Beauty

Aroma Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Mengusir Nyamuk!

  by: Astriana Gemiati       19/8/2020
    • Musim panas kamu akan semakin menyenangkan dengan bebas gangguan dari gigitan nyamuk.
    • Coba gunakan aroma ini untuk bantu menangkal dari gigitan nyamuk.


    Kamu tak hanya harus menyiapkan produk tabir suryafacial mist, dan deodoran hanya untuk menikmati musim panas yang menyenangkan ini. Namun, aroma yang dapat mengusir nyamuk rasanya menjadi benda wajib yang penting juga kamu persiapkan. Kenapa?

    Ok, Cosmo akan menjelaskan sedikit tentang nyamuk (hee..). Pada musim panas, biasanya jumlah nyamuk memang rata-rata lebih banyak. Ini disebabkan karena nyamuk biasa bersarang di genangan air dan bisa berkembang biak tanpa ganggunan. Hingga dengan rentan waktu 12-14 hari, jentik akan berkembang menjadi nyamuk dewasa dan menghasilkan jumlah nyamuk menjadi lebih banyak. Berbeda pada musim hujan, di mana air akan mengalir dan tidak menggenang, hingga sarang nyamuk akan ikut terseret arus air yang mengakibatnya terganggunya proses pengembangbiakan nyamuk terjadi.



    Kembali ke musim panas yang menyenangkan. Well, sembari kamu menikmati piknik di halaman belakang rumah kamu sendiri, atau hanya sekadar berkebun menikmati tanaman baru kamu, ada perlunya kamu juga menggunakan aroma yang berasal dari tanaman ini agar terhindar dari gigitan nyamuk yang mengganggu!


    Ini dia aroma yang dapat menangkal dari gigitan nyamuk yang patut kamu coba!


    Lavender


    Tak hanya terasa menenangkan, aroma lavender sering dipilih para perempuan (termasuk Cosmo). Lavender disinyalir bisa bantu mengusir serangga dan nyamuk selama musim panas. Bunga lavender yang diambil ekstraknya mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, hingga mengeluarkan aroma yang dapat memblokir indera penciuman nyamuk dan membuat nyamuk tidak tertarik mendekati kamu. Kamu bisa menggunakan sejenis essential oil dengan cara menuangkan beberapa tetes di leher, pakaian, atau beberapa titik yang kamu inginkan.


    Peppermint


    Daun peppermint selain bisa menjadi penambah rasa untuk teh dan pemanis makanan, aroma peppermint juga sangat tidak disukai oleh nyamuk. Mengutip dari www.ncbi.nlm.nih.gov, para peneliti menemukan bahwa minyak tersebut menawarkan perlindungan 100% selama 150 menit, yaitu dengan hanya satu hingga tiga gigitan yang terjadi setelah waktu tersebut habis.


    Garlic


    Yup, bawang putih! Aroma menyengat ini ternyata juga tidak disukai oleh nyamuk. Kamu bisa mencoba dengan memerasnya dan mengambil ekstrak semacam cairan dari bawang putih, lalu oleskan cairan tersebut pada kulit.




    Basil


    Bisa sebagai pewangi makanan atau biasa digunakan untuk hidangan salad, basil juga dapat berfungsi sebagai pembasmi nyamuk, lho! Karena minyak essensialnya dianggap beracun bagi larva nyamuk.


    Lemongrass


    Dikenal juga sebagai sereh atau serai, lemongrass tak hanya enak dihindangkan untuk minuman ataupun bagian bumbu masak, ekstraknya juga sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Tak heran bila lemongrass sering digunakan untuk bahan losion anti nyamuk ataupun aroma terapi.


    Rosemary


    Cukup letakan tanaman rosemary kamu di dalam ruangan atau dengan membakarnya beberapa daun sebagai obat pembasmi nyamuk yang beraroma wangi alami. Psst, bisa juga kamu manfaatkan untuk aroma bumbu masakan.




    ( Astriana Gemiati, Image: freepik.com. Dok. Instagram )