Lifestyle

Daftar Film Inspiratif untuk Buat Kamu Termotivasi

  by: Givania Diwiya Citta       20/8/2020
    • Jika sedang butuh dorongan motivasi, 16 film berikut ini bisa ditonton untuk memberi sumber inspirasi.
    • Mulai dari memoar perjalanan yang menguras emosi seperti Wild, sampai Moana yang secara magis memompa energi.


    Wow, kita sudah melewati lebih dari setengah tahun 2020, lho, berarti kamu mungkin sekarang dilanda kepanikan karena masih ada sederet daftar yang belum dilakukan dalam resolusi. Tapi karena situasi dunia yang sedang terasa seperti roller coaster, Cosmo akan membantu kamu menenangkan diri. Jika kamu sebelumnya sudah (atau langganan) mendengarkan podcast motivasi, lalu baca buku self-help, maka kini saatnya beralih ke salah satu sumber inspirasi yang impactful: Film.




    Hanya dari sebuah film live-action saja sudah bisa menggugah kamu dalam mengarahkan hidup, lho. Karena lewat menyaksikan bagaimana seorang karakter menghadapi masalahnya dan cara serta perjalanannya untuk melampauinya, adalah suatu hal yang memuaskan inspirasi kita. Jadi kalau sekarang kamu sedang merasa tak antusias atau tak termotivasi, maka ini adalah 16 daftar film dari berbagai era yang bisa membuat kamu kembali ke energi semula untuk bergerak.


    Becoming (2020)


    Kalau kamu suka dengan buku Michelle Obama berjudul sama, maka dokumenter ini, yang mengisahkan tentang perjalanan Michelle kala tur bukunya, akan membuat kamu terinspirasi. Film ini menceritakan bagaimana mantan Ibu Negara ini menggunakan ajang tur bukunya untuk menjangkau para generasi dewasa muda di seluruh penjuru negara, demi menginspirasi mereka untuk memimpin komunitas mereka ke arah yang lebih baik.


    Lion (2016)


    Berdasar dari kisah nyata, inilah cerita tentang Saroo (diperankan Dev Patel) yang tersesat di kereta di India saat usia lima tahun. Ia akhirnya diadopsi oleh keluarga di Australia, dan 25 tahun kemudian, ia melakukan perjalanan untuk mencari keluarganya di India dengan bantuan Google Earth. Sangat menyentuh!!


    The Theory of Everything (2014)


    Eddie Redmayne memenangkan Academy Award untuk kategori Best Actor dalam film ini, jadi kamu bisa berekspektasi bahwa film ini sangat bagus. Ia memerankan fisikawan tersohor Stephen Hawking yang saat mudanya menemukan fakta bahwa ia menderita penyakit syaraf yang fatal. Dengan pasangan yang dicintai di sisinya, Jane Wilde yang diperankan Felicity Jones, keduanya mengalahkan berbagai tantangan dan menciptakan berbagai penemuan memukau dalam  ilmu pengetahuan.


    Soul Surfer (2011)


    AnnaSophia Robb memerankan Bethany Hamilton, peselancar profesional yang kehilangan satu lengan saat diserang oleh hiu, yang membuatnya harus mengubah karier berselancarnya, dan mengubah hampir seluruh aspek hidupnya. Namun ia justru tak membiarkan insiden itu menghentikan langkahnya, ia membuktikan bahwa jiwa dan semangatnya sama esensialnya seperti tubuhnya kala berselancar. Peringatan: Banyak air mata yang akan keluar saat menonton ini.


    127 Hours (2010)


    Berdasar pada buku Between a Rock and a Hard Place, James Franco membawa kisah tragis namun luar biasa dari seorang Aron Ralston ke layar lebar. Sambil menjelajah ngarai terpencil di Utah, Aron terjebak setelah bongkahan besar jatuh menimpa lengannya. Selama hampir satu minggu, Aron harus memutuskan untuk mengamputasi lengannya sendiri untuk mencoba keluar dari situasi sulit ini, atau tetap diam di tempat sampai ia tak kuat bertahan lagi.


