Beauty

Dolphin Skin, Tren Makeup Baru untuk Tampilan Super Glowing!

  by: Kissy Aprilia       20/8/2020
    • Dolphin skin adalah teknik makeup yang menghasilkan kesan kulit 'basah berkilau'
    • Dolphin skin makeup dapat diciptakan dengan menggunakan produk makeup liquid atau creamy.


    Tampaknya semua orang melakukan segala cara untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing, mulai dari perawatan skincare sampai mencoba berbagai teknik makeup; dewy skin, glass skin, dan sekarang dolphin skin! And yes, sesuai namanya, teknik makeup ini terinspirasi dari kulit lumba-lumba yang selalu terlihat ‘basah dan berkilau’, seperti saat kita keluar dari kolam renang dan terpapar sinar matahari. 





    Apa itu dolphin skin?

    Bermula dari seorang makeup artist asal Amerika Serikat, Mary Phillips, yang seringkali menangani penampilan Kim Kardashian, Kendall Jenner, dan Bella Hadid (of course, she’s an A-lister makeup artist). Mary menciptakan tampilan makeup yang mirip seperti glass skin, tapi lebih halus, dengan efek luminous complexion dan super radiant. Intinya, teknik makeup ini bertujuan untuk menghasilkan kulit yang tampak ‘basah’, namun tidak berlebihan.


    Bagaimana cara menciptakan dolphin skin makeup?

    Dolphin skin makeup mungkin terkesan effortless. Pada kenyataannya, tampilan hyper-glowing, super-plump, dan hydrated ini membutuhkan beberapa lapisan highlighter agar dapat menonjolkan titik-titik wajah, seperti tulang pipi, tulang alis dan cupid bow. Ini langkah-langkahnya:



    • Mulai dengan illuminating primer.

    Seriously.. kamu tidak membutuhkan kulit yang flawless untuk mendapatkan dolphin skin makeup, melainkan hanya persiapan skincare yang tepat. Gunakan produk illuminating primer yang mengandung formula hydrating untuk meningkatkan efek cerah pada kulit.


    • Campurkan foundation dengan liquid highlighter untuk efek kilau.

    Sebagai beauty enthusiast, kamu pasti sudah familiar dengan trik yang satu ini. Mencampurkan foundation dengan liquid highlighter adalah cara terbaik untuk mendapatkan efek glowing secara menyeluruh dan lebih natural. Hindari formula foundation yang matte jika kamu menginginkan hasil kilau sempurna. 




    • Sesuaikan urutan penggunaan produk dengan teksturnya.

    Setelah foundation menempel pada kulit, inilah saatnya untuk menambahkan produk makeup pendamping, seperti blush on, contour, dan highlighter. Akan tetapi, kamu diwajibkan untuk menyesuaikan tekstur produk yang akan digunakan dengan titik-titik pada wajah. Is it too complicated? Oke, Cosmo akan menjelaskan lebih detail.

    Memulaskan produk dengan tekstur yang berbeda (blush, balm, dan highligter) akan membentuk dimensi wajah yang berbeda pula. Untuk mendapatkan tampilan dolphin skin makeup yang sempurna, kamu bisa memulainya dengan powder highlighter, lalu tambahkan clear balm, dan terakhir gunakan blush on cream untuk kesan merona alami. Pastikan semuanya berbaur dengan rata agar dimensinya terlihat sempurna.


    • Finishing tipis.

    Get ready, girls! Sebentar lagi kamu akan mendapatkan dolphin skin makeup ala selebriti Hollywood. Sebelum bersiap selfie dan mengagumi kilau kulitmu, tambahkan sedikit saja (benar-benar sedikit) gel highlighter di area kulit wajah yang memantulkan cahaya alami. Kamu dapat memulaskannya dengan menggunakan sponge atau beauty blender agar lebih menempel pada kulit. Terakhir, kunci keseluruhan makeup dengan setting spray. 



    Apa yang tidak boleh digunakan untuk menciptakan dolphin skin makeup?

    Produk makeup dengan formula yang matte! Hindari pula formula highlighter yang terdiri dari partikel berukuran besar (you know what I mean.. teksturnya tidak terlihat halus), karena akan membuat kulitmu menjadi bertekstur. Sebaiknya kamu tidak menggunakan produk highlighter yang terlalu glittery atau shimmer, dan jangan menggunakan setting spray yang mengandung alkohol karena dapat membuat tampilan kulit menjadi kering. Formula skincare yang terlalu creamy juga sebaiknya tidak digunakan untuk dasar dolphin skin makeup ini karena akan membuat produk makeup mudah luntur. Got it, girls?


    (Kissy Aprilia, images: Dok. Instagram @namvo)