Lifestyle

Daftar Film Pahlawan Indonesia yang Wajib Kamu Tonton!

  by: Givania Diwiya Citta       16/8/2020
    • Daftar film pahlawan Indonesia yang inspiratif akan menumbuhkan semangat nasionalisme.
    • Mulai dari tokoh Kartini, Presiden Soekarno, hingga pahlawan nasional Jenderal Sudirman.


    Dirgahayu Republik Indonesia! Bagaimana caramu merayakan Hari Kemerdekaan, girls? Kalau Cosmo terpikirkan untuk mengilas balik pada kisah para pejuang yang mendedikasikan tenaga, pikiran, serta jiwanya untuk Tanah Air. Ya, berkat para sosok pahlawan heroik yang memperjuangkan banyak sektor dari kehidupan kita, mereka memberi kita kesempatan untuk membentuk kehidupan yang progresif di masa sekarang. Dengan menyaksikan film para pahlawan Indonesia, kita bisa menumbuhkan spirit nasionalisme, dan membakar semangat untuk menjadi versi terbaik dari apa yang bisa kita kerahkan, bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk lingkungan sekitar, lho. Selamat terinspirasi!




    Soekarno: Indonesia Merdeka


    Film yang dirilis pada tahun 2013 dan dibintangi oleh Ario Bayu ini mengisahkan tentang perjalanan politik Soekarno serta mimpi besarnya untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Cerita dimulai dari masa-masanya sebagai politikus muda – yang berkat pledoi "Indonesia Menggugat" miliknya – dibuang ke Ende sampai Bengkulu, lalu cerita Soekarno di antara dinamika serta asmara dalam kehidupan rumah tangganya, hingga langkah taktisnya yang mengantarkan Indonesia menuju kemerdekaan yang diimpi-impikan. 


    Jenderal Soedirman


    Adipati Dolken memerankan seorang jenderal besar yang memimpin perang gerilya kala mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ya, inilah film biopik tokoh Jenderal Soedirman yang dirilis pada tahun 2015. Cerita dimulai saat Belanda menyatakan penghentian gencatan senjata pada tahun 1948, dan membuat agresi militer dengan menyerang Yogyakarta yang kala itu menjadi ibukota Republik. Saat Soekarno-Hatta diasingkan ke Pulau Bangka, Jenderal Soedirman langsung memimpin perang gerilya selama tujuh bulan meski ia sedang sakit berat. Inilah pahlawan yang memimpin kemenangan TNI dan rakyat melawan Belanda, hingga Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan RI seutuhnya.


    Kartini


    Inilah film biografi dari seorang tokoh perjuangan emansipasi perempuan Indonesia, Kartini. Film ini menceritakan bagaimana Kartini (diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang, baik berdarah keturunan ningrat ataupun bukan, terutama tentang hak pendidikan untuk kaum perempuan. Gagasan kesetaraan Kartini pun tergerak karena semasa hidupnya, ia melihat langsung bagaimana ibunya, Ngasirah, menjadi orang terbuang bahkan di rumahnya sendiri, dengan alasan tak memiliki darah ningrat. Bersama kedua saudarinya, Kartini pun mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk warga Jepara.




    Susi Susanti: Love All


    Bagaimana bisa kita melupakan atlet bulu tangkis putri Indonesia yang membuat harum nama negara sampai meraih medali emas di Olimpiade Musim Panas 1992 Barcelona? Tidak, Cosmo tidak bisa melupakan sejarah heroik sosok Susi Susanti. Dibintangi oleh Laura Basuki, film biografi ini mengisahkan perjalanan hidup sang atlet yang sedari kecil telah tekun terhadap badminton. Namun kisah kepahlawanannya diceritakan pada saat kejuaraan Badminton Thomas Uber Cup Hongkong tahun 1998, kala Indonesia mengalami krisis serta kerusuhan. Susi yang berasal dari keturunan Tionghoa – kaum yang hidup dalam ancaman kala itu – justru tengah membela nama Indonesia di ajang internasional, hingga bisa menjadi modal pemersatu bangsa Indonesia kembali.


    Rudy Habibie (Habibie Ainun 2)


    Film prekuel dari Habibie Ainun ini berfokus pada cerita biopik sosok Habibie semasa kuliah di Jerman. Diperankan oleh Reza Rahadian, film ini menceritakan bagaimana Habibie menjawab panggilan negara Indonesia yang baru saja merdeka. Yaitu saat Indonesia membutuhkan sosok muda genius, kreatif, dan pantang menyerah untuk membangun Indonesia. Yang kita tahu selebihnya, sosok inilah yang menjadi pahlawan penerbangan Tanah Air, dan mengantar Indonesia menuju transformasi yang besar.


    Tjoet Nja’ Dhien

    Meski dirilis pada tahun 1988 silam, film drama epos biografi yang dibintangi Christine Hakim sebagai tokoh pahlawan nasional Tjoet Nja’ Dhien ini tak bisa kamu lewatkan untuk tonton. Film ini bahkan memenangkan kategori Film Terbaik (dan menang tujuh kategori lainnya!) dalam Festival Film Indonesia tahun 1988. Tapi lebih dari itu, cerita perjuangan gigih sosok Tjoet Nja’ Dhien yang melawan tentara Kerajaan Belanda saat menduduki Aceh ini sangat menggugah batin. Cerita pun berfokus saat Tjoet menjadi pemimpin perang yang terjadi antara rakyat Aceh dengan tentara Belanda – bahkan peristiwa ini menjadi perang terpanjang dalam sejarah kolonialisme Hindia Belanda – dengan pendirian keras Tjoet untuk berperang, meski menderita rabun, encok, dan berbagai dilemanya sebagai pemimpin. We definitely just got goosebumps!


    (Givania Diwiya / Images: Dok. Instagram @legacy.pictures)