    Mona Lisa Smile (2003)


    Film empowering ini berlatar era Perang Dingin di Amerika, di mana seorang lulusan baru UCLA dipekerjakan untuk mengajar sejarah seni di kampus yang seluruhnya merupakan perempuan. Ia menginspirasi murid-muridnya untuk mempelajari semua hal di luar ekspektasi mereka, dan untuk menantang norma gender kala itu. BTW, film ini dibintangi para bintang, seperti Julia Roberts, Kirsten Dunst, Julia Stiles, dan Maggie Gyllenhaal.


    Hidden Figures (2016)


    Film tahun 2016 ini menceritakan kisah nyata tiga perempuan kulit hitam yang bekerja sebagai matematikawan di NASA, dan berperan penting saat momen peluncuran pesawat luar angkasa oleh astronot John Glenn. Oh, film ini dibintangi Taraji P. Henson, Octavia Spencer, dan Janelle Monae. It couldn’t get any better.


    A League of Their Own (1992)


    Film tentang olahraga yang tak sepenuhnya menceritakan tentang olahraga? Ini favorit Cosmo. Geena Davis, Madonna, dan Rosie O’Donnel memerankan tim baseball profesional perempuan yang didirikan setelah para pemain Amerika ditanggalkan selama Perang Dunia II. Tak ada adegan menangis dalam film ini, tapi mungkin akan ada tangisan dari suara kamu yang terisak saat menonton film klasik ini.




    Good Will Hunting (1997)


    Kalau kamu sudah jadi penggemar Matt Damon dari dulu kala, maka kamu mungkin sudah familier dengan film ini. Matt (yang menulis film ini bersama Ben Affleck) memerankan petugas kebersihan genius di MIT yang bisa menyelesaikan problem matematika level Einstein, hanya dengan waktu beberapa jam di papan tulis. Kamu akan dibuat tertawa, menangis, dan ingin menguasai aksen Boston miliknya. 


    Million Dollar Baby (2004)


    Film ini memenangkan Academy Award untuk kategori Best Picture karena banyak alasan. Salah satunya Hillary Swank yang memerankan petinju keren, yang dilatih oleh Clint Eastwood sebagai mentor terbaiknya. Tisu sangat-sangat dibutuhkan untuk menonton film ini.


    Wild (2014)


    Berdasarkan autobiografi Cheryl Strayed, Reese Witherspoon memerankan seorang perempuan yang kuat mendaki Pacific Crest Trail setelah berduka akan kematian ibunya dan setelah melewati perceraian di tahun yang sama. Ini benar-benar film yang turut membuat kamu ikut mencari self-discovery. (Oh, dan bagi kamu penggemar Big Little Lies, Laura Dern bermain peran sebagai ibu dari Reese!)


    On the Basis of Sex (2018)


    Berbasis pada kisah nyata, film ini mengisahkan jaksa muda sebelum ia menjadi Hakim, dan menceritakan bagaimana ia mendedikasikan kariernya untuk berjuang melawan diskriminasi gender. A true queen.


    Dead Poets Society (1989)


    Robin Williams dan film klasik ini akan memberi kamu moto untuk sepanjang tahun. Inilah cerita tentang seorang guru Bahasa Inggris yang menginspirasi murid-muridnya di sekolah asrama laki-laki untuk ~menikmati hari secara maksimal~. 


    The Pursuit of Happyness (2006)


    Will Smith memerankan seorang ayah tunggal yang *sungguh* akan melakukan apa saja untuk buah hatinya (yang juga diperankan *sungguhan* oleh putranya, Jaden). Oh, dan ini didasarkan pada cerita nyata, lho. Lagi-lagi, siapkan tisu, ya.


    Erin Brokovitch (2000)


    Julia Roberts memberi kita sensasi pemberdayaan perempuan lewat film yang berbasis pada tokoh nyata Erin Brokovitch, seorang ibu tunggal tanpa pekerjaan yang merasa dunia melawannya ketika ia direkrut oleh sebuah firma hukum. Ia memimpin sebuah investigasi yang ternyata mengungkap aksi pelanggaran oleh perusahaan bernilai multi-miliar dolar. Get. It. Girl.


    Moana (2006)


    Ya, Moana. Inilah ratu dari Disney yang sangat kuat dan independen, dan kita butuh sosoknya dalam diri ini – belum lagi kalau kita mengkaji berbagai keberagaman yang dihadirkan dalam film ini, ya. Lalu lagu How Far I’ll Go juga sudah pasti akan jadi soundtrack selamanya dalam hidup kamu.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Outnow.ch / Leah Thomas & Megan Uy)