usia, paparan sinar matahari, atau trauma kulit, lapisan pori-pori kamu juga akan tampak lebih besar. Karena itu, jika ingin menstimulasi produksi kolagen dan memperkuat dinding pori-pori, tambahkan retinoid serum atau krim ke rutinitas skincare kamu. Namun ingat, efek retinoid cukup kuat… maka gunakan sedikit terlebih dahulu setiap beberapa hari, kemudian tingkatkan frekuensi secara perlahan agar kulitmu lebih terbiasa.




    5. Gunakan clay atau charcoal mask

    Jika sedang mencari alasan untuk menambahkan masker ke koleksi skincare kamu, this is it! Clay dan charcoal mask dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri, debu, dan minyak — semua hal yang menyumbat pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar. Namun seperti eksfoliator, efek masker juga hanya sementara maka harus dilakukan setiap minggu. Berikut rekomendasi masker wajah untuk mengecilkan pori-pori kulit.


    6. Bersihkan wajah setelah olahraga

    Pori-pori kamu dikelilingi oleh pembuluh darah yang dapat membesar saat kamu berkeringat. Karena ini, ingat untuk membilas wajah sebelum dan sesudah olahraga agar makeup, kotoran, dan bakteri tidak masuk ke pori-pori yang sedang membesar. But it’s not all bad news: dengan ini, skincare yang kamu aplikasikan setelah mencuci muka juga akan diserap oleh kulit dengan lebih baik.


    7. Jangan menyentuh wajah

    Apakah kamu memiliki kebiasaan menyentuh wajah saat sedang menjalani aktivitas sehari-hari? Bakteri di jari-jarimu dapat berpindah ke muka dan masuk ke pori-pori, maka hindari kebiasaan tersebut. Hindari juga kebiasaan mengorek jerawat atau pori-pori tersumbat, karena hal ini hanya akan membuat penampilannya semakin parah.


    8. Gunakan SPF

    Selalu ingat untuk mengaplikasikan sunscreen agar kulitmu terlindung dari sinar UV matahari. Why? UV dan polusi mengakibatkan radikal bebas yang merusak kolagen dan elastin dalam kulit, dan ini akan memberikan dampak buruk terhadap pori-pori dan kekencangan kulit. Berikut rekomendasi sunscreen spray yang cocok untuk touch-up di tengah hari.


    9. Gunakan primer sebelum makeup

    Makeup dapat diserap oleh pori-pori dan membuat keriput tampak lebih jelas. Jika kamu sedang mencari solusi untuk masalah tersebut, gunakan silicone makeup primer agar kamu bisa mengaplikasikan foundation secara smooth setelahnya. Tentunya ini bukan solusi yang terbaik, namun jika kamu khawatir akan pori-pori yang terlihat semakin jelas setelah makeup, ingat untuk menggunakan primer terlebih dahulu.


    (Image: doc. @diana.grytsku via Freepik)